10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transfer

Tinggal 2 pemain yang belum pensiun

Major League Soccer (MLS) adalah sebuah kompetisi sepak bola tertinggi di Amerika Serikat dan Kanada yang dinaungi oleh Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (US Soccer). Sebenarnya di Amerika sepak bola tidak terlalu diminati. Penduduk sana lebih menyukai olahraga American Football. Istilah football dipakai untuk American Football. Sedangkan sepak bola di Amerika disebut dengan soccer.

Tetapi beberapa tahun terakhir, MLS semakin familier di telinga para pencinta sepak bola. Banyaknya pemain Eropa yang berkompetisi di sana menjadi salah satu alasannya. Kebanyakan dari mereka bergabung di usia yang tidak lagi muda. Bahkan ada yang pensiun bersama klubnya tersebut. Berikut ini 10 pemain top yang pernah bermain di MLS dengan status bebas transfer.

1. Thierry Henry – New York Red Bulls

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transfernewyorkredbulls.com

Pemain berkebangsaan Prancis ini bergabung bersama New York Red Bulls pada tahun 2010. Ia bergabung dengan status bebas transfer dari Barcelona. Selama 4,5 tahun membela New York Red Bulls, pemain yang berposisi sebagai striker itu berhasil mengemas 51 gol serta 35 assist dari 122 pertandingan di MLS. Setelah membela klub asal Amerika tersebut, Henry memutuskan untuk gantung sepatu.

2. Ricardo Kaka – Orlando City

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transferorlandocitysc.com

Kaka bergabung bersama Orlando City pada tahun 2014 dengan status bebas transfer dari AC Milan. Ia sempat dipinjamkan terlebih dahulu ke Sao Paulo selama 6 bulan, terhitung dari Juli 2014 hingga Desember 2014.  Setelah masa peminjamannya selesai, Kaka kembali untuk Orlando dan tercatat membela klub tersebut selama 3 tahun. Sama seperti Henry, pemain yang pernah mengantar Brazil menjuarai Piala Dunia pada tahun 2002 itu juga memutuskan gantung sepatu setelah membela klub Amerika. Tepatnya pada usia 35 tahun.

3. Andrea Pirlo – New York City FC

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transferespnfc.mx

Pada Juli 2015, Pirlo meninggalkan Juventus dan bergabung bersama New York City dengan status bebas transfer. Maestro tendangan bebas itu membela klub asal Negeri Paman Sam selama 2,5 tahun. Ia memutuskan pensiun dari sepak bola setelah membela New York City pada akhir tahun 2017 lalu bersamaan dengan berakhirnya  MLS musim 2017.

4. Steven Gerrard – LA Galaxy

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transferlagalaxy.com

Selama kariernya bermain sepak bola, Gerrard hanya membela 2 klub yaitu Liverpool dan LA Galaxy. Ia bergabung dengan LA Galaxy pada tahun 2015 dengan status bebas transfer. Bermain selama 1,5 tahun di LA Galaxy, Gerrard berhasil mencetak 5 gol serta 15 assist dari 34 pertandingan di MLS. Kini mantan kapten Liverpool tersebut menjabat sebagai Pelatih kepala klub asal Skotlandia yaitu Rangers. Setelah membela LA Galaxy, Gerrard juga memutuskan untuk pensiun.

5. Wayne Rooney – DC United

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transfermlssoccer.com

Pemain yang sekarang berusia 34 tahun itu pernah bermain untuk salah satu klub MLS yaitu DC United pada tahun 2018 dengan status bebas transfer dari Everton. Salah satu gol di musim keduanya berbaju DC United mungkin akan selalu di ingat, ia pernah mencetak gol spektakuler dari tengah lapangan. Total bersama DC United, Rooney mengemas 25 gol serta 14 assist dari 52 pertandingan di semua kompetisi. Musim ini ia bermain untuk Derby County.

Baca Juga: Chicharito dan 10 Pemain dengan Market Value Tertinggi di MLS 2020

6. Frank Lampard – New York City FC

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transfergoal.com

Lampard bergabung dengan New York City pada tahun 2014 dari Chelsea dengan status bebas transfer. Selama membela klub asal Amerika itu, Lampard berhasil mencetak 15 gol serta 4 assist dari 29 pertandingan di MLS. Mantan kapten Chelsea itu juga memutuskan gantung sepatu setelah membela New York City. Kini ia menjadi pelatih Chelsea.

7. David Beckham – LA Galaxy

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transferlagalaxy.com

Pemain berkebangsaan Inggris ini bergabung dengan LA Galaxy pada tahun 2007 dari Real Madrid dengan status bebas transfer. Beckham sempat dipinjamkan sebanyak 2 kali ke AC Milan, pada tahun 2009 dan 2010, kebetulan sama-sama di bulan Juni. Jika pemain lain memutuskan gantung sepatu setelah membela klub Amerika, Beckham berbeda. Ia menutup karier sepak bolanya di Prancis bersama PSG.

8. Didier Drogba – Montreal Impact

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transferimpactmontreal.com

Pemain andalan Pantai Gading ini pernah bergabung bersama Montreal Impact pada tahun 2015 dari Chelsea dengan status bebas transfer. Tak hanya Montreal saja, Drogba juga pernah membela klub Amerika lain yaitu Arizona United yang kini berganti nama menjadi Phoenix Rising. Ia juga memutuskan untuk gantung sepatu setelah menjelajahi MLS. Sepanjang kariernya, ia bermain paling banyak untuk Chelsea dengan 381 penampilan.

9. David Villa – New York City FC

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transferen.as.com

David Villa bergabung dengan New York City pada tahun 2014 dari Atletico Madrid dengan status bebas transfer. Selama membela New York City, Villa telah mengemas 80 gol serta 21 assist dari 126 pertandingan. Pada Januari 2019, ia pindah ke Negeri Matahari Terbit dan bergabung bersama Vissel Kobe. Setelah 1 tahun membela Vissel Kobe, mantan pemain Barcelona ini memilih untuk gantung sepatu.

10. Zlatan Ibrahimovic – LA Galaxy

10 Pemain Top yang Bermain di MLS dengan Status Bebas Transferbleacherreport.com

Pemain berkebangsaan Swedia ini bergabung dengan LA Galaxy pada tahun 2018 dari Manchester United dengan status bebas transfer. Selama bermain untuk LA Galaxy, Ibra berhasil mencetak 53 gol dan 15 assist dari 58 pertandingan. Kini ia masih aktif bermain sepak bola di umurnya yang sudah menginjak 38 tahun bersama AC Milan.

Itu tadi 10 pemain top yang pernah bermain di Major League Soccer. Dari semua nama di atas, hanya menyisakan 2 nama yang masih aktif bermain sepak bola sampai hari ini, yaitu Rooney dan Ibrahimovic.

Baca Juga: Fantastis! Inilah 10 Pemain dengan Bayaran Tertinggi di MLS 2020

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya