5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Digaet Barcelona, Ada Nama Baru!

Deretan pemain bintang

Sebagai klub dengan prestasi yang mentereng, Barcelona terus berupaya memperbaiki skuadnya. Blaugrana bahkan tidak ragu mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkan pemain incarannya.

Membahas seputar rekrutan termahal Barcelona, Ousmane Dembele sampai saat ini masih memegang rekor tersebut. Sang pemain sebenarnya bukan satu-satunya pemain asal Prancis yang dibeli mahal oleh Barcelona. Berikut lima pemain Prancis termahal yang pernah diboyong klub asal Catalunya tersebut.

1. Ousmane Dembele 

5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Digaet Barcelona, Ada Nama Baru!Ousmane Dembele (twitter.com/FCBarcelona)

Penampilan impresif Ousmane Dembele bersama Borussia Dortmund ternyata membuat Barcelona jatuh hati. Alhasil, sang pemain direkrut ke Camp Nou dengan biaya 140 juta euro atau Rp2,1 triliun pada 2017. Sayangnya, ia mengalami periode yang sulit selama membela Blaugrana.

Cedera menjadi salah satu faktor Dembele gagal berkembang di Camp Nou. Sejauh ini, pemain berusia 25 tahun itu baru mencetak 32 gol serta 34 assist dari 150 pertandingan di semua kompetisi. Walau kontraknya sempat berakhir, ia tetap memutuskan untuk menandatangani kontrak baru bersama Barca hingga 2024.

2. Antoine Griezmann 

5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Digaet Barcelona, Ada Nama Baru!Antoine Griezmann (twitter.com/FCBarcelona)

Antoine Griezmann merupakan mesin gol Atletico Madrid dari 2014--2019. Hal tersebut ternyata membuat Barcelona kepincut untuk merekrutnya dengan biaya senilai 120 juta euro atau Rp1,8 triliun. Sayangnya, sang penyerang gagal memberikan performa terbaiknya di Camp Nou.

Dari 102 pertandingan di berbagai ajang, Griezmann hanya mampu menorehkan 35 gol dan 17 assist. Karena penampilannya tidak sesuai harapan, ia akhirnya dilepas kembali ke Atletico Madrid dengan status pinjaman selama dua musim.

Baca Juga: 5 Pemain yang Didatangkan Atletico Madrid bareng Antoine Griezmann

3. Jules Kounde 

5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Digaet Barcelona, Ada Nama Baru!Jules Kounde (twitter.com/jkeey4)

Jules Kounde adalah rekrutan terbaru Barcelona yang berasal dari Prancis. Ia diboyong ke Camp Nou setelah ditebus dari Sevilla dengan mahar senilai 50 juta euro atau Rp757 miliar. Sang pemain diikat kontrak oleh Blaugrana selama 5 tahun hingga 2027.

Sebelumnya, Kounde berstatus sebagai bek reguler di Sevilla. Bersama klub itu, ia berhasil mencatatkan 133 pertandingan dan mencetak 9 gol serta 3 assist di semua kompetisi. Di samping itu, Kounde juga berhasil mempersembahkan gelar Liga Europa pada musim 2019/2020.

4. Clement Lenglet 

5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Digaet Barcelona, Ada Nama Baru!Clement Lenglet (twitter.com/clement_lenglet)

Sebelum merekrut Jules Kounde, Barcelona terlebih dahulu mendatangkan Clement Lenglet dari Sevilla pada musim panas 2018. Untuk mendapatkan jasa sang pemain, Barcelona ketika itu harus membayar uang senilai 35,9 juta euro atau Rp543 miliar. Sejauh ini, ia telah berseragam Barcelona sebanyak 158 laga.

Lenglet berhasil menyumbangkan 7 gol serta 3 assist dari seluruh penampilannya tersebut. Namun, pada musim panas 2022, ia memilih meninggalkan Barcelona. Lenglet melanjutkan kariernya di kompetisi Premier League bersama Tottenham Hotspur dengan status pinjaman.

5. Samuel Umtiti 

5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Digaet Barcelona, Ada Nama Baru!Samuel Umtiti (twitter.com/samumtiti)

Samuel Umtiti didapatkan Barcelona dari Lyon pada tahun 2016 silam. Raksasa Spanyol ini mendapatkan tanda tangan sang pemain setelah membayar uang sebesar 25 juta euro atau Rp378 miliar. Sayangnya, kariernya tidak berjalan mulus di Camp Nou.

Walau sempat menjadi pemain penting di jantung pertahanan, Umtiti pada akhirnya lebih banyak menghabiskan waktunya di ruang perawatan. Selama 6 tahun bermain untuk Barca, ia tercatat baru tampil sebanyak 133 kali dan menorehkan 2 gol serta 1 assist.

 

Sederet pemain di atas memiliki karier yang beragam. Kini, hanya menyisakan tiga nama yang masih bermain untuk Barcelona, yakni Ousmane Dembele, Jules Kounde, dan Samuel Umtiti. Menarik untuk ditunggu kiprah Kounde di Camp Nou.

Baca Juga: Korbankan Diri Demi Torres, Begini Ulasan Perpanjangan Kontrak Umtiti

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya