5 Pemain Manchester United yang Gagal Tampil Apik di Era Alex Ferguson

Deretan para pemain ternama!

Sir Alex Ferguson merupakan salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola. Bersama Manchester United, pria asal Skotlandia tersebut meraih total 38 gelar juara. Banyak sekali pemain yang sukses berkarier di bawah asuhannya, salah satunya adalah Cristiano Ronaldo.

Akan tetapi, tidak semua pemain yang dilatih Fergie (sapaan Sir Alex) di Manchester United berujung manis. Pasalnya, ada juga beberapa nama top yang gagal bersinar selama dilatih oleh Fergie di Old Trafford. Lantas, siapa saja pemain ternama tersebut? Check this out!

1. Ravel Morrison 

5 Pemain Manchester United yang Gagal Tampil Apik di Era Alex FergusonRavel Morrison. (skysports.com)

Sir Alex Ferguson pernah menyebut Ravel Morrison sebagai salah satu pesepak bola berbakat. Di akademi United, ia satu generasi dengan nama-nama top seperti Paul Pogba, Jesse Lingard, dan Michael Keane.

Sayangnya, potensi tersebut tidak didukung oleh perilaku yang baik dari sang pemain. Alhasil, masalah di luar lapangan membuat karier Morrison di Manchester United menurun sangat drastis.

Pemain lulusan akademi Manchester United ini kemudian dilepas ke West Ham United pada transfer musim dingin 2012. Di usianya yang baru 28 tahun, ia saat ini sudah tidak lagi memiliki klub. Hal tersebut tentu saja sangat memilukan melihat bakat hebatnya yang pernah disia-siakan oleh dirinya sendiri.

2. Diego Forlan 

5 Pemain Manchester United yang Gagal Tampil Apik di Era Alex FergusonDiego Forlan. (thesefootballtimes.co)

Diego Forlan adalah salah satu penyerang hebat di Eropa pada masanya. Akan tetapi, pemain asal Uruguay tersebut gagal tampil memuaskan selama berseragam Manchester United.

Dari 98 pertandingan di semua ajang, ia hanya mampu menciptakan 17 gol. Catatan tersebut tentu saja sangat mengecewakan bagi pemain yang pernah meraih dua sepatu emas Eropa.

Namun, setelah meninggalkan Manchester United, Forlan berhasil menemukan kembali sentuhan terbaiknya. Bersama Villarreal, ia sukses menciptakan 59 gol dari 128 pertandingan. Sedangkan saat membela Atletico Madrid, Forlan mampu membukukan 96 gol dalam 197 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 6 Pembelian Terakhir Sir Alex Ferguson Bersama Manchester United

3. Kleberson 

5 Pemain Manchester United yang Gagal Tampil Apik di Era Alex FergusonKleberson. (thesefootballtimes.co)

Pada turnamen Piala Dunia 2002, Kleberson berhasil tampil mengejutkan bersama tim nasional Brasil. Bahkan, pelatih Brasil saat itu, Luiz Felipe Scolari tak segan menyebut dirinya sebagai salah satu pemain kunci di skuadnya. Kleberson juga sukses menciptakan assist kepada Ronaldo dalam pertandingan final melawan Jerman.

Karena performa yang apik itu, Manchester United memilih untuk merekrut sang pemain ke Old Trafford. Alih-alih bermain apik, ia justru langsung mengalami masalah cedera di pertandingan keduanya bersama Manchester United. Setelah pulih, ia tetap tak mampu menunjukkan kualitas terbaiknya dan gagal beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris. Kleberson kemudian dijual ke Besiktas pada tahun 2005.

4. Eric Djemba Djemba 

5 Pemain Manchester United yang Gagal Tampil Apik di Era Alex FergusonEric Djemba Djemba. (planetfootball.com)

Eric Djemba Djemba bisa dibilang sebagai salah satu kesalahan transfer terbesar yang pernah dilakukan oleh Manchester United. Pada musim panas 2003, Setan Merah memutuskan mendatangkan sang pemain dari Nantes untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Roy Keane. Sayangnya, ia gagal berkembang selama berseragam Manchester United.

Bahkan, seiring berjalannya waktu, karier Djemba Djemba semakin meredup. Pemain asal Kamerun itu bahkan pernah bermain di Liga Indonesia bersama Persebaya Surabaya pada tahun 2015. Tak hanya itu, ia juga sempat terlihat bermain tarkam di Indonesia untuk menyambung hidup, sebelum akhirnya kembali ke Prancis.

5. Juan Sebastian Veron 

5 Pemain Manchester United yang Gagal Tampil Apik di Era Alex FergusonJuan Sebastian Veron. (90min.com)

Pada awal tahun 2000-an, nama Juan Sebastian Veron begitu sangat dikenali oleh pencinta sepak bola di dunia. Semua itu tidak terlepas dari penampilan apik yang ditunjukkan oleh pemain asal Argentina tersebut. Tergoda dengan bakat sang pemain, Sir Alex Ferguson kemudian memutuskan untuk merekrutnya pada musim panas 2001.

Akan tetapi, Veron justru gagal tampil menjanjikan selama waktunya di Old Trafford. Ia lebih sering dimasukkan oleh Fergie sebagai pemain pengganti daripada pemain inti. Hanya berselang dua musim, Veron kemudian dilepas ke Chelsea dan masih kesulitan menemukan permainan terbaiknya.

 

Itulah lima pemain top Manchester United yang kariernya meredup di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Tentunya banyak faktor yang membuat para pemain ternama tersebut gagal tampil menjanjikan selama waktunya di Old Trafford.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Didepak Sir Alex Ferguson di Manchester United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya