5 Pemain Muda yang Tampil Cemerlang di Premier League Sejauh Ini

Terdapat dua pemain muda milik Manchester City 

Sebagai salah satu kompetisi paling kompetitif di dunia, Premier League tentu saja dihuni banyak pemain hebat dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, kasta tertinggi di Inggris ini juga menghasilkan sejumlah pemain muda berkualitas tiap musimnya. Tren baik tersebut masih terus berlanjut hingga musim ini.

Meski usianya masih sangat muda, para pemain itu mampu tampil konsisten dan menjadi pilihan utama pelatihnya masing-masing sejauh ini. Lantas, siapa sajakah pemain muda tersebut? Berikut ulasannya.

1. Phil Foden (Manchester City) 

5 Pemain Muda yang Tampil Cemerlang di Premier League Sejauh Inigoal.com/Getty Images

Tak diragukan lagi, Phil Foden merupakan salah satu pemain muda terbaik di Premier League musim ini. Di usia 20 tahun, ia sudah mendapatkan tugas yang cukup berat yaitu menjadi penerus David Silva di Manchester City. Namun, sang gelandang mampu menjawab semuanya dengan penampilan menjanjikan di bawah asuhan Pep Guardiola.

Foden sendiri sudah memainkan 49 pertandingan di Premier League bersama City. Ia berhasil mencetak 8 gol dan 4 assist. Memiliki karakter permainan yang ngeyel menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh sang pemain.

Tak mengherankan jika Guardiola sering memainkannya meski City dihuni oleh pemain berkelas. Pelatih asal Spanyol tersebut juga menilai bahwa Foden akan menjadi salah satu pemain yang memiliki karier yang panjang dan sukses, baik untuk klub maupun negara.

2. Mason Mount (Chelsea) 

5 Pemain Muda yang Tampil Cemerlang di Premier League Sejauh Inigoal.com

Sejak main di tim utama Chelsea, Mason Mount sudah menjadi pemain andalan di bawah asuhan Frank Lampard. Walau kini Chelsea dipenuhi oleh para pemain bintang, gelandang kelahiran Portsmouth ini masih mendapatkan tempat inti di skuad utama. Dari 11 pertandingan awal Premier League musim ini, ia hanya kehilangan satu pertandingan saja.

Bahkan dalam lima pertandingan terakhir, ia bermain penuh dan tak tergantikan di lini tengah. Mount telah membukukan 1 gol dan 3 assist di Premier League. Karena penampilannya itu, pemain bernomor punggung 19 ini membuat Frank Lampard terkesan.

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Terlalu Bagus untuk Klubnya Saat Ini 

3. Declan Rice (West Ham United) 

5 Pemain Muda yang Tampil Cemerlang di Premier League Sejauh IniMarc Atkins/Getty Images

Declan Rice sudah mulai promosi ke skuad utama West Ham United sejak tahun 2017. Bahkan, ia sudah mulai menjadi andalan di periode pertamanya bermain di Premier League.

Di usianya yang baru 20 tahun, ia sudah mencatatkan 100 penampilan lebih di Premier League, termasuk 38 pertandingan musim lalu. Terlebih lagi, ia bermain penuh dan tak kehilangan satu menit pun dalam bermain. Catatan apik itu tentu saja membuatnya menjadi incaran para klub top Premier League.

Kini, di usia yang tergolong masih remaja, Rice sudah dipercayai menjadi kapten tim West Ham. Karena performa yang konsisten itu, ia sudah beberapa kali mendapatkan panggilan untuk bermain bersama timnas Inggris.

Sementara di awal musim ini, pemain yang memiliki banderol 55 juta euro atau sekitar Rp941 miliar itu sudah menjalankan 11 pertandingan di Premier League. Penampilan apik yang ditunjukkan Rice tersebut membuat sang pelatih, David Moyes kagum terhadap dirinya.

4. Ferran Torres (Manchester City) 

5 Pemain Muda yang Tampil Cemerlang di Premier League Sejauh Inigoal.com/Getty Images

Sempat dibuat was-was dengan kepergian Leroy Sane, Pep Guardiola kini sudah menemukan penggantinya, yaitu Ferran Torres. Pemain muda asal Spanyol ini direkrut Manchester City pada bursa transfer kemarin dengan biaya 23 juta euro atau sekitar Rp393 miliar. Seiring berjalannya waktu, ia mulai terlihat cocok dengan skema yang diterapkan oleh Guardiola.

Sejauh ini, Torres telah mencetak 5 gol dan 2 assist dari 13 pertandingan, termasuk 1 gol dan 1 assist di Premier League. Pemain berusia 20 tahun ini bisa dibilang sebagai wajah baru di Premier League, namun ia mampu beradaptasi cepat dengan kultur sepak bola Inggris.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, Torres dimainkan oleh Guardiola di posisi striker dan hasilnya pun tak mengecewakan. Sementara di ajang tertinggi Eropa, Liga Champions, ia bermain sangat baik dan mampu mempersembahkan 3 gol dari 3 pertandingan awal fase grup.

5. Mason Greenwood (Manchester United) 

5 Pemain Muda yang Tampil Cemerlang di Premier League Sejauh Iniskysports.com

Mason Greenwood memulai debutnya di Premier League pada musim lalu. Meski usianya saat itu masih 18 tahun, ia sudah mampu tampil apik dan produktif dalam mencetak gol. Bahkan, ia secara total lebih banyak mencetak gol daripada pemain muda lain di Premier League.

Di musim ini, pemain berusia 19 tahun itu relatif tidak terlalu terlihat perannya. Meski demikian, ia tetap mendapatkan kepercayaan penuh dari Ole Gunnar Solskjaer. Greenwood sendiri baru membukukan 1 gol dari 7 pertandingan awal musim ini. Gol tersebut ia ciptakan ketika timnya berhasil mengalahkan West Ham pada pekan ke-11.

Pemain asli akademi Manchester United ini menjadi pemain yang multifungsi dan bisa bermain di sejumlah posisi lini depan. Karena keistimewaannya itu, Solskjaer kerap kali memberikan pujian kepadanya.

 

Para pemain muda tersebut telah berevolusi menjadi pemain kunci di klubnya saat ini. Mampukah salah satu di antara mereka berhasil mengantarkan timnya menjadi juara Premier League musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Termuda yang Jalani Debut di Premier League, Berbakat

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya