8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional 

Semuanya sudah mencapai 100 pertandingan lebih, lho! 

Prancis merupakan salah satu negara penghasil pesepak bola berbakat. Tak mengherankan jika tim nasional Prancis selalu memiliki pemain-pemain top tiap generasinya. Hal tersebut tentu saja membuat Prancis menjadi negara yang sangat maju dalam urusan sepak bola.

Dalam sejarahnya, Prancis memiliki sejumlah legenda yang berkontribusi banyak bagi timnas. Namun, hanya sedikit pemain yang mampu mencatatkan 100 penampilan lebih bersama Timnas Prancis. Lantas, siapa saja yang mampu catatkan rekor tersebut bersama Les Bleus? Berikut ulasannya.

1. Lilian Thuram – 140 pertandingan 

8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional goal.com

Lilian Thuram menjadi pemain dengan penampilan terbanyak bersama Timnas Prancis. Pria yang kini sudah berusia 48 tahun itu telah mencatatkan 140 pertandingan bersama Timnas Prancis. Ia merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Thuram sendiri melakukan debut bersama Timnas Prancis saat usianya 22 tahun.

2. Thierry Henry – 124 pertandingan 

8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional planetfootball.com

Thierry Henry memulai debut bersama Timnas Prancis pada Oktober 1997 saat usianya masih 20 tahun. Selama bermain untuk Les Bleus, ia mampu mencatatkan 51 gol dari 124 pertandingan. Terakhir kali Henry bermain bersama Timnas Prancis saat tahun 2010.

3. Hugo Lloris – 117 pertandingan 

8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional goal.com

Hugo Lloris menjadi satu-satunya penjaga gawang di daftar ini. Pemain milik Tottenham Hotspur ini telah mencatatkan 117 caps bersama Timnas Prancis. Saat ini, ia masih aktif bermain dan menjadi langganan di bawah mistar gawang. Lloris melakukan debut di Timnas Prancis pada tahun 2008 saat usianya masih 21 tahun.

4. Marcel Desailly – 116 pertandingan 

8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional goal.com

Marcel Desailly merupakan bek andalan Timnas Prancis era 90-an. Ia melakukan debut pada 22 Agustus 1993. Desailly juga menjadi bagian Timnas Prancis dalam memenangi Piala Dunia 1998. Ia terakhir kali bermain di pergelaran Euro 2004 dan mencatatkan 116 pertandingan selama berseragam Timnas Prancis.

Baca Juga: 7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU 

5. Zinedine Zidane – 108 pertandingan 

8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional goal.com

Zinedine Zidane merupakan salah satu gelandang serang terbaik yang pernah dimiliki Prancis. Ia memulai debutnya bersama Les Bleus saat usianya sudah 22 tahun. Zidane memainkan laga terakhirnya di final Piala Dunia 2006 setelah Prancis harus kalah dari Italia lewat tendangan adu penalti. Pria yang saat ini sudah berusia 48 tahun tersebut memainkan 108 pertandingan bersama Timnas Prancis.

6. Patrick Vieira – 107 pertandingan 

8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional goal.com

Patrick Vieira merupakan pesepak bola Prancis keturunan Senegal dan berposisi sebagai gelandang bertahan. Ia memulai debut bersama Timnas Prancis saat usianya masih 20 tahun. Selama membela negaranya itu, Vieira telah mencatatkan 6 gol dari 107 pertandingan.

7. Didier Deschamps – 104 pertandingan 

8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional theguardian.com

Sebelum era Patrick Vieira, Prancis sudah memiliki gelandang bertahan berbakat pada sosok Didier Deschamps. Ia menjadi kapten saat Prancis berhasil memenangi Piala Dunia 1998.  Selain itu, Deschamps juga merupakan salah satu pesepak bola yang mampu memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

8. Olivier Giroud – 101 pertandingan 

8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional goal.com

Olivier Giroud masih menjadi pemain aktif dalam daftar ini. Ia baru saja mencatatkan pertandingan ke-100 bersama Prancis saat melawan Portugal di UEFA Nations League 2020. Sejauh ini, penyerang milik Chelsea ini sudah mencatatkan 42 gol dari 101 pertandingan.

Dari kedelapan pemain tersebut, hanya Lloris dan Giroud yang masih aktif membela Prancis saat ini. Bukan tidak mungkin keduanya akan kembali menambah caps dan mencatatkan rekor baru di buku sejarah Timnas Prancis.

Baca Juga: 10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya