Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik Manchester United Era Sir Alex Ferguson, Ada Ronaldo!

Di bawah Ferguson, MU berhasil meraih banyak trofi 

Sir Alex Ferguson bisa dibilang sebagai pelatih tersukses sepanjang sejarah Manchester United. Pasalnya, pria asal Skotlandia itu berhasil memenangkan total 38 trofi selama 27 musim di Old Trafford. Selama waktunya itu, ia telah bekerja sama dengan lebih dari 400 pemain berbeda.

Dari ratusan pemain itu, beberapa di antaranya berhasil tampil istimewa dan tak tergantikan perannya. Berikut lima pemain terbaik Manchester United era Sir Alex Ferguson.

1. Michael Carrick 

5 Pemain Terbaik Manchester United Era Sir Alex Ferguson, Ada Ronaldo!Michael Carrick (90min.com)

Michael Carrick merupakan salah satu gelandang bertahan yang sangat menjanjikan ketika dilatih oleh Sir Alex Ferguson. Meski jarang terlibat gol, tapi sang pemain sebenarnya memainkan peran yang sangat penting dan solid di lini tengah Manchester United. Carrick tercatat membela Setan Merah selama 12 musim dari 2006 hingga 2018.

Dari 291 pertandingan di semua ajang, Carrick mampu menciptakan 17 gol serta 21 assists. Tidak hanya itu, ia juga berhasil memenangkan total 18 trofi, termasuk 5 gelar Premier League.

2. Paul Scholes 

5 Pemain Terbaik Manchester United Era Sir Alex Ferguson, Ada Ronaldo!Paul Scholes (90min.com)

Paul Scholes adalah salah satu lulusan terbaik akademi Manchester United. Ia promosi ke tim utama Setan Merah pada musim 1994/1995. Di bawah Sir Alex Ferguson, Scholes langsung menjelma menjadi sosok yang sangat menjanjikan. Bahkan banyak yang menyebut sang pemain sebagai gelandang terbaik pada masanya.

Ia total bermain untuk Manchester United sebanyak 720 pertandingan di semua kompetisi. Bersama Sir Alex Ferguson, Scholes berhasil memenangi total 25 gelar juara. Keduanya kebetulan juga sama-sama meninggalkan Manchester United pada tahun 2013.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Manchester United dalam Satu Dekade Terakhir

3. Ryan Giggs 

5 Pemain Terbaik Manchester United Era Sir Alex Ferguson, Ada Ronaldo!Ryan Giggs (90min.com)

Sama seperti Paul Scholes, Ryan Giggs juga menghabiskan seluruh kariernya untuk Manchester United. Bedanya, Giggs masih terus membela Setan Merah hingga usia 41 tahun. Karena dedikasi dan loyalitasnya itu, sang pemain dianggap sebagai legenda klub.

Giggs tercatat berhasil menciptakan 164 gol serta 250 assists dari 940 pertandingan bagi Manchester United. Setelah meraih semua gelar juara, ia memutuskan untuk pensiun pada tahun 2014. Sempat menjadi pelatih United saat menggantikan Moyes, kini Giggs menjadi pelatih untuk tim nasional Wales.

4. Wayne Rooney 

5 Pemain Terbaik Manchester United Era Sir Alex Ferguson, Ada Ronaldo!Wayne Rooney (planetfootball.com)

Wayne Rooney didatangkan oleh Manchester United dari Everton pada 2004. Ketika itu, sang pemain direkrut dengan biaya sebesar 37 juta euro atau setara Rp608 miliar. Nominal tersebut tergolong sangat mahal untuk pemain yang saat itu masih berusia 18 tahun.

Di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, Rooney terlihat seperti menemukan performa terbaiknya. Ia langsung menjadi mesin gol utama Manchester United selama bertahun-tahun. Bahkan Rooney sampai saat ini masih berstatus sebagai pencetak gol terbanyak Setan Merah dengan torehan 253 gol.

5. Cristiano Ronaldo 

5 Pemain Terbaik Manchester United Era Sir Alex Ferguson, Ada Ronaldo!Cristiano Ronaldo (goal.com)

Sir Alex Ferguson merupakan sosok yang berhasil mengubah Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola terhebat di dunia. Berkat didikan pelatih asal Skotlandia itu, CR7 tumbuh menjadi pemain yang sangat andal dalam urusan mencetak gol. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Ronaldo menganggap Fergie sebagai figur ayah, baik di dalam maupun luar lapangan.

Meski sempat meninggalkan Old Trafford pada tahun 2009 lalu, kini Ronaldo kembali lagi menggunakan seragam Setan Merah. Walau usianya sudah tak lagi muda, Ronaldo nyatanya masih tampil sensasional. Buktinya ia sudah mengoleksi 5 gol dari 6 laga bersama Manchester United musim ini.

 

Itulah lima pemain terbaik Manchester United era Sir Alex Ferguson. Selain kelima nama tersebut, Ferguson tentu juga mengandalkan para pemain lainnya. Momen apa saja yang paling kamu ingat ketika Ferguson menangani Setan Merah?

Baca Juga: 5 Pemain dengan Aksi Debut Terbaik dalam Sejarah Manchester United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya