5 Pemain Terakhir yang Menerima Kartu Merah di Piala Dunia

Hennessey jadi nama terbaru yang mendapatkan kartu merah 

Kartu merah pertama lahir di Piala Dunia 2022 Qatar ketika Timnas Wales melawan Timnas Iran, Jumat (25/11/2022). Penjaga gawang Wales, Wayne Hennessey, menerimanya usai menerjang striker Iran, Mehdi Taremi, pada menit ke-86.

Aksi berbahaya Hennessey itu awalnya hanya diberi kartu kuning oleh wasit Mario Escobar. Namun, setelah meninjau VAR, Mario Escobar menggantinya menjadi kartu merah.

Sebelum Hennessey, ada juga sejumlah pemain yang mendapatkan kartu merah di Piala Dunia. Untuk menyegarkan ingatan football lovers, berikut ulasan kelima pemain terakhir yang menerima kartu merah secara langsung di Piala Dunia.

1. Michael Lang (Swiss) 

5 Pemain Terakhir yang Menerima Kartu Merah di Piala DuniaMichael Lang (twitter.com/borussia_en)

Michael Lang mendapatkan kartu merah di Piala Dunia 2018. Ia diusir dari lapangan saat Timnas Swiss melawan Timnas Swedia pada babak 16 besar. Lang melakukan dorongan terhadap pemain Swedia, Martin Olsson, yang berada dalam posisi satu lawan satu menghadapi penjaga gawang.

Kartu merah yang diterima Lang tersebut tidak berpengaruh banyak dalam jalannya laga. Sebab, sang pemain dikeluarkan dari lapangan ketika akhir babak kedua, tepatnya pada menit ke-90+4. Di laga itu, Swiss kalah dari Swedia dengan skor 0-1.

2. Carlos Sanchez (Kolombia) 

5 Pemain Terakhir yang Menerima Kartu Merah di Piala DuniaKylian Mbappe dan Carlos Sanchez dalam pertandingan Timnas Prancis melawan Timnas Kolombia. (twitter.com/FCFSeleccionCol)

Pertandingan melawan Timnas Jepang di Piala Dunia 2018 sepertinya menjadi salah satu momen terburuk dalam karier Carlos Sanchez. Bagaimana tidak, ketika laga baru berjalan tiga menit, gelandang Timnas Kolombia itu dihadiahi kartu merah oleh wasit. Ia dianggap menghalau tendangan pemain Jepang dengan tangannya.

Akibat kartu merah itu, Kolombia kalah dengan skor 1-2 dari Jepang. Beruntungnya, Sanchez kala itu tetap bisa membawa negaranya lolos ke babak 16 besar sebelum akhirnya dikalahkan Timnas Inggris dengan skor 4-5 lewat adu penalti.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

3. Steven Defour (Belgia) 

5 Pemain Terakhir yang Menerima Kartu Merah di Piala DuniaSteven Defour (twitter.com/BelRedDevils)

Steven Defour dipercaya tampil sebagai starter dalam laga ketiga Timnas Belgia di Grup H Piala Dunia 2014. Menghadapi Timnas Korea Selatan, Defour saat itu hanya bermain selama 45 menit. Sebab, pada penghujung babak pertama, ia menerima kartu merah dari wasit.

Ia dipaksa keluar lapangan secara langsung karena melancarkan tekel keras kepada Kim Shin-wook. Meski kalah jumlah pemain, Belgia tetap mampu mengakhiri laga dengan raihan tiga poin. Gol Jan Vertonghen pada menit ke-78 jadi satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan tersebut.

4. Antonio Valencia (Ekuador) 

5 Pemain Terakhir yang Menerima Kartu Merah di Piala DuniaAntonio Valencia (twitter.com/anto_v25)

Timnas Ekuador mengusung misi meraih tiga angka ketika menghadapi Timnas Prancis di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2014. Pelatih Timnas Ekuador, Reinaldo Rueda, menurunkan kekuatan terbaiknya dalam pertandingan itu, termasuk memainkan sang kapten, Antonio Valencia.

Diharapkan menjadi pembeda, Valencia justru diganjar kartu merah pada menit ke-50 setelah mencederai Lucas Digne. Bermain dengan sepuluh pemain, Ekuador dibombardir oleh Karim Benzema dan kolega. Beruntungnya, penjaga gawang Ekuador, Alexander Dominguez, tampil apik di bawah mistar gawang dan membuat laga berakhir dengan skor 0-0.

5. Claudio Marchisio (Italia) 

5 Pemain Terakhir yang Menerima Kartu Merah di Piala DuniaClaudio Marchisio (twitter.com/Azzurri)

Claudio Marchisio memiliki kisah tidak menyenangkan bersama Timnas Italia ketika berlaga di Piala Dunia 2014. Berada dalam posisi hidup mati dalam pertandingan terakhir babak fase grup kontra Uruguay, Italia justru tumbang dengan skor 0-1. Marchisio kala itu dianggap sebagai kambing hitam karena menerima kartu merah langsung pada menit ke-60.

Sang gelandang harus keluar lapangan karena melanggar Egidio Arevalo. Tampil dengan sepuluh pemain, Italia gagal menahan gempuran dari Uruguay. Mereka pun kebobolan oleh Diego Godin pada menit ke-81.

Piala Dunia 2022 Qatar saat ini baru memasuki matchday kedua fase grup. Dengan demikian, bukan tidak mungkin bakal ada lagi kartu merah yang keluar dari saku wasit.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Paling Sering Terkena Kartu Kuning dan Kartu Merah

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya