Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik Arsenal dalam Sejarah Kompetisi Premier League

Mereka memberikan dedikasi yang luar biasa untuk klub

Arsenal memang mengalami sedikit penurunan dalam beberapa tahun terakhir di Premier League. Walau begitu, hal tersebut sepertinya tidak banyak mempengaruhi status Arsenal sebagai tim papan atas. Dalam sejarahnya, klub yang memiliki julukan The Gunners itu selalu diperkuat pemain berkualitas setiap musimnya.

Beberapa nama di antaranya bahkan sukses mengantarkan Arsenal meraih sejumlah trofi bergengsi dan memberikan pengaruh sangat besar. Berikut ini lima pemain terbaik Arsenal dalam sejarah Premier League.

1. Patrick Vieira 

5 Pemain Terbaik Arsenal dalam Sejarah Kompetisi Premier LeaguePatrick Vieira. (90min.com)

Setelah gagal di AC Milan, Patrick Vieira memilih bergabung dengan Arsenal pada Agustus 1996. Pemain asal Prancis itu berhasil menemukan performa terbaiknya bersama klub London Utara tersebut. Semua itu tidak terlepas dari visi permainan sang gelandang yang menjanjikan. Umpan-umpannya kerap kali menghasilkan gol untuk The Gunners.

Pada tahun 2002, Vieira diangkat menjadi kapten baru klub karena Tony Adams memutuskan untuk gantung sepatu. Selama sembilan musim berseragam Arsenal, Vieira sukses mempersembahkan 10 gelar domestik. Tidak hanya itu, ia juga mampu tampil sebanyak 396 pertandingan di semua ajang dan membukukan 32 gol serta 43 assist.

2. Tony Adams 

5 Pemain Terbaik Arsenal dalam Sejarah Kompetisi Premier LeagueTony Adams. (90min.com)

Adams lulus dari akademi Arsenal pada tahun 1983 dan langsung memantapkan dirinya sebagai salah satu pemain reguler di starting eleven. Pria berpaspor Inggris ini dikenal sebagai sosok bek yang memiliki kemampuan tekel dan fisik bagus. Bersama Lee Dixon, Nigel Winterburn, dan Steve Bould, mereka berhasil membuat lini pertahanan Arsenal sangat solid pada masanya.

Adams membantu Arsenal memenangi trofi Premier League pertama dalam 18 tahun pada 1989. Ia kemudian mengantarkan tim meraih gelar domestik lagi, yaitu 3 trofi Piala FA dan 2 Piala Liga Inggris. Pada usia 21 tahun, Adams diangkat menjadi kapten baru Arsenal dan memberikan kontribusi terbaiknya sampai pensiun pada tahun 2001.

Baca Juga: Debut Memalukan Arsenal, Ditekuk 0-2 oleh Brentford! 

3. Ian Wright 

5 Pemain Terbaik Arsenal dalam Sejarah Kompetisi Premier LeagueIan Wright. (90min.com)

Meskipun hanya menghabiskan 7 tahun bersama Arsenal, Ian Wright dengan cepat membuktikan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa sebelum akhirnya dilewati oleh Thierry Henry. Penyerang asal Inggris ini bergabung dengan Arsenal pada tahun 1991 dari Crystal Palace. Wright menemukan sebagian besar kesuksesannya di Arsenal saat bermain di bawah George Graham.

Ia secara teratur menduduki daftar teratas top skor Premier League dan membantu klub London Utara itu mencapai final Piala Winners Eropa pada tahun 1994. Kehadiran Dennis Bergkamp dan Arsene Wenger semakin membantu Wright mempertahankan rekor golnya, bahkan saat ia memasuki usia tiga puluhan. Wright akhirnya menjuarai Premier League bersama Arsenal di usia 34 tahun pada musim 1997/1998.

4. Thierry Henry 

5 Pemain Terbaik Arsenal dalam Sejarah Kompetisi Premier LeagueThierry Henry. (90min.com)

Thierry Henry tidak diragukan lagi merupakan salah satu pemain Arsenal terhebat sepanjang masa. Penyerang asal Prancis itu memiliki dua periode bersama The Gunners sejak tahun 1999 hingga 2007 dan masa pinjaman singkat pada 2012. Ketika Henry pertama kali bergabung dengan Arsenal dari Juventus, tidak banyak yang memperhitungkannya.

Di musim debutnya, ia mencetak 26 gol dan membantu Arsenal finis di urutan kedua Premier League. Kerja keras Henry segera terbayar saat ia mengangkat gelar Premier League dan trofi Piala FA musim 2001/2002. Ia juga menyelesaikan musim sebagai pencetak gol terbanyak Premier League dan mencetak 32 gol di semua kompetisi. Setelah menetapkan harapan yang tinggi untuk semua penggemar Arsenal, Henry sekali lagi memainkan peran penting di musim 2003/2004 saat tim tidak mengalami kekalahan satu kalipun di Premier League.

5. Dennis Bergkamp 

5 Pemain Terbaik Arsenal dalam Sejarah Kompetisi Premier LeagueDennis Bergkamp. (goal.com)

Jika tak ada Dennis Bergkamp, barangkali Henry dan Wright mungkin tidak akan memiliki karier yang sukses di Arsenal. Bergkamp sendiri bergabung dengan The Gunners pada tahun 1995 dari Inter Milan. Dalam 407 penampilannya untuk Arsenal, ia berhasil mencetak 111 gol dan 93 assist.

Meskipun ia mencetak gol jauh lebih sedikit daripada Henry dan Wright, kontribusi pemain asal Belanda itu untuk klub tidak kalah signifikan. Sebagai bentuk penghormatan karena dedikasinya yang luar biasa, Arsenal membuatkan patung Bergkamp di luar Stadion Emirate Stadium. Ia juga menjadi satu-satunya pemain Belanda yang masuk dalam Hall of Fame Premier League.

 

Para pendukung Arsenal tentu mengharapkan tim kesayangannya bisa lagi menemukan pemain-pemain hebat seperti daftar ini. Dari lima pemain tersebut, siapa pemain idolamu, Gooners?

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Masih Bermain di Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya