Comscore Tracker

5 Pemain Liverpool yang Jarang Bermain di Bawah Asuhan Jurgen Klopp

Xherdan Shaqiri salah satunya

Sejak ditangani oleh Jurgen Klopp, Liverpool bisa dibilang mengalami kenaikan performa yang sangat baik. Hal itu dapat dilihat dari keberhasilan tim memenangi gelar Liga Champions dan Premier League. Rekrutan besar-besaran yang dilakukan oleh pelatih asal Jerman itu menjadi salah satu faktornya.

Dengan komposisi pemain yang hebat, tentunya ada juga beberapa nama yang jarang sekali diberi waktu bermain oleh pelatih berusia 53 tahun tersebut. Aspek strategi menjadi salah satu hal yang membuat para pemain itu minim kesempatan bermain. Berikut ini lima pemain Liverpool yang seharusnya diberi lebih banyak kesempatan untuk membuktikan diri.

1. Ben Davies 

5 Pemain Liverpool yang Jarang Bermain di Bawah Asuhan Jurgen KloppMarko Grujic (thisisanfield.com)

Cederanya sejumlah bek tengah membuat Jurgen Klopp mendatangkan beberapa nama baru pada bursa transfer Januari 2021. Selain meminjam Ozan Kabak dari Schalke, The Reds juga mendatangkan Ben Davies secara permanen dari Preston North End. Saat itu Liverpool memboyong bek berusia 25 tahun itu dengan biaya yang sangat murah, yakni 1,85 juta euro atau setara dengan Rp31 miliar.

Kedatangan sang pemain saat itu tentu saja menjadi sebuah kejutan sebab tak ada yang memprediksi ia akan dibeli oleh Liverpool. Namun, Davies sejauh ini belum juga memainkan laga debutnya bersama klub asal Merseyside tersebut. Jika tak kunjung diberi waktu bermain, ia bisa saja akan pergi demi mendapatkan kesempatan tampil yang lebih banyak.

2. Marko Grujic

5 Pemain Liverpool yang Jarang Bermain di Bawah Asuhan Jurgen KloppMarko Grujic (thisisanfield.com)

Liverpool memboyong Marko Grujic dari klub Serbia, Red Star Belgrade, pada bursa transfer musim dingin 2016. Pemain yang beroperasi sebagai gelandang ini ketika itu dibeli dengan biaya 7 juta euro atau setara dengan Rp120 miliar. Jurgen Klopp memboyong sang pemain dengan harapan mampu menjadi bintang di Anfield.

Sayangnya, hal tersebut tidak sesuai dengan rencana. Grujic terlihat kesulitan untuk bisa menembus tim reguler The Reds. Sejauh ini ia baru tampil sebanyak 16 kali dan mencetak 1 gol bagi Liverpool. Pemain berusia 25 tahun itu lebih sering dipinjamkan ke beberapa klub, seperti Cardiff, Hertha Berlin, hingga FC Porto.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 11 sebelum Mo Salah

3. Kostas Tsimikas

5 Pemain Liverpool yang Jarang Bermain di Bawah Asuhan Jurgen KloppKostas Tsimikas (thisisanfield.com)

Kostas Tsimikas dibeli oleh Jurgen Klopp dari klub Yunani, Olympiacos, pada bursa transfer musim panas 2020. Pemain yang saat ini berusia 24 tahun itu diboyong dengan biaya sebesar 13 juta euro atau setara dengan Rp223 miliar. Namun, di musim debutnya, ia belum mampu tampil maksimal karena baru bermain sebanyak 6 kali sejauh ini.

Semua itu tidak terlepas dari penampilan apik yang ditunjukkan oleh Andrew Robertson di posisi bek kiri. Masalah cedera juga membuat Tsimikas jarang ikut rombongan Liverpool untuk bermain pada musim ini. Bahkan, ia baru tampil 1 kali di ajang Premier League dengan catatan waktu 5 menit.

4. Takumi Minamino 

5 Pemain Liverpool yang Jarang Bermain di Bawah Asuhan Jurgen KloppTakumi Minamino (thisisanfield.com)

Ketika Jurgen Klopp memutuskan untuk mendatangkan Takumi Minamino ke Anfield, banyak yang menilai transfer tersebut menjadi langkah yang tepat sebab sang pemain dinilai memiliki kualitas yang hebat dan sangat cocok untuk bermain di Premier League. Namun, pemain asal Jepang itu sejauh ini belum dimanfaatkan secara konsisten.

Musim ini Minamino bahkan dipinjamkan ke Southampton selama satu tahun. Pemain yang saat ini berusia 26 tahun itu baru tampil sebanyak 31 pertandingan di semua kompetisi bagi Liverpool. Minamino sendiri digaet oleh Jurgen Klopp dari RB Salzburg pada bursa transfer musim dingin 2020 dengan harga 8,5 juta euro atau setara dengan Rp146 miliar.

5. Xherdan Shaqiri 

5 Pemain Liverpool yang Jarang Bermain di Bawah Asuhan Jurgen KloppXherdan Shaqiri (90min.com)

Penurunan performa Xherdan Shaqiri di Anfield memang cukup mengejutkan. Pasalnya, ketika pertama kali bergabung dengan Liverpool, pemain asal Swiss tersebut sempat diprediksi bakal menjadi bintang. Sayangnya, ia justru tampil di luar ekspektasi dan jarang sekali mendapatkan kesempatan bermain.

Pemain berusia 29 tahun itu dibeli oleh Jurgen Klopp dari Stoke City pada bursa transfer musim panas 2018. Ketika itu sang pemain digaet dengan biaya sebesar 15 juta euro atau setara dengan Rp257 miliar. Sama seperti Minamino, kehadiran Shaqiri saat itu diharapkan mampu memberikan persaingan yang sehat kepada Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino di lini depan. Shaqiri baru bermain sebanyak 13 kali di kompetisi Premier League musim ini.

 

Itulah lima pemain Liverpool yang jarang sekali diberi waktu bermain oleh Jurgen Klopp. Jika tak kunjung diberikan kesempatan, tidak menutup kemungkinan mereka bakal meninggalkan Anfield dalam waktu dekat.

Baca Juga: Masuk Daftar Jual Liverpool, Xherdan Shaqiri Menjadi Incaran Sevilla

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya