5 Pemain Liverpool dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions 

Mohamed Salah catatkan rekor baru! 

Liverpool bisa dibilang sebagai salah satu tim terbaik di dunia saat ini. Hal tersebut tentu tidak berlebihan karena performa Liverpool dalam beberapa musim terakhir sangat impresif. Terhitung sejak tahun 2019, The Reds sudah memenangi empat trofi bergengsi, termasuk Liga Champions.

Dalam ajang tertinggi di Eropa itu, sejumlah pemain Liverpool memang tampil sangat menjanjikan. Tak mengherankan jika tim asuhan Jurgen Klopp itu mengalami kenaikan banderol yang cukup tinggi, salah satunya karena kontribusi mencetak gol.

Sepanjang sejarah, Liverpool tentu memiliki beberapa pemain yang diandalkan dalam mencetak gol di Liga Champions. Lalu, siapa saja pemain dengan torehan gol terbanyak bagi Liverpool di ajang tersebut? Berikut ulasannya.

5. Luis Garcia – 10 gol 

5 Pemain Liverpool dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions goal.com

Luis Garcia merupakan salah satu rekrutan pertama Rafael Benitez saat menukangi Liverpool. Pemain asal Spanyol itu direkrut dari Atletico Madrid pada tahun 2004. Ia menikmati musim debutnya dengan mencetak 13 gol di semua ajang. Tak hanya itu, sang pemain juga memainkan peran penting dalam kesuksesan Liverpool memenangi Liga Champions di musim itu.

Pemain yang memiliki postur tubuh yang mungil ini juga mencetak gol kandang dan tandang di babak 16 besar saat menyingkirkan Bayer Leverkusen. Selama tiga musim berseragam Liverpool, Garcia telah membukukan 30 gol dan 6 assist dari 121 pertandingan, di mana 10 gol tercipta di Liga Champions.

4. Roberto Firmino – 15 gol 

5 Pemain Liverpool dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions liverpool.com

Roberto Firmino menjadi salah satu pemain penting yang mengantarkan Liverpool mencapai final Liga Champions 2018 di Kyiv. Pada musim itu, ia mampu tampil spektakuler dengan catatan 10 gol dan 8 assist hanya dari 13 pertandingan di kompetisi tertinggi di Eropa itu. Sayangnya, pemain asal Brasil itu gagal membawa timnya juara setelah kalah dari Real Madrid dengan skor 1-3.

Namun pada musim berikutnya, Liverpool akhirnya mampu membawa trofi Liga Champions ke Anfield setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0. Sekali lagi, Firmino memainkan peran yang tak kalah pentingnya di musim itu.

Ia mampu menciptakan 4 gol dan 1 assist dari 12 pertandingan di Liga Champions. Secara keseluruhan, pemain berusia 29 tahun ini sudah membukukan 15 gol selama bermain untuk Liverpool di Liga Champions.

Baca Juga: 8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!

3. Sadio Mane – 17 gol 

5 Pemain Liverpool dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions givemesport.com

Sadio Mane menikmati musim yang produktif di awal kariernya bermain untuk Liverpool. Satu musim berikutnya, ia berhasil membawa Liverpool lolos ke Liga Champions pada musim 2017/18.

Di musim debutnya bermain di kompetisi paling bergengsi se-Eropa itu, pemain asal Senegal tersebut bermain sangat memukau dengan torehan 10 gol dan 1 assist dari 11 pertandingan, termasuk hat-trick melawan FC Porto di babak 16 besar.

Sayang, catatan itu tak mampu menghasilkan trofi karena kalah dari Real Madrid di partai final. Di musim berikutnya, Mane kembali membuat kontribusi nyata dengan membukukan 4 gol dan 3 assist dari 13 pertandingan di Liga Champions.

Torehan golnya itu juga masih berlanjut pada dua musim terakhir. Kini, pemain berusia 28 tahun itu sudah mencetak 17 gol bersama Liverpool di Liga Champions.

2. Steven Gerrard – 21 gol 

5 Pemain Liverpool dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions liverpoolfc.com

Sepanjang kariernya bermain sepak bola, Steven Gerrard sebenarnya hanya membela Liverpool. Namun beberapa tahun sebelum pensiun, ia memilih untuk bermain bersama klub MLS, LA Galaxy selama dua musim. Meski demikian, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini tetap dianggap sebagai salah satu legenda The Reds terbaik.

Gerrard memulai debutnya di Liga Champions pada musim 2001/02. Baru dalam beberapa tahun kemudian ia berhasil mengantarkan Liverpool meraih juara Liga Champions, tepatnya pada musim 2004/05. Pada tahun 2015, Gerrard memilih mengakhiri kariernya di Liverpool dan berhasil menciptakan 21 gol selama bermain di Liga Champions.

1. Mohamed Salah – 22 gol 

5 Pemain Liverpool dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions goal.com

Sejak bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2017, peran Mohamed Salah tak pernah tergantikan di posisi lini depan Liverpool. Di musim debutnya, ia berhasil tampil sangat cemerlang dengan catatan 44 gol dan 16 assist dari 52 pertandingan di semua ajang. Torehannya itu termasuk 11 gol yang diciptakan di Liga Champions.

Tren positif Salah kembali berlanjut di musim berikutnya, sekaligus mengantarkan Liverpool meraih juara Liga Champions. Pemain berusia 28 tahun itu berhasil menciptakan 5 gol dan 2  assist dari 12 laga hingga di partai final.

Jika ditotal secara keseluruhan, Salah telah membukukan 22 gol bersama Liverpool di Liga Champions. Catatan itu juga berpeluang bertambah mengingat Liverpool di musim ini masih lolos ke babak 16 besar.

 

Dari kelima pemain itu, kini hanya menyisakan Firmino, Mane, dan Salah yang masih aktif bermain untuk Liverpool. Mereka bertiga juga dikenal sebagai trisula terbaik di Eropa dalam beberapa musim terakhir.

Baca Juga: 8 Pemain Liverpool Paling Tajam di Premier League Hingga Saat Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya