Comscore Tracker

5 Pemain Spanyol dengan Biaya Transfer Termahal di Premier League

Ternyata ada yang lebih mahal dari Marc Cucurella 

Chelsea bergerak cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2022. The Blues berhasil mendatangkan Marc Cucurella dari Brighton & Hove Albion seharga 65,3 juta euro atau setara Rp993 miliar.

Sebagai rekrutan anyar, ia langsung masuk dalam daftar pemain Spanyol dengan biaya transfer termahal yang pernah direkrut klub English Premier League (EPL). Lantas, siapa saja pemain Spanyol dengan biaya transfer termahal di Premier League? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Kepa Arrizabalaga (Chelsea) 

5 Pemain Spanyol dengan Biaya Transfer Termahal di Premier LeagueKepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Kepergian Thibaut Courtois ke Real Madrid membuat Chelsea bergerak mencari penjaga gawang pengganti. Kepa Arrizabalaga pada akhirnya didatangkan ke Stamford Bridge pada musim panas 2018.

Ia digaet dari Athletic Bilbao dengan biaya 80 juta euro atau setara Rp1,2 triliun. Nominal tersebut sampai saat ini masih membuat Kepa sebagai kiper dengan biaya transfer termahal dalam sejarah sepak bola.

Pada awalnya, ia sempat menjadi penjaga gawang utama The Blues. Namun, posisinya mulai tergantikan sejak kehadiran Edouard Mendy. Sejauh ini, Kepa telah memainkan laga sebanyak 123 kali di semua kompetisi bersama Chelsea.

2. Alvaro Morata (Chelsea) 

5 Pemain Spanyol dengan Biaya Transfer Termahal di Premier LeagueAlvaro Morata dalam pertandingan Chelsea melawan West Ham United. (twitter.com/ChelseaFC)

Penampilan apik Alvaro Morata bersama Real Madrid membuat Chelsea jatuh hati. Alhasil, sang pemain diboyong ke Inggris dengan biaya 66 juta euro atau Rp1 triliun pada musim panas 2017.

Ketika itu, Morata menjadi penyerang termahal dalam sejarah The Blues. Sayangnya, harga mahal tidak menjamin Morata bisa tampil tajam di lini serang Chelsea.

Pria asal Spanyol tersebut tercatat hanya mengoleksi 24 gol dari 72 pertandingan di berbagai ajang. Karena dianggap gagal memberikan kontribusi besar, Morata kemudian dilepas Chelsea ke Atletico Madrid pada 2019.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil dengan Biaya Transfer Termahal pada Musim Panas 2022

3. Marc Cucurella (Chelsea) 

5 Pemain Spanyol dengan Biaya Transfer Termahal di Premier LeagueMarc Cucurella (twitter.com/cucurella3)

Marc Cucurella menunjukkan penampilan yang impresif selama berseragam Brighton. Chelsea lalu membawa sang pemain ke Stamford Bridge pada musim panas ini.

Ia direkrut dengan biaya transfer senilai 65,3 juta euro atau sekitar Rp993 miliar. Pemain berusia 24 tahun itu diikat kontrak selama 6 tahun hingga 2028.

Untuk mendapatkan posisi inti di skuad Thomas Tuchel, Cucurella harus bersaing dengan Ben Chilwell di posisi bek sayap kiri. Chilwell sendiri musim lalu jarang tampil karena cedera.

4. Aymeric Laporte (Manchester City) 

5 Pemain Spanyol dengan Biaya Transfer Termahal di Premier LeagueAymeric Laporte (twitter.com/Laporte)

Untuk memperkuat lini pertahanan, Manchester City memutuskan mendatangkan Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao pada Januari 2018. Ia datang ke Stadion Etihad dengan biaya transfer sebesar 65 juta euro atau sekitar Rp988 miliar.

Sampai saat ini, peran sang pemain belum juga tergantikan di jantung pertahanan Manchester City. Laporte tercatat sudah tampil sebanyak 153 pertandingan di semua kompetisi.

Ia juga berhasil menyumbang 12 gol serta 3 assist dari seluruh penampilannya tersebut. Di samping itu, Laporte telah memenangi empat gelar Premier League.

5. Rodri (Manchester City) 

5 Pemain Spanyol dengan Biaya Transfer Termahal di Premier LeagueRodri (twitter.com/ManCity)

Rodri didatangkan Manchester City dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Untuk mendapatkan tanda tangan sang gelandang, The Citizens harus mengeluarkan biaya sebesar 62,7 juta euro atau Rp953 miliar.

Di bawah asuhan Pep Guardiola, ia selalu menjadi andalan di lini tengah. Rodri sejauh ini sudah membukukan 13 gol serta 9 assist dalam 153 pertandingan di semua kompetisi. Pemain berusia 26 tahun itu juga sudah mempersembahkan total lima trofi untuk Manchester City.

Reputasi sepak bola Spanyol yang mentereng membuat sederet klub di atas rela mengeluarkan biaya besar untuk mendatangkan pemain asal Negeri Matador. Chelsea dan Manchester City sangat mendominasi dalam daftar tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya