Comscore Tracker

5 Pemain Terhebat Inggris Sepanjang Sejarah, Ada Legenda Liverpool!

Didominasi oleh para penyerang! 

Inggris bisa dibilang sebagai salah satu negara yang sangat maju dalam urusan sepak bola. Hampir semua pemain hebat di dunia bermimpi ingin melanjutkan kariernya di Inggris. Meski kompetisi Premier League diisi banyak sekali para pemain hebat dari negara lain, Inggris tetap konsisten untuk melahirkan bakat-bakat mumpuni.

Beberapa pemain di antaranya bahkan mampu tampil apik dan menjadi legenda. Berikut ini lima pemain terbaik Inggris sepanjang sejarah.

1. Sir Bobby Charlton 

5 Pemain Terhebat Inggris Sepanjang Sejarah, Ada Legenda Liverpool!Sir Bobby Charlton. (thesefootballtimes.co)

Sir Bobby Charlton dianggap banyak orang sebagai salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa. Ia memainkan peran penting dalam keberhasilan tim nasional Inggris meraih gelar Piala Dunia 1996. Di tahun yang sama, sang penyerang juga sukses memenangi penghargaan individu, yaitu Ballon d’Or.

Charlton sempat menjadi top skor tim nasional Inggris dengan torehan 49 gol dalam 106 pertandingan. Namun, catatan tersebut berhasil dilewati oleh Wayne Rooney pada tahun 2015. Di level klub, Charlton menghabiskan kariernya bersama Manchester United selama 17 musim. Selama waktunya itu, ia berhasil memenangi banyak gelar dan mencetak 249 gol dari 758 pertandingan.

2. Wayne Rooney 

5 Pemain Terhebat Inggris Sepanjang Sejarah, Ada Legenda Liverpool!Wayne Rooney. (skysports.com)

Meski gagal meraih gelar juara bersama The Three Lions, Wayne Rooney tetap menjadi salah satu pemain terbaik yang dimiliki Inggris. Ia saat ini berstatus sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang sejarah dengan torehan 53 gol. Tidak hanya itu, sang penyerang juga mencatatkan dirinya sebagai pemain kedua dengan penampilan terbanyak di tim nasional Inggris, yaitu 120 kali.

Rooney sejauh ini sudah memenangi penghargaan pemain terbaik Inggris sebanyak 4 kali. Di level klub, sang pemain menikmati banyak kesuksesan ketika bermain bersama Manchester United. Ia saat ini bahkan memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Setan Merah dengan catatan 253 gol dari 559 pertandingan. Rooney juga membantu Manchester United memenangi lima gelar Premier League, Piala FA, tiga Piala Liga Inggris, Liga Champions, dan Liga Europa.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Menolak Kesempatan Membela Timnas Inggris

3. Gary Lineker 

5 Pemain Terhebat Inggris Sepanjang Sejarah, Ada Legenda Liverpool!Gary Lineker. (sportinglife.com)

Sebelum terkenal sebagai presenter dan pandit sepak bola, Gary Lineker telah membuktikan dirinya sebagai salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Inggris. Pria yang saat ini berusia 60 tahun itu masih berstatus sebagai pencetak gol terbanyak ketiga The Three Lions dengan torehan 48 gol dari 80 pertandingan.

Lineker juga menjadi pemain Inggris pertama yang berhasil meraih sepatu emas di kompetisi Piala Dunia. Ia meraih gelar tersebut setelah membukukan 6 gol dalam Piala Dunia tahun 1986. Sementara di level klub, ia pernah membela beberapa tim, seperti Leicester City, Everton dan Tottenham Hotspur. Lebih hebatnya lagi, Lineker pernah meraih sepatu emas Premier League bersama tiga klub berbeda itu.

4. Steven Gerrard 

5 Pemain Terhebat Inggris Sepanjang Sejarah, Ada Legenda Liverpool!Steven Gerrard. (skysports.com)

Steven Gerrard secara luas dianggap sebagai salah satu gelandang paling berbakat dan sukses di Inggris. Meski gagal membawa negaranya meraih juara, performa sang pemain setidaknya tidak pernah mengecewakan ketika membela Inggris. Ia saat ini menjadi pemain Inggris dengan caps terbanyak keempat dengan 114 penampilan.

Ia pernah mewakili Inggris di kejuaraan Eropa pada tahun 2000, 2004, dan 2012 serta Piala Dunia pada tahun 2006, 2010, dan 2014. Gerrard sendiri diangkat sebagai kapten tim nasional Inggris sejak tahun 2012. Pria yang saat ini berusia 41 tahun tersebut tercatat hanya bermain untuk Liverpool di kompetisi Inggris. Ia total menghabiskan 17 tahun bersama klub itu dan mencetak 186 gol dari 710 pertandingan. Ia juga turut membantu Liverpool memenangi dua Piala FA, tiga Piala Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Winners UEFA.

5. John Terry 

5 Pemain Terhebat Inggris Sepanjang Sejarah, Ada Legenda Liverpool!John Terry. (theguardian.com)

Mantan kapten Chelsea dan Inggris ini dianggap sebagai salah satu bek terhebat yang pernah bermain di kompetisi Premier League. John Terry menghabiskan sebagian besar kariernya bersama The Blues. Ia tercatat mampu tampil sebanyak 717 pertandingan dan membukukan 67 gol.

Selama 19 musim di Stamford Bridge, Terry mampu membantu Chelsea meraih lima gelar Premier League, lima Piala FA, lima Piala Liga Inggris, dan Liga Champions. Sementara bersama tim nasional Inggris, ia mampu tampil sebanyak 78 kali.

Inggris sendiri saat ini sedang berada di periode emas dengan memiliki banyak sekali pemain-pemain berkualitas. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika The Three Lions sangat dijagokan untuk meraih gelar Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Tengah Top Inggris yang Belum Pernah Dipanggil Timnas Inggris

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya