Comscore Tracker

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak sebagai Pemain Pengganti di EPL

Mereka layak disebut sebagai supersub

English Premier League (EPL) adalah salah satu liga paling populer di dunia. Divisi teratas Inggris itu dikenal memiliki banyak sekali penyerang hebat, seperti Alan Shearer, Wayne Rooney, dan Sergio Aguero. Para bintang itu selalu berhasil mencuri perhatian karena mampu mencetak banyak gol.

Namun, terkadang pemain pengganti juga tidak luput dari perhatian. Pasalnya, para pemain pengganti kerap mencetak gol pada akhir pertandingan. Dalam sejarah Premier League, ada sejumlah pemain pengganti yang cukup sering mencetak gol. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Jermain Defoe (24 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak sebagai Pemain Pengganti di EPLJermain Defoe (planetfootball.com)

Jermain Defoe menghabiskan sebagian besar kariernya untuk bermain bersama tim-tim asal Inggris. Pemain yang memiliki tinggi 1,71 meter itu adalah pencetak gol terbanyak kesembilan dalam sejarah Premier League dengan torehan 162 gol. Torehan itu diciptakan sang penyerang bersama lima klub berbeda.

Menariknya, Defoe lebih bersinar sebagai pemain pengganti. Dari 149 pertandingan dari bangku cadangan, ia berhasil membukukan 24 gol di kasta tertinggi Inggris.

2. Olivier Giroud (21 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak sebagai Pemain Pengganti di EPLOlivier Giroud (skysports.com)

Olivier Giroud memulai karier di kompetisi Premier League dengan membela Arsenal. Bersama The Gunners, penyerang asal Prancis itu tampil cukup impresif dan sukses membawa klub meraih sejumlah trofi domestik. Pada Januari 2018, ia memilih hengkang ke Chelsea.

Di klub asal London Barat itu, Giroud lebih sering digunakan sebagai pemain pengganti. Walau begitu, ia tetap mampu menunjukkan performa apik di atas lapangan. Giroud tampil dari bangku cadangan sebanyak 103 kali dan mampu mencetak 21 gol bagi Arsenal dan Chelsea di Premier League.

Baca Juga: Olivier Giroud Mendadak Jago Pakai Nomor Terkutuk AC Milan

3. Javier Hernandez (19 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak sebagai Pemain Pengganti di EPLJavier Hernandez (skysports.com)

Javier Hernandez merupakan pemain andalan Sir Alex Ferguson ketika Manchester United membutuhkan gol. Penyerang asal Meksiko itu menghabiskan waktunya selama lima tahun di Old Trafford pada 2010–2015. Setelah itu ia bermain untuk West Ham United selama dua musim.

Uniknya, ia sebagian besar tampil sebagai pemain pengganti bersama dua klub itu. Meski demikian, pemain yang kerap dipanggil Chicharito itu tetap mampu memberikan kontribusi besar. Sang penyerang sukses mencetak 19 gol dari bangku cadangan.

4. Nwankwo Kanu (17 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak sebagai Pemain Pengganti di EPLNwankwo Kanu (skysports.com)

Nwankwo Kanu adalah salah satu penyerang terbaik Premier League pada masanya. Pemain asal Nigeria itu bermain untuk tiga klub Inggris, yakni Arsenal, West Bromwich Albion, dan Portsmouth. Bersama tim-tim itu, ia mampu menciptakan total 54 gol dari 272 pertandingan di Premier League.

Dari seluruh torehan itu, Kanu masuk sebagai pemain pengganti sebanyak 117 kali dan mencetak 17 gol. Kanu juga ikut mengantarkan Arsenal meraih trofi Premier League tanpa mengalami kekalahan pada musim 2003/2004.

5. Daniel Sturridge (17 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak sebagai Pemain Pengganti di EPLDaniel Sturridge (liverpoolfc.com)

Daniel Sturridge pernah menjadi salah satu penyerang yang ditakuti oleh klub-klub Premier League. Pasalnya, ia sempat bermain untuk sejumlah tim elite, seperti Chelsea, Manchester City, dan Liverpool. Selain itu, sang pemain juga sempat membela West Brom Albion dan Bolton Wanderers.

Bersama lima klub tersebut, Sturridge berhasil mencetak 77 gol dari 218 pertandingan di Premier League. Ia masuk sebagai pemain pengganti dalam 98 laga dan menciptakan 17 gol. Puncak karier Sturridge tercipta saat berseragam The Reds.

 

Karena kerap mencetak gol sebagai pemain pengganti, mereka pun layak disebut supersub. Supersub sendiri gabungan dari dua kata, yakni super dan substitution.

Baca Juga: 6 Supersub Paling Produktif Sepanjang Sejarah Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya