Comscore Tracker

5 Pemain Piala Eropa 2020 yang Tampil Apik di Posisi yang Tidak Biasa

Dari Thorgan Hazard hingga Marcos Llorente

Piala Eropa 2020 memang berbeda dari edisi-edisi sebelumnya. Kali ini ajang tersebut harus berjalan dalam situasi pandemi COVID-19 yang membuat stadion sebagian besar hanya diisi oleh 20 hingga 25 persen. Walau begitu, hal tersebut tidak berpengaruh besar terhadap jalannya pertandingan.

Untuk menghadapi turnamen ini, para pelatih memanggil pemain terbaik. Namun, terbatasnya kuota pemain membuat pelatih tidak bisa memanggil semua nama top untuk masuk ke dalam skuad. Alhasil, ada beberapa nama yang harus rela bermain di posisi yang tidak pernah mereka tempati sebelumnya. Meski demikian, Ada juga pemain yang mampu tampil apik walau tidak bermain di posisi aslinya. Siapa saja para pemain tersebut? Check this out!

1. Thorgan Hazard

5 Pemain Piala Eropa 2020 yang Tampil Apik di Posisi yang Tidak BiasaThorgan Hazard. (foxesofleicester.com)

Pada pertandingan perdana melawan Rusia, pelatih Belgia, Roberto Martinez, memercayai Thorgan Hazard untuk tampil sebagai bek sayap kiri. Padahal, pemain milik Borussia Dortmund itu sepanjang kariernya dikenal selalu bermain sebagai gelandang serang. Bahkan, ia terkadang juga sempat dipasang sebagai penyerang tengah dalam beberapa kesempatan.

Walau begitu, Hazard mampu tampil cukup baik di posisi bek sayap kiri. Ia juga mampu membawa negaranya mencatatkan clean sheet. Dalam laga melawan Rusia itu, Hazard bermain penuh selama 90 menit.

2. Kalvin Phillips

5 Pemain Piala Eropa 2020 yang Tampil Apik di Posisi yang Tidak BiasaKlavin Phillips. (eurosport.com)

Kalvin Phillips mampu tampil sangat baik ketika Inggris berhasil mengalahkan Kroasia 1-0 di pertandingan pertama. Bahkan, pemain milik Leeds United itu berhasil meraih penghargaan Man of the Match di akhir laga. Hebatnya, jika di klub ia difokuskan sebagai gelandang perusak permainan lawan, di timnas ia malah diplot untuk mengatur serangan.

Terbukti Phillips berhasil menciptakan assist dalam laga tersebut. Ia juga dapat menyesuaikan tempo permainan dengan sangat bagus. Inggris awalnya bermain dengan skema 4-3-3, tapi strategi tersebut juga bisa berubah menjadi 4-1-4-1 sesuai situasi dan kondisi.

Baca Juga: Tampil Apik, 7 Pemain Leeds United Ini Dibawa ke Piala Eropa 2020

3. David Alaba

5 Pemain Piala Eropa 2020 yang Tampil Apik di Posisi yang Tidak BiasaDavid Alaba. (90min.com)

David Alaba dikenal sebagai pesepak bola yang multifungsi dan bisa bermain di berbagai posisi. Di level klub, ia kerap kali tampil sebagai bek tengah, bek kiri, dan gelandang bertahan. Namun, tugas berbeda diemban sang pemain ketika membela negaranya.

Pemain berusia 28 tahun tersebut dimainkan oleh pelatihnya di posisi libero atau sweeper dalam skema 3-5-2. Walau harus kebobolan 1 gol, setidaknya Alaba dan Austria berhasil menang dengan skor 3-1 atas Makedonia Utara di pertandingan pertama.

4. Kieran Trippier

5 Pemain Piala Eropa 2020 yang Tampil Apik di Posisi yang Tidak BiasaKieran Trippier. (bt.com)

Keputusan mengejutkan dibuat oleh pelatih Inggris, Gareth Southgate, ketika pertandingan pembuka melawan Kroasia. Pria berusia 50 tahun itu secara tidak terduga memainkan Kieran Trippier di posisi bek sayap kiri. Padahal, The Three Lions memiliki dua pemain top di posisi tersebut, yaitu Luke Shaw dan Ben Chilwell.

Walau langkahnya sempat dipertanyakan banyak pihak, Southgate berhasil membuktikan bahwa keputusannya tersebut tidak salah. Trippier berhasil menunjukkan performa terbaiknya meski bermain di posisi bek sayap kiri.

5. Marcos Llorente

5 Pemain Piala Eropa 2020 yang Tampil Apik di Posisi yang Tidak BiasaMarcos Llorente. (nypost.com)

Marcos Llorente merupakan salah satu pemain kunci dalam keberhasilan Atletico Madrid menjuarai gelar LaLiga musim ini. Pemain berusia 26 tahun itu tampil cukup impresif dengan menciptakan 13 gol serta 12 assist dari 45 pertandingan bagi Los Rojiblancos. Ia mampu tampil apik karena selalu dipercayai oleh Diego Simeone untuk tampil di posisi aslinya, gelandang tengah.

Namun, Llorente secara mengejutkan dimainkan di posisi bek sayap kanan oleh Luis Enrique di Timnas Spanyol ketika berjumpa dengan Swedia. Walau tidak bermain di posisi yang semestinya, ia mampu tampil cukup impresif. Llorente juga tak jarang mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Sayangnya, Spanyol gagal menang dalam laga tersebut karena harus bermain imbang 0-0.

 

Meski bukan tampil di posisi aslinya, kelima pemain tersebut nyatanya berhasil membuktikan bahwa mereka mampu tampil apik di laga perdana. Dengan performanya itu, tidak menutup kemungkinan mereka bakal dipasang lagi di posisi tersebut pada pertandingan kedua.

Baca Juga: 9 Potret Marcos Llorente, Bintang Atletico Madrid yang Gagah Menawan

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya