5 Pemain Lulusan Akademi Arsenal yang Saat Ini Bermain di Tim Senior

Beberapa nama telah menjadi andalan Mikel Arteta! 

Arsenal dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki akademi sepak bola terbaik di Eropa. Ada banyak sekali pemain ternama yang lahir dari tim muda The Gunners tersebut. Tony Adams, David O'Leary, hingga Ashley Cole menjadi beberapa nama yang besar bersama akademi Arsenal.

Kini semakin banyak pemain muda lulusan akademi yang bermain di tim senior Arsenal. Bahkan, ada yang sudah menjadi andalan di tim nasional Inggris. Berikut lima pemain lulusan akademi Arsenal yang saat ini bermain di tim senior.

1. Bukayo Saka 

5 Pemain Lulusan Akademi Arsenal yang Saat Ini Bermain di Tim SeniorBukayo Saka (90min.com)

Bukayo Saka melakukan debut di tim senior pada tahun 2018. Sejak saat itu, ia langsung mengalami peningkatan performa yang sangat pesat. Ia bahkan bisa dibilang menjadi salah satu pemain kunci Mikel Arteta dalam beberapa musim terakhir. Walau umurnya masih 20 tahun, sang pemain sudah tampil bersama tim nasional Inggris.

Saka juga menjadi bagian dari skuad Inggris di Piala Eropa 2020. Kreativitas, dribbling, dan kecepatan lari menjadi kekuatan utama sang winger. Lebih istimewanya lagi, Saka bisa bermain di berbagai posisi, seperti lini tengah dan bek sayap kiri.

2. Emile Smith-Rowe 

5 Pemain Lulusan Akademi Arsenal yang Saat Ini Bermain di Tim SeniorEmile Smith-Rowe (goal.com)

Sama seperti Bukayo Saka, Emile Smith-Rowe menjalani debut di tim utama pada tahun 2018 ketika tim masih ditangani oleh Unai Emery. Performanya yang impresif di musim lalu membuat sang pemain dipercayai menggunakan nomor punggung 10 pada musim ini. Dengan nomor spesial itu, Arsenal artinya sudah siap untuk meletakkan tanggung jawab besar ke pundak pemain berusia 21 tahun tersebut.

Kepercayaan itu dijawab dengan penampilan yang impresif Smith-Rowe dalam beberapa laga terakhir. Bahkan, saat lawan Tottenham Hotspur, ia sukses membukukan 1 gol serta 1 assist dalam kemenangan 3-1 di Stadion Emirates.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak sebelum Berusia 20 Tahun

3. Eddie Nketiah 

5 Pemain Lulusan Akademi Arsenal yang Saat Ini Bermain di Tim SeniorEddie Nketiah (90min.com)

Nama Eddie Nketiah pertama kali mencuat pada tahun 2017. Ia ketika itu berhasil menciptakan 2 gol sekaligus melawan Norwich City di Piala Liga Inggris, setelah masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-85. Sejak saat itu, pemain asal Inggris ini memantapkan dirinya sebagai penyerang pelapis dari Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Sejauh ini pria berusia 22 tahun itu sudah membukukan 14 gol dari 66 pertandingan di semua kompetisi bagi The Gunners. Namun, jika ingin mendapatkan tempat di tim nasional Inggris, ia sepertinya harus hengkang ke klub lain. Sebab, sang pemain tidak mendapatkan menit bermain yang cukup dalam beberapa bulan terakhir.

4. Ainsley Maitland-Niles 

5 Pemain Lulusan Akademi Arsenal yang Saat Ini Bermain di Tim SeniorAinsley Maitland-Niles (eurosport.com)

Ainsley Maitland-Niles sudah membuktikan kualitasnya sejak tim ditangani Arsene Wenger. Akan tetapi, sang pemain tidak pernah mendapatkan kesempatan bermain lebih di bawah Mikel Arteta. Padahal, pria berusia 24 tahun itu dikenal sebagai sosok yang serbabisa dan dapat bermain di berbagai posisi.

Sepanjang kariernya, Maitland-Niles sudah mencatatkan 5 caps bersama tim nasional Inggris. Apabila ingin kembali membela The Three Lions, ada baiknya ia memilih untuk pindah ke klub lain dalam waktu dekat.

5. Folarin Balogun 

5 Pemain Lulusan Akademi Arsenal yang Saat Ini Bermain di Tim SeniorFolarin Balogun (arsenal.com)

Folarin Balogun sepertinya bakal menjadi penyerang andalan Arsenal di masa mendatang. Ia sebenarnya hampir meninggalkan klub pada musim lalu. Akan tetapi, sang pemain tetap memutuskan untuk tinggal di Arsenal dan memperpanjang kontraknya.

Balogun sendiri dikenal memiliki kecepatan lari dan atribut fisik yang luar biasa. Ia juga sangat bagus dalam penempatan posisi serta kemampuan finishing. Musim lalu, Balogun sempat mencetak 2 gol di kompetisi Liga Europa. Sementara di musim ini, pemain berusia 20 tahun itu sudah melakukan debutnya di kompetisi Premier League dengan mencatatkan 2 laga sejauh ini.

 

Dari kelima nama di atas, tercatat hanya Bukayo Saka dan Emile Smith-Rowe yang selalu menjadi andalan di skuad utama. Walau begitu, masih ada kesempatan bagi ketiga pemain lainnya untuk membuktikan kualitasnya.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Seharusnya Tidak Dijual Arsenal ke Klub Lain

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya