8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal 

Didominasi oleh Benfica dan Porto 

Primeira Liga merupakan kompetisi sepak bola tertinggi di Portugal. Walau tak setenar Premier League (Inggris) atau La Liga (Spanyol), Primeira Liga cukup menyedot perhatian karena diisi pemain-pemain muda potensial. Tak jarang, para klub elite Eropa pun membeli pemain dari tim-tim asal Portugal.

Dua klub yang paling sering menghasilkan pemain berkualitas adalah Benfica dan Porto. Kedua tim itu juga paling sering menjuarai Primeira Liga.

Dalam sejarahnya, terdapat sejumlah pemain termahal yang pernah dijual para klub Primeira Liga. Lantas, siapa sajakah pemain itu? Berikut ulasannya.

1. Joao Felix – 127,2 juta euro

8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal en.as.com

Joao Felix merupakan pemain termahal yang pernah dijual oleh klub Portugal. Ia dibeli oleh Atletico Madrid dengan biaya 127,2 juta euro atau sekitar Rp2,17 triliun dari Benfica pada musim panas tahun lalu.

Nilai tersebut sekaligus menjadikan sang pemain sebagai rekrutan termahal Atletico Madrid sepanjang sejarah. Kini, ia mulai menemukan performa terbaiknya dalam beberapa laga terakhir.

2. Ruben Dias – 68 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal instagram.com/rubendias/

Ruben Dias menjadi rekrutan termahal Manchester City di musim panas ini. Ia diboyong oleh raksasa Premier League tersebut dengan biaya 68 juta euro atau sekitar Rp1,16 triliun.

Pemain berusia 23 tahun itu diikat kontrak selama 6 musim hingga tahun 2026. Dias sendiri merupakan produk asli akademi Benfica.

3. Bruno Fernandes – 55 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal skysports.com

Sejak pertama kali bergabung dengan Manchester United, peran Bruno Fernandes di lini tengah tak tergantikan. Bahkan di musim lalu, ia berhasil mengantarkan Setan Merah tak terkalahkan di sisa pertandingan Premier League.

Performa apiknya itu membuat sang pemain menjadi idola baru bagi publik Old Trafford. Fernandes sendiri digaet oleh MU dengan biaya 55 juta euro atau sekitar Rp938 miliar dari Sporting Lisbon pada musim dingin 2020.

4. Eder Militao – 50 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal standard.co.uk/AFP/Getty Images

Meski hanya bermain selama 1 musim, Eder Militao berhasil tampil menjanjikan bersama Porto. Alhasil, ia direkrut oleh Real Madrid dengan biaya 50 juta euro atau sekitar Rp853 miliar pada musim panas tahun lalu.

Sayang, pemain asal Brasil itu gagal bersinar di musim debutnya. Militao lebih sering duduk di bangku cadangan daripada bermain di atas lapangan. Ia gagal menggeser duet Sergio Ramos dan Raphael Varane di lini belakang.

Baca Juga: Wolverhampton, Mini Portugal di Liga Inggris

5. Eliaquim Mangala – 45 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal Manchester City FC/Press Association Images

Sebelum memiliki Eder Militao, Porto pernah mempunyai bek tangguh lain dalam diri Eliaquim Mangala. Pemain asal Prancis itu menjadi momok yang cukup menyeramkan bagi para penyerang lawan.

Berkat performa konsistennya itu, ia digaet oleh Manchester City pada musim panas 2014. Biaya yang harus dikeluarkan oleh raksasa Premier League itu sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp767 miliar. Sempat beberapa kali dipinjamkan, kini Mangala bermain untuk Valencia.

6. James Rodriguez – 45 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal Tony McArdle - Everton FC/Everton FC/Getty Images

Porto menjadi klub Eropa pertama yang dibela oleh James Rodriguez. Bersama Porto, ia bermain selama 3 musim dan mampu bermain sangat dominan di lini tengah. Hal tersebut membuat harganya melambung dan menjadi incaran banyak klub Eropa.

Pemain asal Kolombia itu kemudian melanjutkan kariernya bersama AS Monaco setelah dibeli dengan biaya 45 juta euro atau sekitar Rp767 miliar. Sempat membela Real Madrid dan Bayern Munchen, James kini bermain untuk Everton.

7. Fabio Silva – 40 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal wolves.co.uk

Sebuah langkah besar diambil oleh Wolverhampton Wanderers untuk memboyong Fabio Silva dari Porto. Biaya sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp682 miliar dikeluarkan oleh klub berjuluk Wolves itu.

Silva sendiri sebenarnya bermain tak terlalu mencolok bersama Porto. Ia hanya bermain sebanyak 21 laga dan menciptakan 3 gol serta 2 assist. Di ajang bergengsi seperti Premier League, ia bisa saja menjadi pemain bintang, namun tidak menutup kemungkinan bakal sebaliknya.

8. Ederson Moraes – 40 juta euro 

8 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Primeira Liga Portugal goal.com/Getty Images

Nama terakhir yang berada di daftar ini adalah kiper asal Brasil, Ederson Moraes. Kiper berusia 27 tahun ini dibeli oleh Manchester City dari Benfica dengan biaya 40 juta euro atau sekitar Rp682 miliar pada musim panas 2017.

Meski terbilang cukup mahal, Ederson berhasil membuktikan kualitasnya sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Sampai saat ini, perannya pun tak tergantikan dan selalu menjadi kiper utama bagi Manchester City sejak awal kedatangannya.

 

Meski jarang diperhitungkan ketika mengikuti kompetisi bergengsi Eropa, buktinya para klub Primeira Liga Portugal mampu menjadi memasok pemain-pemain berkualitas. Akankah musim depan rekor transfer baru kembali tercipta?

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Diboyong Klub Premier League dari Liga Portugal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya