5 Pemain yang Paling Banyak Menerima Servis Assist Lionel Messi

Tanpa kehadiran Messi, mungkin mereka tak bisa tampil ciamik

Lionel Messi bisa dibilang sebagai salah satu pemain terhebat dalam dua dekade terakhir. Kualitasnya "di luar nalar" membuat Barcelona sukses meraih banyak sekali gelar juara. Tidak hanya jago dalam mencetak gol, nyatanya La Pulga, julukan Lionel Messi, juga piawai dalam menciptakan assist.

Sepanjang kariernya, pemain asal Argentina itu sudah mencatatkan ratusan assist. Beberapa di antaranya bahkan tercipta untuk nama-nama yang sama.

Berikut ini lima pemain yang paling banyak menerima servis assist dari Lionel Messi.

1. Luis Suarez – 39 kali 

5 Pemain yang Paling Banyak Menerima Servis Assist Lionel Messipotret Luis Suarez (fcbarcelona.com)

Luis Suarez bermain bersama Lionel Messi di Barcelona selama enam musim. Duet mereka berhasil mengantarkan tim asal Kota Calatunya itu meraih sejumlah trofi bergengsi di kompetisi domestik maupun Eropa. Secara total, Messi berkontribusi dalam 39 gol Suarez selama berada di Camp Nou.

Sayangnya, kebersamaan mereka harus terhenti di musim panas 2020. Sebab, saat itu Suarez itu dijual ke Atletico Madrid. Satu musim berselang, giliran Messi yang pergi meninggalkan klub masa kecilnya tersebut untuk hijrah ke Paris Saint-Germain.

2. Neymar – 20 kali 

5 Pemain yang Paling Banyak Menerima Servis Assist Lionel Messipotret Neymar (skysports.com)

Neymar didatangkan Barcelona dari Santos dengan status bintang muda pada musim panas 2013. Tidak butuh waktu lama, pemain asal Brasil itu langsung cocok dengan Lionel Messi di lini depan. Raihan treble winners di musim 2014/2015 menjadi bukti kehebatan mereka berdua.

Selama empat setengah musim bersama, Messi mampu menyumbangkan 20 assist ke Neymar. Catatan tersebut sangat mungkin bertambah mengingat Messi baru saja bergabung bersama Neymar di Paris Saint-Germain musim ini.

Baca Juga: 5 Momen Tak Terlupakan Dari Lionel Messi Sepanjang Tahun 2021

3. Pedro – 17 kali 

5 Pemain yang Paling Banyak Menerima Servis Assist Lionel Messipotret Pedro (tribuna.com)

Seperti halnya Lionel Messi, Pedro juga merupakan produk asli akademi La Masia. Pemain asal Spanyol itu promosi ke tim utama beberapa tahun setelah La Pulga. Di bawah asuhan Pep Guardiola, Pedro langsung menjadi salah satu sosok kunci di lini depan Barcelona.

Meski bukan pencetak gol yang produktif, Pedro kerap merepotkan lini pertahanan lawan dan menciptakan ruang bagi rekan satu timnya. Pedro tercatat sukses menciptakan 99 gol selama berseragam Barcelona. Dari capaian hampir 100 gil tersebut, 20 gol di antaranya merupakan buah dari servis Lionel Messi. 

4. Samuel Eto’o – 15 kali 

5 Pemain yang Paling Banyak Menerima Servis Assist Lionel Messipotret Samuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Samuel Eto’o bermain untuk Barcelona sejak tahun 2004. Awalnya ia membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan gaya permainan tim. Tapi, di musim keduanya, pemain asal Kamerun itu mampu menemukan sentuhan terbaiknya. Musim itu kebetulan juga Messi dipromosikan ke tim utama.

Selama beberapa tahun berikutnya, Messi tampil di sayap kanan dan membantu Eto’o menjadi salah satu pencetak gol yang konsisten. Messi sendiri berhasil menyumbangkan 15 assist untuk mantan pemain Mallorca tersebut. Kebersamaan Eto’o dan Messi harus berakhir pada musim panas 2009. Kala itu Eto’o dijual Barcelona ke Inter Milan sebagai pertukaran dengan Zlatan Ibrahimovic.

5. David Villa – 12 kali 

5 Pemain yang Paling Banyak Menerima Servis Assist Lionel Messipotret David Villa (planetfootball.com)

Setelah tampil apik di Piala Dunia 2010, David Villa lalu dibeli oleh Barcelona di bursa transfer musim panas. Akan tetapi, Villa justru dimainkan Guardiola di posisi sayap kiri, sedangkan posisi ujung tombak diisi oleh Lionel Messi. Hal tersebut tentu saja menghambat keran gol dari penyerang asal Spanyol tersebut.

Kendati begitu, Villa setidaknya tetap mampu menciptakan 48 gol dari 119 penampilan bersama Barcelona. Dari seluruh catatan tersebut, 12 gol datang dari assist Lionel Messi. Sayangnya, kebersamaan mereka tidak bertahan lama karena Villa memutuskan hengkang ke Atletico Madrid di tahun 2013.

Jika tanpa kehadiran Lionel Messi, mungkin sederet pemain di atas tidak akan tampil gemilang selama waktunya di Camp Nou. Akankah ada nama penyerang lain yang mencuat dalam waktu dekat setelah "dibantu" oleh Lionel Messi?

Baca Juga: 5 Tim Besar yang Pernah Jadi Korban Hattrick Lionel Messi

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya