5 Pemain yang Pernah Membela Manchester United di Dua Periode Berbeda

Cristiano Ronaldo terbaru!

Manchester United bisa dibilang sebagai klub yang paling ikonik dalam sejarah sepak bola Inggris. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu dikenal selalu diperkuat pemain berkualitas setiap musimnya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika Setan Merah sukses meraih banyak sekali gelar juara.

Karena bergelimang prestasi dan memiliki nama besar, Manchester United kerap kali menjadi destinasi utama bagi pesepak bola ternama. Bahkan, ada beberapa nama yang pernah memperkuat Setan Merah dalam dua periode berbeda. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

1. Les Sealey

5 Pemain yang Pernah Membela Manchester United di Dua Periode BerbedaLes Sealey (manutd.com)

Les Sealey pertama kali membela Manchester United pada tahun 1990. Ketika itu, penjaga gawang asal Inggris ini berstatus sebagai pemain pinjaman dari Luton Town. Walau hanya semusim, ia berhasil mengantarkan Manchester United meraih berbagai trofi, termasuk Piala Winners Eropa.

Setelah masa pinjamannya selesai, Sealey memilih menandatangani kontrak bersama Aston Villa. Sempat bergonta-ganti tim, sang kiper kemudian kembali lagi membela Manchester United pada tahun 1993 dengan status bebas transfer. Di kesempatan kedua itu, ia hanya tampil sebanyak 2 kali.

2. Mark Hughes

5 Pemain yang Pernah Membela Manchester United di Dua Periode BerbedaMark Hughes (manutd.com)

Mark Hughes merupakan salah satu lulusan terbaik akademi Manchester United pada masanya. Ia promosi ke tim utama pada tahun 1983 dan memutuskan hengkang ke Barcelona tiga tahun setelahnya. Di Camp Nou, sang pemain gagal menunjukkan kualitasnya sehingga membuat ia dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Bersama klub Jerman itu, Hughes tampil apik dan membuat Sir Alex Ferguson kepincut untuk membelinya. Pada 1988, Manchester United memulangkan kembali mantan pemain didikannya itu. Selama 7 musim membela Setan Merah, Hughes berhasil memenangi dua gelar Premier League dan dua Piala FA.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Direkrut Manchester United, CR7 Terbaru!

3. Paul Scholes

5 Pemain yang Pernah Membela Manchester United di Dua Periode BerbedaPaul Scholes (eurosport.com)

Paul Scholes sering dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia pada eranya. Pemain asal Inggris ini berhasil membuktikan dirinya dengan menunjukkan performa yang impresif selama memperkuat Manchester United. Tak jarang, ia berhasil mencetak gol dari tendangan jarak jauh.

Setelah sudah meraih semua gelar bergengsi, Scholes lalu memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2011. Uniknya, ia kembali bermain dengan Manchester United pada tahun 2012.

Di periode kedua itu, sang gelandang mampu menciptakan lima gol dari 42 pertandingan. Ia akhirnya kembali pensiun pada akhir musim 2012/2013.

4. Paul Pogba

5 Pemain yang Pernah Membela Manchester United di Dua Periode BerbedaPaul Pogba (90min.com)

Paul Pogba mungkin belum dianggap sebagai legenda Manchester United saat ini. Akan tetapi, sang pemain tidak diragukan lagi merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia. Seperti banyak lulusan akademi Manchester United, Pogba awalnya juga kesulitan untuk mendapatkan kesempatan bermain di tim utama.

Karena ingin bermain reguler, ia kemudian memutuskan untuk hengkang ke Juventus pada 2012 dengan status bebas transfer. Bersama tim asal Turin tersebut, pemain asal Prancis ini berhasil berkembang menjadi sosok gelandang yang hebat.

Tanpa berpikir panjang Manchester United memutuskan merekrut kembali Pogba dengan biaya 105 juta euro atau setara Rp1,7 triliun pada tahun 2016. Nominal itu sempat membuat Pogba menjadi pemain termahal di dunia.

5. Cristiano Ronaldo

5 Pemain yang Pernah Membela Manchester United di Dua Periode BerbedaCristiano Ronaldo (manchestereveningnews.co.uk)

Cristiano Ronaldo menjadi nama baru yang berkesempatan untuk membela Manchester United di dua periode berbeda. Pemain asal Portugal ini merupakan sosok yang besar bersama Manchester United. Di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, ia berhasil menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

CR7 bahkan berhasil memenangi penghargaan Ballon d’Or pertama kali bersama Setan Merah pada tahun 2008. Ia kemudian sempat melanjutkan karier bersama Real Madrid dan Juventus, sebelum akhirnya kembali lagi ke Old Trafford pada musim panas ini. Bersama Setan Merah, Ronaldo akan kembali menggunakan nomor punggung spesialnya, yakni angka 7.

 

Sebagian besar dari mereka memberikan dampak yang cukup besar di periode kedua bersama Manchester United. Jika melihat kualitas Cristiano Ronaldo saat ini, besar kemungkinan ia akan melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Nomor 7 Manchester United Kembali ke Cristiano Ronaldo

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya