Comscore Tracker

5 Pemain Spanyol Terbaik Sepanjang Sejarah, Dominasi para Gelandang

Andres Iniesta salah satunya!

Spanyol merupakan salah satu negara yang terus konsisten dalam melahirkan bakat-bakat hebat di atas lapangan. Negara berjuluk La Furia Roja itu seperti tidak pernah kehabisan talenta berkualitas setiap generasinya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Spanyol selalu menjadi unggulan setiap turnamen internasional. Sejumlah nama bahkan berhasil menjadi legenda terbaik untuk Spanyol. Berikut ini lima pemain Spanyol terhebat sepanjang sejarah.

1. Iker Casillas 

5 Pemain Spanyol Terbaik Sepanjang Sejarah, Dominasi para GelandangIker Casillas ketika membela tim nasional Spanyol. (eurosport.com)

Iker Casillas tidak bertubuh seperti kebanyakan penjaga gawang modern. Ia hanya memiliki tinggi 182 cm. Meski tidak terlalu tinggi, tapi ia mempunyai banyak kelebihan, khususnya dalam melakukan penyelamatan. Penjaga gawang yang pernah bermain untuk Real Madrid ini bisa dibilang sebagai salah satu kiper terbaik Spanyol sepanjang sejarah.

Kemampuannya dalam menghentikan tembakan tidak ada duanya. Ia juga dikenal sebagai seorang penjaga gawang yang berani dengan refleks dan kelincahan yang luar biasa. Tidak hanya itu, Casillas juga sangat baik ketika situasi satu lawan satu. Sepanjang kariernya, sang kiper mampu meraih total 21 gelar juara, termasuk satu trofi Piala Dunia.

2. Luis Suarez 

5 Pemain Spanyol Terbaik Sepanjang Sejarah, Dominasi para GelandangLuis Suarez ketika membela Barcelona. (football-espana.net)

Ini bukanlah Luis Suarez yang berasal dari Uruguay. Ini adalah pemain legendaris Spanyol yang merupakan salah satu individu terbaik sepanjang sejarah. Suarez menikmati kariernya ketika berseragam Inter Milan. Bagi yang belum tahu kualitas Suarez, sang pemain ibaratkan gabungan dari Andres Iniesta dan Xavi Hernandez.

Umpan, kreativitas, dan visinya yang luar biasa menjadikannya salah satu gelandang paling berprestasi secara teknis di generasinya. Suarez berhasil memenangi penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1960 ketika masih menjadi pemain Barcelona.

Satu tahun kemudian, ia bergabung bersama Inter Milan dan meraih banyak sekali gelar juara. Prestasi terbaiknya bersama tim nasional Spanyol adalah memenangi Piala Eropa pada tahun 1964.

Baca Juga: 5 Pemain Top Spanyol yang Sukses Bareng Liverpool

3. Xabi Alonso 

5 Pemain Spanyol Terbaik Sepanjang Sejarah, Dominasi para GelandangXabi Alonso ketika membela tim nasional Spanyol. (eurosport.com)

Pada periode 2006 hingga 2012, Spanyol saat itu memiliki banyak sekali gelandang-gelandang hebat. Salah satu nama yang sangat menonjol perannya adalah Xabi Alonso. Ia bisa dibilang sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Alonso adalah tipikal pemain yang pekerja keras dengan disertai teknik luar biasa.

Namanya pertama kali melejit ketika membela Liverpool. Bahkan, ia ikut memainkan peran penting dalam keberhasilan tim meraih gelar Liga Champions musim 2004/2005. Bersama Liverpool, sang pemain mampu memenangi total 4 gelar juara. Sementara bersama Real Madrid, Alonso mampu meraih 5 trofi.

Alonso kemudian hengkang ke Bayern Munchen dengan meraih 5 gelar juara. Tidak berhenti sampai di situ, Alonso juga mampu mempersembahkan 1 trofi Piala Dunia dan 2 gelar Piala Eropa bersama tim nasional Spanyol.

4. Xavi Hernandez 

5 Pemain Spanyol Terbaik Sepanjang Sejarah, Dominasi para GelandangXavi Hernandez ketika membela tim nasional Spanyol. (eurosport.com)

Xavi Hernandez bisa dibilang sebagai playmaker terbaik sepanjang masa. Ia dikenal memiliki akurasi umpan yang sangat baik setiap pertandingannya. Bersama Andres Iniesta, mereka berdua membentuk duet yang sangat menjanjikan di lini tengah Barcelona dan tim nasional Spanyol.

Tercatat duet mereka bertahan beberapa tahun dalam skuad La Furia Roja. Mereka berdua juga bisa saling melengkapi satu sama lain. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Barcelona dan Spanyol pernah berjaya dalam kurun waktu yang cukup lama.

Xavi telah memenangi delapan gelar LaLiga, empat gelar Liga Champions, tiga Copa Del Rey, enam Supercopa de Espana, dua Piala Super Eropa, dan dua Piala Dunia Antarklub bersama Barcelona. Sedangkan bersama Spanyol, ia mampu memenangi Piala Dunia 2010 dan dua kali Piala Eropa edisi 2008 serta 2012.

5. Andres Iniesta 

5 Pemain Spanyol Terbaik Sepanjang Sejarah, Dominasi para GelandangAndres Iniesta ketika membela tim nasional Spanyol. (eurosport.com)

Andres Iniesta adalah pahlawan abadi bagi Barcelona dan tim nasional Spanyol. Satu momen yang sangat diingat darinya adalah gol sang pemain di partai final Piala Dunia 2010 pada menit ke-116 sekaligus mengantarkan Spanyol juara. Sama seperti Xavi, Iniesta juga merupakan produk asli akademi La Masia yang memiliki teknik luar biasa.

Tidak hanya jago mengirimkan umpan, sang pemain juga sangat tenang dalam menghadapi kepungan para lawan. Kehebatan Iniesta membuatnya masuk sebanyak 9 kali dalam starting eleven FIFA FIFPro World.

Iniesta memenangi sembilan gelar LaLiga, empat gelar Liga Champions, enam Copa Del Rey, enam Supercopa de Espana, dua Piala Super Eropa dan tiga Piala Dunia Antarklub bersama Barcelona. Sedangkan bersama Spanyol, ia adalah salah satu sosok penting dalam keberhasilan tim memenangi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 serta 2012.

 

Kualitas kelima pemain tersebut tentu tidak perlu diragukan lagi di atas lapangan. Berkat mereka, klub dan negara berhasil meraih banyak sekali gelar juara. Siapa pemain Spanyol favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Spanyol, Deretan Legenda

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya