Comscore Tracker

5 Pemain Muda Inggris yang Tampil Cemerlang di Luar Premier League 

Jadon Sancho salah satunya! 

Inggris memang dikenal memiliki sejumlah pemain berkualitas saat ini. Mayoritas para pemain Inggris memang hanya berkutat di ajang Premier League. Meski demikian, ada juga beberapa pemain yang tampil di luar Premier League dan bermain begitu cemerlang.

Hebatnya, mereka yang tampil apik di luar Inggris tergolong sebagai pemain yang secara umur masih sangat muda. Hal tersebut tentu saja sangat menarik dan membanggakan bagi sepak bola Inggris. Lantas, siapa saja pemain muda itu? Check this out!

1. Jadon Sancho (Borussia Dortmund) 

5 Pemain Muda Inggris yang Tampil Cemerlang di Luar Premier League talksport.com

Jadon Sancho merupakan produk asli akademi Manchester City. Karena sulitnya mendapatkan tempat reguler di tim utama, sang pemain akhirnya memilih pindah dan bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim panas 2017. Pemain yang saat itu masih berusia 17 tahun ini dibeli dengan biaya sebesar 7,8 juta euro atau setara Rp133 miliar.

Namun siapa sangka, Sancho ternyata tampil begitu cemerlang selama berseragam Dortmund. Sejauh ini, ia sudah menciptakan 44 gol dan 59 assist dari 128 pertandingan di berbagai ajang.

Torehan tersebut membuat banderol sang pemain meningkat hingga di angka 100 juta euro atau setara Rp1,7 triliun. Performanya tersebut juga membuat Sancho dikaitkan kepindahannya dengan sejumlah tim besar, salah satunya adalah Manchester United.

2. Stephy Mavididi (Montpellier) 

5 Pemain Muda Inggris yang Tampil Cemerlang di Luar Premier League english.aawsat.com

Arsenal memang dikenal sebagai tim yang selalu sukses mempromosikan bakat-bakat muda dari akademi. Sayangnya, tim asal London Utara ini tidak mampu memaksimalkan potensi dari para pemain muda tersebut.

Alhasil, beberapa pemain akhirnya tampil menjanjikan ketika bergabung dengan klub lain, contohnya seperti Serge Gnabry dan Wojciech Szczesny. Selain mereka, ada juga pemain lain yang tampil apik bersama klub luar Inggris, yakni Stephy Mavididi.

Penyerang berusia 22 tahun itu saat ini sedang bermain untuk tim Prancis, Montpellier. Ia sudah meninggalkan Arsenal sejak tahun 2018 dan saat itu bergabung dengan Juventus.

Sayangnya, ia gagal tampil memukau di Turin yang membuatnya pindah ke Prancis. Di musim ini, Mavididi sudah menciptakan 6 gol dari 23 pertandingan di Ligue 1, termasuk gol ke gawang AS Monaco dan PSG.

Baca Juga: 5 Gelandang Muda Berbakat yang Dimiliki Inggris saat Ini, Potensial!

3. Angel Gomes (Boavista) 

5 Pemain Muda Inggris yang Tampil Cemerlang di Luar Premier League talksport.com

Pada Mei 2017, Angel Gomes membuat sejarah ketika ia menjadi pemain termuda yang tampil bersama Manchester United di Premier League. Namun, gelandang kreatif ini tidak pernah mendapatkan kesempatan lebih selama waktunya di Old Trafford.

Ia pun akhirnya memilih meninggalkan Manchester United pada musim panas 2020 saat kontraknya habis. Alih-alih mencari klub Premier League lain, Gomes malah menuju ke Prancis dengan bergabung bersama Lille.

Namun ia langsung dipinjamkan oleh klubnya tersebut ke tim Portugal, Boavista selama semusim. Di pertandingan debutnya, pemain berusia 20 tahun itu sukses menciptakan 3 assist sekaligus dan mengantarkan timnya meraih kemenangan.

Baru-baru ini, mantan pemain Manchester United itu mencetak gol spektakuler melalui tendangan bebas. Kini, Gomes sudah menciptakan 4 gol dan 6 assist dari 17 pertandingan di liga tertinggi Portugal.

4. Noni Madueke (PSV Eindhoven) 

5 Pemain Muda Inggris yang Tampil Cemerlang di Luar Premier League thesun.co.uk

Noni Madueke memulai karier sepak bolanya bersama akademi Crystal Palace. Namun pada tahun 2014, ia memilih melanjutkan kiprahnya bersama akademi Tottenham Hotspur.

Tak bertahan lama, ia kemudian bergabung dengan klub Belanda PSV Eindhoven dengan status bebas transfer pada musim panas 2018. Walau masih berusia sangat muda, 18 tahun, Madueke ternyata sudah diandalkan oleh PSV di musim ini.

Penyerang kelahiran London itu sudah menciptakan 6 gol dan 6 assist dari 16 pertandingan di Eredivisie. Performa apiknya itu membuat sang pemain mendapatkan panggilan untuk bermain bersama timnas Inggris U-18.

5. Jude Bellingham (Borussia Dortmund) 

5 Pemain Muda Inggris yang Tampil Cemerlang di Luar Premier League skysports.com

Jude Bellingham merupakan pemain yang berasal dari akademi Birmingham City. Pada Juli 2020, ia dibeli oleh Borussia Dortmund dengan biaya sebesar 23 juta euro atau setara dengan Rp393 miliar. Nilai transfer tersebut tergolong cukup besar untuk pemain yang berusia 17 tahun.

Walau masih sangat muda, sang pemain ternyata sudah dipercayai untuk tampil di skuad utama Dortmund. Sejauh ini, ia sudah menciptakan 1 gol dan 4 assist dari 29 pertandingan di berbagai kompetisi.

Hebatnya, Bellingham selalu dimainkan oleh pelatih Dortmund di kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa, Liga Champions musim ini. Karena kualitasnya itu, sang pemain mendapatkan panggilan pertamanya untuk tampil bersama timnas Inggris senior pada November 2020 lalu.

 

Kelima pemain itu mencerminkan bahwa para pemain muda Inggris memang memiliki kualitas yang mumpuni. Jika mampu tampil stabil atau bahkan lebih baik lagi, tidak menutup kemungkinan mereka akan pulang kampung dan bermain bersama klub elite Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Inggris yang Tampil Menjanjikan Sepanjang Musim Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya