Comscore Tracker

5 Pemain Asal Prancis dengan Catatan Gol Terbanyak di Premier League

Ada tiga mantan pemain Arsenal

Prancis adalah salah satu negara dengan perkembangan sepak bola yang sangat maju. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pemain asal Prancis yang tampil di liga top Eropa, salah satunya di ajang Premier League. Sejauh ini, total sudah ada 200 lebih pemain Prancis yang merumput di kasta tertinggi Inggris itu.

Dari ratusan nama tersebut, ada sejumlah pemain yang tampil menjanjikan selama berkarier di Premier League. Bahkan, tidak sedikit pemain asal Prancis yang mampu membukukan banyak gol di Premier League. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Berikut ulasannya!

1. Thierry Henry – 175 Gol

5 Pemain Asal Prancis dengan Catatan Gol Terbanyak di Premier Leaguearsenal.com

Thierry Henry merupakan pemain Prancis dengan catatan gol terbanyak saat ini di Premier League. Pria kelahiran Les Ulis, Prancis, itu berhasil mencatatkan 175 gol dan 83 assist dari 258 pertandingan. Sepanjang kariernya di Inggris, ia hanya bermain untuk satu klub, yakni Arsenal.

Henry membela klub asal London Utara itu dalam dua periode berbeda, yakni pada tahun 1999 hingga 2007 dan 2012. Ia juga tercatat sukses memenangi gelar top skor sebanyak 4 kali, pada musim 2001/2002, 2003/2004, 2004/2005, dan 2005/2006.

2. Nicolas Anelka – 126 Gol

5 Pemain Asal Prancis dengan Catatan Gol Terbanyak di Premier Leagueplanetfootball.com

Nicolas Anelka adalah salah satu penyerang berbakat yang dimiliki oleh Prancis pada eranya. Ia memulai kariernya di Inggris pertama kali dengan bergabung bersama Arsenal pada tahun 1997. Setelah itu, ia sempat membela sejumlah tim Premier League lainnya, seperti Liverpool, Manchester City, Bolton, Chelsea, dan West Bromwich Albion.

Dari semua klub itu, Anelka berhasil membukukan 126 gol dan 54 assist dari 365 pertandingan. Ia meraih banyak kesuksesan ketika berseragam dua klub London, yakni Arsenal dan Chelsea. Anelka juga sempat meraih gelar top skor Premier League musim 2008/2009 dengan catatan 19 gol.

3. Olivier Giroud – 90 Gol

5 Pemain Asal Prancis dengan Catatan Gol Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Olivier Giroud tentu tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola di Inggris. Pemain yang saat ini berusia 34 tahun itu membela Chelsea di Premier League. Tahun ini akan menjadi musim ketiga sang pemain berseragam The Blues. Sebelumnya, ia pernah membela Arsenal selama 6 musim sejak tahun 2012 hingga 2018.

Sejauh ini, Giroud sudah menciptakan 90 gol dan 32 assist dari 252 pertandingan di Premier League. Selama bermain di Premier League, Giroud sudah meraih 7 gelar. Sayangnya, Giroud belum pernah memenangi trofi Premier League.

Baca Juga: 7 Pemain Prancis dengan Gol Terbanyak di Premier League, Ada Giroud!

4. Louis Saha – 84 Gol

5 Pemain Asal Prancis dengan Catatan Gol Terbanyak di Premier Leaguegoal.com

Louis Saha memulai kariernya di Premier League pada tahun 1999. Saat itu, ia bergabung dengan Newcastle United dari klub Prancis, FC Metz. Saha kemudian direkrut oleh Fulham pada tahun 2000. Performanya yang menjanjikan bersama klub London itu membuat Manchester United merekrutnya pada musim dingin 2004.

Bersama Manchester United, Saha mampu menemukan sentuhan terbaiknya dan menjadi salah satu penyerang terbaik di Premier League. Selain klub-klub itu, sang pemain juga sempat bermain untuk Everton, Tottenham Hotspur, dan Sunderland. Dari 288 pertandingan di Premier League, pria yang saat ini berusia 42 tahun itu mampu menciptakan 84 gol dan 19 assist.

5. Eric Cantona – 70 Gol

5 Pemain Asal Prancis dengan Catatan Gol Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Eric Cantona memulai perjalanannya di Inggris pada tahun 1992. Ketika itu, sang pemain membela Leeds United. Hanya bertahan 9 bulan, ia kemudian direkrut oleh raksasa Premier League, Manchester United. Di Old Trafford, Cantona menjelma menjadi salah satu penyerang terbaik di Premier League.

Sejumlah trofi bergengsi berhasil diraih oleh sang pemain, termasuk 4 gelar Premier League. Dari 156 pertandingan, Cantona mampu membukukan 70 gol dan 51 assist di Premier League. Ia kemudian memutuskan untuk pensiun pada tahun 1997 ketika usianya masih 31 tahun.

 

Dari kelima pemain di atas, hanya menyisakan Olivier Giroud yang masih aktif bermain di Premier League saat ini. Catatan golnya pun berpeluang bertambah mengingat dirinya masih dipercayai Thomas Tuchel pada musim ini.

Baca Juga: 4 Ejekan Kocak Cantona untuk Neymar ini Bikin Jleb!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya