5 Pemain yang Tampil Impresif saat Dilatih Mauricio Pochettino

Berkat tangan dingin Pochettino, mereka mampu bermain apik!

Mauricio Pochettino memang belum meraih banyak gelar juara sepanjang kariernya menjadi pelatih. Kendati begitu, pria asal Argentina ini kerap kali menyulap pemain non-bintang menjadi sosok yang luar biasa, terutama ketika masih melatih Tottenham Hotspur.

Sejauh ini, Pochettino sudah menangani banyak sekali pemain bintang. Beberapa nama di antaranya mampu tampil moncer ketika ditangani dirinya. Berikut lima pemain terhebat yang pernah dilatih Pochettino.

1. Harry Kane 

5 Pemain yang Tampil Impresif saat Dilatih Mauricio PochettinoHarry Kane (planetfootball.com)

Harry Kane menemukan ketajamannya ketika dilatih Mauricio Pochettino. Kedua sosok itu bekerja sama di Tottenham Hotspur selama lima tahun. Pada musim debutnya menangani Spurs, Pochettino langsung sukses menjadikan Kane sebagai top skor Premier League dengan torehan 21 gol.

Setelah musim 2014/2015 itu, penyerang asal Inggris tersebut selalu mencetak lebih dari 20 gol setiap musimnya. Bersama Pochettino, ia mampu mengoleksi total 169 gol serta 30 assists dalam 242 penampilan di semua ajang.

2. Christian Eriksen 

5 Pemain yang Tampil Impresif saat Dilatih Mauricio PochettinoChristian Eriksen (planetfootball.com)

Christian Eriksen bisa dibilang sebagai salah satu pemain tersukses yang pernah ditangani Mauricio Pochettino. Pria asal Denmark ini diboyong ke Inggris dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2013.

Walau didatangkan pada era Andre Villas Boas, tetapi sang pemain berada di puncak kariernya saat dilatih Pochettino. Peran Eriksen sangat sentral di lini tengah Tottenham Hotspur.

Umpan-umpannya kerap kali membuahkan gol bagi Spurs. Dalam 255 pertandingan di bawah asuhan Pochettino, Eriksen berhasil membukukan 58 gol dan 76 assists.

Baca Juga: 6 Pemain Paling Diandalkan Mauricio Pochettino Sepanjang Kariernya

3. Son Heung Min

5 Pemain yang Tampil Impresif saat Dilatih Mauricio PochettinoSelebrasi Son Heung-Min ketika mencetak gol ke gawang Brentford. (skysports.com)

Kegemilangan Son Heung Min tentu tidak terlepas dari tangan dingin Mauricio Pochettino. Pemain asal Korea Selatan ini didatangkan Pochettino dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2015.

Tak butuh waktu lama, ia langsung menjelma menjadi sosok yang tajam di kompetisi Premier League. Bahkan, Son sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik Tottenham Hotspur dalam dua musim berturut-turut 2018/2019 dan 2019/2020.

Selain itu, sang pemain juga pernah mendapatkan penghargaan Puskas Award 2020 berkat golnya yang ciamik ke gawang Burnley pada 7 Desember 2019. Selama lima musim dilatih Pochettino, Son mampu mengoleksi 75 gol dan 39 assists dalam 203 laga.

4. Kylian Mbappe 

5 Pemain yang Tampil Impresif saat Dilatih Mauricio PochettinoKylian Mbappe (skysports.com)

Sebelum Mauricio Pochettino melatih PSG, Kylian Mbappe sudah berstatus sebagai salah satu penyerang muda terbaik di kompetisi Eropa. Namun, pelatih asal Argentina itu juga berperan penting dalam meningkatkan ketajaman penyerang asal Prancis tersebut.

Di bawah asuhan Pochettino, Mbappe sudah tampil sebanyak 60 kali di berbagai kompetisi. Dari seluruh pertandingan tersebut, ia berhasil membukukan 50 gol serta 23 assists. Terbaru, Mbappe sukses mengantarkan klubnya menang dari Real Madrid dengan skor tipis 1-0 pada babak 16 besar Liga Champions.

5. Lionel Messi 

5 Pemain yang Tampil Impresif saat Dilatih Mauricio PochettinoLionel Messi (skysports.com)

Lionel Messi adalah salah satu penyerang terbaik sepanjang sejarah. Kala pindah ke PSG, pemain asal Argentina itu memang belum terlalu moncer. Ia sepertinya masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kultur sepak bola Prancis.

Di bawah asuhan Pochettino, La Pulga secara perlahan mulai menemukan sentuhan terbaiknya lagi. Meski baru mencetak 7 gol dan 8 assists dari 21 laga, tetapi kehadiran sang pemain sangat membantu rekan-rekannya di atas lapangan.

 

Mauricio Pochettino akhir-akhir ini sedang dikaitkan dengan Manchester United. Tentu akan menjadi hal yang menarik jika dirinya kembali ke kompetisi Inggris.

Sebab, ia sudah tak asing lagi dengan atmosfer Premier League karena pernah melatih Southampton dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Dibeli Mauricio Pochettino Sepanjang Kariernya

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya