Comscore Tracker

5 Pemain yang Performanya Paling Konsisten di Abad ke-21, Ada Buffon!

Mereka memberikan kontribusi yang besar bagi klub dan negara

Menjaga performa biar tetap berada di level teratas tentu bukanlah hal yang mudah bagi semua pesepak bola di dunia. Banyak sekali faktor yang membuat penampilan seorang pemain kerap inkonsisten, salah satunya adalah masalah cedera. Akan tetapi, masih tetap ada sejumlah nama yang penampilannya sangat menjanjikan hingga saat ini.

Uniknya, usia para pemain tersebut sudah lebih dari 30 tahun. Berikut ini lima pemain yang performanya paling konsisten pada abad ke-21. Siapa saja mereka?

1. Lionel Messi 

5 Pemain yang Performanya Paling Konsisten di Abad ke-21, Ada Buffon!Lionel Messi (90min.com)

Lionel Messi adalah salah satu nama terbaik yang menghiasi sepak bola di abad ini. Setelah menghabiskan seluruh kariernya bersama Barcelona, pemain berusia 34 tahun itu akhirnya hengkang ke Paris Saint-Germain pada musim panas ini. Selama memperkuat Blaugrana, sang pemain total mengoleksi 672 gol serta 305 assist.

Messi juga sukses mempersembahkan 10 gelar LaLiga dan 4 trofi Liga Champions untuk publik Camp Nou. Tidak hanya itu, Messi juga menjadi tokoh kunci dalam keberhasilan tim nasional Argentina memenangi trofi Copa America 2021. Gelar tersebut sekaligus menjadi yang pertama bagi La Albiceleste dalam hampir tiga dekade terakhir.

2. Cristiano Ronaldo 

5 Pemain yang Performanya Paling Konsisten di Abad ke-21, Ada Buffon!Cristiano Ronaldo (eurosport.com)

Selain Lionel Messi, Cristiano Ronaldo juga dianggap sebagai salah satu pemain terbaik era saat ini. Walau secara usia sudah 36 tahun, tapi kualitas sang pemain masih terlihat seperti anak berusia 20-an tahun. Buktinya, ia sukses tampil istimewa dalam debutnya bersama Manchester United di musim ini dengan mencetak 2 gol sekaligus ke gawang Newcastle United.

Ronaldo sendiri sudah memenangi lima gelar Ballon d’Or bersama Real Madrid dan Manchester United. Ia juga menjadi top skor sepanjang sejarah di Real Madrid (450 gol) dan Liga Champions (134 gol). Lebih kerennya lagi, CR7 baru saja memecahkan rekor dari Ali Daei sebagai pemain dengan koleksi gol terbanyak di level internasional.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tampil Konsisten di Saat Membela Klub dan Timnas

3. Zlatan Ibrahimovic 

5 Pemain yang Performanya Paling Konsisten di Abad ke-21, Ada Buffon!Zlatan Ibrahimovic (skysports.com)

Penyerang gaek asal Swedia ini tak diragukan lagi sebagai salah satu pemain paling konsisten di abad ini. Pengalamannya yang sangat banyak menjadi salah satu faktor yang membuat ia masih tampil apik hingga saat ini.

Ibrahimovic sendiri telah memenangi gelar liga di empat kompetisi berbeda. Di umurnya yang memasuki masa senja bagi pesepak bola, ia masih bisa bermain di kasta tertinggi Liga Italia, Serie A.

Kini, pemain berusia 39 tahun itu membela klub AC Milan. Musim lalu ia berkontribusi sangat besar dalam keberhasilan tim finis di urutan kedua.

Karena capaian tersebut, Rossoneri berhasil kembali tampil di ajang tertinggi Eropa, yakni Liga Champions pada musim ini. Di awal tahun ini, Ibra sukses mencetak gol ke-500 di level klub, di mana 150 gol tercipta ketika membela PSG.

4. Sergio Ramos 

5 Pemain yang Performanya Paling Konsisten di Abad ke-21, Ada Buffon!Sergio Ramos resmi berseragam PSG (psg.fr/en)

Terlepas dari cara bermainnya yang keras, Sergio Ramos bisa dibilang sebagai salah satu bek tengah terbaik di abad ke-21. Pemain berusia 35 tahun ini tidak hanya jago dalam menghalau serangan lawan, tapi ia juga cukup produktif dalam urusan mencetak gol.

Buktinya, sang pemain mampu mengoleksi 100 gol bersama Real Madrid. Pemain asal Spanyol itu juga sukses mempersembahkan banyak sekali gelar juara untuk klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut.

Sementara di level internasional, Ramos mampu membawa negaranya memenangi Piala Dunia dan Piala Eropa. Kini, ia memulai perjalanan baru dengan membela raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

5. Gianluigi Buffon 

5 Pemain yang Performanya Paling Konsisten di Abad ke-21, Ada Buffon!Gianluigi Buffon (eurosport.com)

Gianluigi Buffon kerap kali dinilai sebagai penjaga gawang terbaik sepanjang sejarah. Kini, dengan usia yang sudah memasuki kepala empat, ia kembali membela klub masa kecilnya, yakni AC Parma pada transfer musim panas tahun ini. Buffon sendiri merupakan tokoh kunci dalam keberhasilan tim nasional Italia meraih juara Piala Dunia 2006.

Berkat dirinya, tendangan penalti Zinedine Zidane berhasil digagalkan dan Gli Azzurri menang lewat tendangan adu penalti. Selama kariernya di kompetisi tertinggi Italia, Buffon telah meraih total 10 scudetto dan mencatatkan 299 clean sheet dari 650 pertandingan. Meski tak lagi muda, Buffon kabarnya belum ada rencana untuk pensiun dalam waktu dekat.

 

Performa mereka bisa konsisten salah satunya karena pola makan dan latihan yang teratur dan tepat. Karena dedikasi yang luar biasa, tidak mengherankan jika mereka dianggap sebagai deretan pesepak bola terbaik pada abad ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Performanya Paling Konsisten di Kompetisi Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya