Comscore Tracker

5 Rekrutan Bintang Manchester United dari Klub Rival Premier League

Ternyata tidak semua pembelian berbuah hasil manis 

Manchester United bergerak cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2022. Sejauh ini, Setan Merah sudah mendatangkan tiga nama baru, yakni Lisandro Martinez, Tyrell Malacia, dan Christian Eriksen.

Meski sudah merekrut tiga pemain baru, Manchester United masih terus berupaya mendatangkan Frenkie De Jong dari Barcelona. Masalahnya, gelandang asal Belanda itu masih belum punya keinginan untuk meninggalkan Camp Nou dalam waktu dekat.

Dalam sejarahnya, Setan Merah tidak hanya membeli pemain dari klub-klub luar Inggris. Mereka juga cukup sering merekrut pemain dari klub rival English Premier League (EPL). Berikut lima pemain terakhir yang dibeli Setan Merah dari tim rival.

1. Dimitar Berbatov 

5 Rekrutan Bintang Manchester United dari Klub Rival Premier LeagueDimitar Berbatov (twitter.com/ManUtd)

Performa ciamik Dimitar Berbatov bersama Tottenham Hotspur membuat Sir Alex Ferguson jatuh hati. Alhasil, sang pemain diboyong ke Old Trafford dengan biaya senilai 38 juta euro atau Rp582 miliar pada 2008. Selama empat musim membela Setan Merah, ia mampu tampil cukup baik dengan menorehkan 56 gol serta 26 assist dari 147 pertandingan di berbagai ajang.

Di samping itu, Berbatov mampu mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi, seperti trofi Premier League dan Piala Dunia Antarklub. Ia akhirnya berpisah dengan Manchester United pada 2012 dan memutuskan melanjutkan karier bersama Fulham.

2. Robin van Persie 

5 Rekrutan Bintang Manchester United dari Klub Rival Premier LeagueRobin van Persie (twitter.com/ManUtd)

Setelah kehilangan Dimitar Berbatov, Manchester United mendatangkan Robin van Persie dari Arsenal. Untuk mendapatkan tanda tangan penyerang asal Belanda itu, Setan Merah harus mengeluarkan biaya sebesar 30 juta euro atau Rp459 miliar. Sang pemain langsung berhasil mengantarkan Manchester United meraih gelar Premier League pada musim debutnya.

Van Persie saat itu juga sukses meraih sepatu emas Premier League setelah mencetak 26 gol. Sayangnya, penampilan van Persie mulai menurun setelah tim ditinggal Sir Alex Ferguson. Ia kemudian dilepas ke Fenerbahce pada musim panas 2015.

Baca Juga: 6 Eks Ajax yang Diboyong Manchester United, Lisandro Martinez Terbaru!

3. Juan Mata 

5 Rekrutan Bintang Manchester United dari Klub Rival Premier LeagueJuan Mata (twitter.com/ManUtd)

Juan Mata sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik Chelsea secara berturut-turut dalam dua musim pertamanya di Stamford Bridge. Akan tetapi, pemain asal Spanyol itu secara mengejutkan tidak mendapatkan tempat di bawah asuhan Jose Mourinho. Demi menyelamatkan kariernya, ia pun memilih hengkang ke Manchester United pada bursa transfer musim dingin 2014.

David Moyes ketika itu membawa Mata ke Old Trafford dengan biaya senilai 45 juta euro atau Rp689 miliar. Ia tercatat menghabiskan waktunya untuk Manchester United selama 8,5 tahun. Dalam prosesnya, Mata mampu menciptakan 51 gol dan 47 assist dari 285 laga sebelum akhirnya pergi secara gratis pada musim panas 2022 ini.

4. Nemanja Matic 

5 Rekrutan Bintang Manchester United dari Klub Rival Premier LeagueNemanja Matic (twitter.com/ManUtd)

Manchester United mendatangkan Nemanja Matic dari Chelsea pada musim panas 2017. Ia saat itu diboyong Jose Mourinho ke Old Trafford seharga 45 juta euro atau Rp689 miliar.

Kehadiran gelandang asal Serbia tersebut dianggap sebagai keputusan yang bagus bagi Manchester United. Sebab, Matic bisa membagi peran dengan Paul Pogba di lini tengah.

Sayangnya, Matic tidak pernah meraih satu pun gelar juara selama berseragam Setan Merah. Dari 188 pertandingan di semua kompetisi, ia mampu menorehkan 4 gol dan 11 assist.

Matic meninggalkan Manchester United pada musim panas ini setelah kontraknya berakhir. AS Roma kemudian ia pilih sebagai destinasi berikutnya.

5. Alexis Sanchez 

5 Rekrutan Bintang Manchester United dari Klub Rival Premier LeagueAlexis Sanchez (twitter.com/ManUtd)

Alexis Sanchez sempat menjelma menjadi salah satu pemain terbaik Premier League bersama Arsenal. Namun, karena tuntutan gajinya tidak disetujui oleh manajemen Arsenal, pemain asal Chile itu akhirnya memilih pindah ke Manchester United pada Januari 2018. Kepindahan Sanchez saat itu membuat Henrikh Mkhitaryan menyebrang ke Arsenal.

Ekspektasi tinggi mengiringi kepindahan Sanchez ke Manchester United. Sayangnya, ia justru gagal tampil menjanjikan selama waktunya di Old Trafford.

Sang pemain bahkan hanya membukukan 5 gol dalam 45 pertandingan di semua ajang. Karena gagal memenuhi harapan, Setan Merah akhirnya melepas Sanchez ke Inter Milan pada 2019.

Ternyata, tidak semua rekrutan Manchester United dari klub rival berbuah hasil manis. Hingga kini masih sangat aktif di bursa transfer, akankah ada nama bsru yang direkrut Setan Merah dari klub rival di Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain Buangan Manchester United yang Hengkang ke Klub Medioker EPL

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya