Comscore Tracker

5 Pemain Lulusan Akademi West Ham United yang Bersinar di Klub Lain

Rio Ferdinand salah satunya!

West Ham United mungkin bukanlah salah satu klub besar di kompetisi Premier League. Meski demikian, The Hammers memiliki akademi yang sangat baik dan melahirkan talenta-talenta besar.

Berstatus sebagai klub medioker dan kondisi ekonomi yang pas-pasan, memanfaatkan para pemain muda akademi menjadi salah satu jalan West Ham dalam mengarungi kompetisi Premier League. Bahkan, klub asal London Barat ini mendapatkan julukan The Academy of Football karena selalu konsisten melahirkan pemain-pemain berkelas.

Akan tetapi, tidak semua pemain lulusan akademi West Ham tampil apik di klubnya sendiri. Ada juga beberapa nama yang kariernya justru cemerlang di klub lain. Lantas, siapa saja para pemain tersebut? Berikut ulasannya!

1. Rio Ferdinand 

5 Pemain Lulusan Akademi West Ham United yang Bersinar di Klub LainRio Ferdinand ketika membela Manchester United. (skysports.com)

Rio Ferdinand memulai karier sepak bolanya di akademi West Ham United, sebelum akhirnya pindah ke Leeds United pada tahun 2000. Kepindahan sang pemain saat itu berhasil memecahkan rekor pembelian termahal bagi seorang bek di Inggris.

Hanya berselang dua musim, ia direkrut oleh Manchester United dengan biaya 46 juta euro atau setara dengan Rp790 miliar. Nominal tersebut kembali lagi memecahkan rekor baru bagi bek termahal di Inggris.

Bersama Setan Merah, karier Ferdinand langsung naik sangat drastis. Banyak sekali gelar juara yang didapatkan, mulai dari Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub. Setelah meraih semuanya di Old Trafford, Ferdinand kemudian melanjutkan kariernya di QPR pada tahun 2014, sebelum akhirnya pensiun satu tahun setelahnya.

2. John Terry 

5 Pemain Lulusan Akademi West Ham United yang Bersinar di Klub LainJohn Terry ketika membela Chelsea. (eurosport.com)

Selain Rio Ferdinand, ada lagi bek mumpuni lainnya yang lahir dari akademi West Ham United, yaitu John Terry. Ia pernah menimba ilmu di tim muda West Ham United selama 4 musim. Namun, ketika usianya baru 14 tahun, sang pemain melanjutkan kariernya bersama tim muda Chelsea.

Bersama The Blues, Terry menjelma menjadi salah satu bek terbaik di Premier League. Bahkan, ia sempat dipercayai menjadi kapten di tim nasional Inggris. Selama hampir 2 dekade di Chelsea, Terry mampu memenangi total 17 gelar juara, termasuk 1 gelar Liga Champions pada musim 2011/2012.

Baca Juga: Penuh Kejutan! Ini 5 Pemain yang Bikin West Ham Jadi Kuda Hitam

3. Michael Carrick 

5 Pemain Lulusan Akademi West Ham United yang Bersinar di Klub LainMichael Carrick ketika membela Manchester United. (eurosport.com)

Nama Michael Carrick melejit ketika bermain bersama Manchester United. Namun, penggemar Manchester United tidak banyak yang mengetahui bahwa sang pemain merupakan lulusan akademi West Ham United.

Ia membela The Hammers sampai usia 23 tahun sebelum akhirnya hengkang ke Tottenham Hotspur pada tahun 2006. Hanya bertahan dua musim di Spurs, Carrick kemudian direkrut oleh Manchester United pada musim panas 2008.

Meski dibeli dengan harga yang cukup mahal saat itu, Carrick berhasil membuktikan bahwa Setan Merah tidak salah dalam mendatangkannya. Ia bermain di Old Trafford total selama 12 tahun sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2018.

4. Frank Lampard 

5 Pemain Lulusan Akademi West Ham United yang Bersinar di Klub LainFrank Lampard ketika membela Chelsea. (eurosport.com)

Frank Lampard mungkin lebih dikenal sebagai legenda dari Chelsea. Walau begitu, ia memulai karier sepak bolanya bersama West Ham pada tahun 1994. Tak butuh waktu lama, sang pemain kemudian menandatangani kontrak profesionalnya bersama West Ham pada satu tahun setelahnya.

Lampard tercatat membela West Ham sampai tahun 2001 sebelum akhirnya dibeli oleh Chelsea. Sejak berseragam The Blues, nama Lampard semakin dikenali oleh pencinta sepak bola. Bahkan, ia berhasil menjadi top skor sepanjang sejarah Chelsea dengan koleksi 211 gol.

5. Joe Cole 

5 Pemain Lulusan Akademi West Ham United yang Bersinar di Klub LainJoe Cole ketika membela Chelsea. (eurosport.com)

Joe Cole memang dikenal sebagai pemain yang sangat suka bergonta-ganti klub. Ia adalah pemain lulusan akademi West Ham United yang naik kasta ke tim utama pada tahun 1998. Pada tahun 2003, sang pemain direkrut oleh Chelsea dengan harga 10 juta euro atau setara dengan Rp171 miliar.

Ketika itu, Cole merupakan pemain muda yang memiliki potensi sangat besar. Pada musim 2004/2005, ia langsung membawa timnya juara Premier League. Ia tercatat bermain bersama The Blues selama 7 musim dengan total meraih 10 gelar juara.

 

Itulah lima pemain lulusan akademi West Ham United yang justru tampil apik ketika bermain di klub lain. Sampai saat ini, West Ham masih terus melanjutkan tradisinya tersebut dengan melahirkan bakat-bakat hebat dari tim akademinya.

Baca Juga: 10 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela West Ham, Sudah Tahu?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya