Deretan Pemain Muda yang Lebih Mahal dari Cristiano Ronaldo pada 2004

Ada rekan satu tim CR7 ketika di Manchester United 

Nama Cristiano Ronaldo pertama kali mencuat ketika hengkang ke Manchester United pada tahun 2003. Pria asal Portugal itu berhasil menjelma menjadi salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia karena tangan dingin Sir Alex Ferguson.

Setahun di kompetisi Inggris, CR7 tampil sangat memukau. Bahkan, pada tahun 2004, market value sang pemain sempat menyentuh angka 18 juta euro atau setara Rp291 miliar.

Kendati begitu, tetap ada beberapa pemain muda yang harganya lebih mahal dari Ronaldo pada saat itu. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Arjen Robben – 20 juta euro 

Deretan Pemain Muda yang Lebih Mahal dari Cristiano Ronaldo pada 2004Arjen Robben ketika bermain untuk Chelsea. (skysports.com)

Pada tahun 2004, Arjen Robben baru saja bergabung dengan Chelsea dari PSV Eindhoven. Meski umurnya saat itu baru 20 tahun, tapi pemain asal Belanda ini sudah tampil sangat mengesankan di bawah asuhan Jose Mourinho. Kecepatan menjadi senjata utama Robben melewati lawan-lawannya.

Sayangnya, Robben harus menderita cedera di pertengahan musim yang membuatnya absen hingga kompetisi berakhir. Kendati begitu, ia tetap mampu menorehkan 7 gol dan 9 assists dari 18 pertandingan di musim tersebut.

2. Robinho – 22 juta euro 

Deretan Pemain Muda yang Lebih Mahal dari Cristiano Ronaldo pada 2004Robinho ketika bermain untuk Santos. (marca.com)

Robinho memulai karier sepak bolanya dengan bermain untuk Santos. Di tahun 2004, sang pemain masih membela klub asal Brasil itu. Meski bermain di luar kompetisi Eropa, Robinho nyatanya memiliki harga yang cukup mahal saat itu, yakni 22 juta euro atau setara Rp356 miliar.

Itu semua tidak terlepas dari penampilan impresifnya bersama tim nasional Brasil. Di tahun berikutnya, Robinho didatangkan oleh Real Madrid ke Santiago Bernabeu. Hanya bertahan tiga musim, ia kemudian memilih melanjutkan kariernya bersama Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Menjadi Penerus Cristiano Ronaldo di Portugal

3. Fernando Torres – 25 juta euro 

Deretan Pemain Muda yang Lebih Mahal dari Cristiano Ronaldo pada 2004Fernando Torres ketika bermain untuk Atletico Madrid. (skysports.com)

Fernando Torres telah menjadi bintang di usia belasan tahun. Penyerang asal Spanyol itu bahkan sudah dipercayai menjadi kapten tim ketika umurnya masih 19 tahun di Atletico Madrid.

Pada tahun 2004, ia sukses membukukan total 22 gol untuk klubnya tersebut. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Torres memiliki banderol sebesar 25 juta euro atau setara Rp405 miliar pada saat itu.

Pada musim 2003/2004, Torres juga hampir saja menjadi top skor LaLiga. Sayangnya, ia hanya terpaut lima gol dari Ronaldo Nazario yang memenangi trofi Pichichi.

4. Jose Antonio Reyes – 35 juta euro 

Deretan Pemain Muda yang Lebih Mahal dari Cristiano Ronaldo pada 2004Jose Antonio Reyes ketika bermain untuk Arsenal. (teamtalk.com)

Jose Antonio Reyes bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik Spanyol pada awal tahun 2000-an. Ia sempat tampil apik bersama Sevilla di kompetisi LaLiga.

Pada Januari 2004, sang pemain direkrut oleh Arsene Wenger ke Arsenal. Kehadirannya saat itu diharapkan bisa memberikan dampak yang besar bagi tim.

Musim 2004/2005 menjadi musim paling produktif dalam karier Reyes. Ketika itu, ia mampu menciptakan 12 gol dan 13 assists di semua kompetisi. Dengan kualitasnya itu, tidak mengherankan jika banderol Reyes hampir dua kali lipat dari harga CR7.

5. Wayne Rooney – 35 juta euro 

Deretan Pemain Muda yang Lebih Mahal dari Cristiano Ronaldo pada 2004Wayne Rooney ketika bermain untuk Manchester United. (twitter.com/optajoe)

Wayne Rooney merupakan pemain muda dengan kualitas yang mumpuni pada tahun 2004. Bahkan, market value sang pemain sempat mencapai 35 juta euro atau setara Rp567 miliar pada saat itu.

Itu semua tidak terlepas dari penampilan menjanjikan yang ditunjukkan Rooney bersama Everton, sebelum akhirnya digaet oleh Manchester United pada musim panas 2004.

Di musim debutnya bersama Setan Merah, Rooney tampil apik dengan mengoleksi 17 gol dan 8 assists dari 41 pertandingan di semua ajang. Bagi pemain yang baru berusia 18 tahun saat itu, torehan tersebut tentu sangat istimewa.

 

Meski banderol para pemain itu sempat di atas CR7, tapi hanya berselang beberapa tahun harga bintang Portugal itu mampu melambung jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila Ronaldo sempat menjadi pemain termahal di dunia ketika dibeli Real Madrid pada tahun 2009.

Baca Juga: Kabar Terkini 5 Pemain yang Dilepas Madrid bareng Cristiano Ronaldo

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya