Comscore Tracker

5 Pemain yang Paling Banyak Mencetak Gol di Pertandingan Final

Lebih banyak gol Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo? 

Bermain di pertandingan final sebuah kompetisi merupakan impian semua pesepak bola. Pemain yang tampil di partai final pasti akan memberikan permainan terbaik agar klub yang dibelanya bisa meraih gelar juara.

Dalam sejarah sepak bola, ada sejumlah pemain yang sangat sering mencetak gol di final. Tidak hanya mencetak banyak gol, mereka juga kerap menjadi pahlawan bagi timnya. Berikut lima pemain dengan catatan gol terbanyak di laga final.

1. Lionel Messi (32 gol) 

5 Pemain yang Paling Banyak Mencetak Gol di Pertandingan FinalLionel Messi dalam pertandingan PSG melawan Nantes di Piala Super Prancis. (twitter.com/PSG_inside)

Lionel Messi adalah salah satu pemain terbaik di dunia pada abad ke-21. Hal tersebut dibuktikan dengan sukses meraih tujuh trofi Ballon d’Or. Puncak karier pemain asal Argentina ini terjadi saat membela Barcelona.

Bersama klub asal Catalunya tersebut, Messi berhasil meraih banyak sekali gelar juara. La Pulga kemudian melanjutkan kesuksesannya bersama Paris Saint-Germain. Saat ini, pemain berusia 35 tahun itu sudah mencetak 32 gol di partai final sepanjang kariernya. Terbaru, ia menorehkan gol pembuka PSG saat melawan Nantes di final Piala Super Prancis.

2. Pele (31 gol) 

5 Pemain yang Paling Banyak Mencetak Gol di Pertandingan FinalPele (twitter.com/Squawka)

Sebelum dipecahkan Lionel Messi, rekor pencetak gol terbanyak di pertandingan final dipegang oleh Edson Arantes do Nascimento atau kerap dipanggil Pele. Legenda asal Brasil tersebut mampu menorehkan gol di laga final sebanyak 31 kali.

Pele memang tidak pernah berkarier di kompetisi Eropa. Walau begitu, namanya tetap dikenal banyak orang karena kontribusi besar yang diberikan kepada tim nasional Brasil. Pele tercatat berhasil mempersembahkan tiga gelar Piala Dunia untuk negaranya pada 1958, 1962, dan 1966.

Baca Juga: Pelé hingga Nene, Mengapa Atlet Brasil Terkenal dengan 1 Nama?

3. Neymar Jr (21 gol) 

5 Pemain yang Paling Banyak Mencetak Gol di Pertandingan FinalNeymar Jr (twitter.com/neymarjr)

Neymar Jr sampai saat ini masih berstatus sebagai pemain termahal dalam sejarah sepak bola. Bintang berkebangsaan Brasil ini dikenal memiliki skill olah bola di atas rata-rata. Belum lama ini, ia berhasil mencetak dua gol saat mengantarkan Paris Saint-Germain menang 4-0 atas Nantes di final Piala Super Prancis.

Torehan itu membuat jumlah gol Neymar di laga final menjadi 21 gol. Selain tampil apik di level klub, pemain berusia 30 tahun itu juga memberikan kontribusi yang besar bagi negaranya. Buktinya, Neymar sekarang berstatus sebagai pencetak gol terbanyak kedua Timnas Brasil dengan 74 gol. Ia hanya kalah dari Pele yang menorehkan 77 gol untuk Tim Samba.

4. Cristiano Ronaldo (20 gol) 

5 Pemain yang Paling Banyak Mencetak Gol di Pertandingan FinalCristiano Ronaldo (twitter.com/Cristiano)

Cristiano Ronaldo kerap dielu-elukan sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Itu semua tidak terlepas dari kehebatan sang pemain dalam menjebol gawang para lawannya. Sejauh ini, ia telah mencetak total 813 gol dalam kariernya.

Dari seluruh torehan tersebut, CR7 berhasil membukukan 20 gol di pertandingan final. Menariknya, dari lima laga puncak Liga Champions, Ronaldo sukses mencetak empat gol.

5. Romario (19 gol) 

5 Pemain yang Paling Banyak Mencetak Gol di Pertandingan FinalRomario (fcbarcelona.com)

Semasa masih aktif bermain, Romario dikenal sebagai pemain yang kerap bergonta-ganti klub. Ia pernah memperkuat Vasco da Gama, PSV Eindhoven, Barcelona, hingga Valencia. Bintang asal Brasil tersebut berhasil mencetak banyak gol dan memenangkan sejumlah final bersama tim-tim di atas.

Romario telah menorehkan 19 gol di pertandingan final sepanjang kariernya. Salah satu momen terbaik Romario adalah sukses mengantarkan negaranya merengkuh trofi Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

 

Sederet pemain di atas berhasil tampil hebat di laga final karena memiliki mental bagus dan kualitas yang mumpuni. Lionel Messi, Neymar Jr, dan Cristiano Ronaldo berpeluang menambah torehan golnya lagi.

Baca Juga: 5 Penyerang Terhebat dalam Sejarah Barcelona, Romario hingga Suarez

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya