6 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Juventus sebelum Filip Kostic

Karier mereka sebagian besar sangat singkat di Turin 

Juventus sudah resmi memperkenalkan Filip Kostic. Gelandang berusia 29 tahun ini didatangkan dari Eintracht Frankfurt seharga 12 juta euro atau Rp179 miliar. Ia menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun di Turin hingga 2026.

Kehadiran Kostic menambah panjang daftar pemain Serbia yang pernah memperkuat Juventus. Sebelum Kostic, berikut ini deretan pemain Serbia yang pernah membela Bianconeri.

1. Vladimir Jugovic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Juventus sebelum Filip KosticVladimir Jugovic (juventus.com)

Pemain Serbia pertama yang berseragam Juventus adalah Vladimir Jugovic. Ia bergabung dengan Juventus pada 1995 setelah direkrut dari Sampdoria. Sang pemain tercatat membela Juventus selama dua musim.

Dalam prosesnya, Jugovic mampu tampil sebanyak 77 pertandingan dan berhasil mencetak 10 gol serta 9 assist di berbagai ajang. Ia juga sukses memenangi beberapa gelar bergengsi, seperti Serie A, Liga Champions, hingga Piala Super Eropa.

2. Zoran Mirkovic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Juventus sebelum Filip KosticZoran Mirkovic (sky.it)

Klub Italia pertama yang dibela oleh Zoran Mirkovic adalah Atalanta. Karena jatuh hati dengan kualitasnya, Juventus memutuskan memboyong sang pemain ke Turin pada 1998. Ia tercatat dilatih dua pelatih top di Juventus, yakni Marcello Lippi dan Carlo Ancelotti.

Mirkovic hanya bermain untuk Juventus selama dua musim. Ia memainkan 50 pertandingan selama waktunya tersebut sebelum akhirnya pindah ke tim Turki, Fenerbahce.

3. Darko Kovacevic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Juventus sebelum Filip KosticDarko Kovacevic (gazzetta.it)

Penampilan impresif Darko Kovacevic bersama Real Sociedad membuat Juventus kepincut. Alhasil, sang pemain direkrut ke Turin pada tahun 1999. Kovacevic membela Juventus selama dua musim.

Ia mampu tampil sebanyak 71 kali dan sukses mencetak 26 gol serta 3 assist di semua kompetisi. Di samping itu, Kovacevic berhasil meraih gelar top skor Piala UEFA (Liga Europa) dengan perolehan sepuluh gol pada musim 1999/2000.

Baca Juga: Angel Di Maria Jalani Debut Manis di Juventus, tapi Langsung Cedera

4. Ivan Ergic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Juventus sebelum Filip KosticIvan Ergic (gazzetta.it)

Ivan Ergic menjadi bagian dari Juventus sejak tahun 2000. Ketika itu, sang pemain didatangkan dari klub Australia, Perth Glory. Sayangnya, karier Ergic tidak berjalan musim di Turin.

Ia tidak pernah dimainkan di kompetisi resmi satu kali pun. Karena kesulitan mendapatkan menit bermain, Ergic kemudian pindah ke FC Basel pada Januari 2001.

5. Milos Krasic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Juventus sebelum Filip KosticMilos Krasic (sports.fr)

Milos Krasic direkrut Juventus dari klub Rusia, CSKA Moscow, pada musim panas 2010. Pemain yang bermain di posisi winger ini saat itu dibeli seharga 15 juta euro atau Rp224 miliar. Kehadirannya diharapkan mampu membuat lini serang Juventus makin tajam.

Sayangnya, Krasic tidak masuk dalam skema permainan Antonio Conte. Hanya bertahan dua tahun, ia lalu dilepas secara permanen ke Fenerbahce. Selama main di Turin, Krasic mampu mencatatkan 50 pertandingan dan menorehkan 10 gol di berbagai kompetisi.

6. Dusan Vlahovic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Berseragam Juventus sebelum Filip KosticDusan Vlahovic (twitter.com/juventusfc)

Dusan Vlahovic berhasil menunjukkan permainan terbaiknya saat membela Fiorentina. Juventus kemudian memboyong sang pemain ke Turin pada Januari 2022. Tak tanggung-tanggung, biaya sebesar 81,6 juta euro atau setara Rp1,2 triliun dikeluarkan Bianconeri untuk mendapatkan pemain berusia 22 tahun tersebut.

Sejauh ini, Vlahovic sudah mengoleksi 11 gol serta 2 assist dalam 22 pertandingan di semua ajang. Kontrak Vlahovic masih tersisa hingga Juni 2026 di Turin. Dengan kualitas yang dimiliki, sang striker sepertinya akan menjadi bagian penting Massimiliano Allegri untuk mengarungi musim 2022/2023 ini.

 

Karier mereka rata-rata sangat singkat di Juventus. Kini waktunya Dusan Vlahovic dan Filip Kostic membuktikan kualitasnya agar bisa membawa Juventus kembali disegani, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Baca Juga: Vlahovic Bisa Jadi Top Scorer Serie A Gara-gara Di Maria?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya