Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Liga Champions 

Ada Ansu Fati dan Lionel Messi! 

Liga Champions merupakan ajang paling bergengsi di Eropa bahkan dunia. Kompetisi yang mempertemukan klub-klub hebat tersebut selalu menyajikan pertandingan seru dan menegangkan. Salah satu tim yang sering memenangi Liga Champions adalah Barcelona.

Kesuksesan klub asal Catalan itu dalam meraih lima gelar Liga Champions tentu karena skuat yang mumpuni dan merata. Bahkan tak jarang, Barcelona memberanikan diri untuk menurunkan pemain mudanya. Lantas, siapa pemain termuda yang pernah melakukan debut di Liga Champions bersama Barcelona? Berikut ulasannya.

1. Ansu Fati 

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Liga Champions goal.com

Ansu Fati memulai debutnya di Liga Champions bersama Barcelona saat umurnya masih 16 tahun, 10 bulan, dan 17 hari. Saat itu, Barcelona melawan Borussia Dortmund di Signal Iduna Park yang dihelat pada 17 September 2019. Dalam pertandingan yang usai dengan skor 0-0 tersebut, Fati bermain sejak menit pertama sebelum akhirnya digantikan oleh Lionel Messi pada menit ke-59.

Meski usianya masih sangat muda, pemain asal Spanyol itu saat ini sudah menjadi andalan di lini depan Barcelona. Di awal musim ini, ia mampu tampil menjanjikan dengan catatan 4 gol dan 2 assist dari 5 pertandingan. Tak ayal, harga Fati saat ini melambung tinggi di angka 80 juta euro. Nilai itu menjadikannya sebagai wonderkid termahal di dunia saat ini.

2. Bojan Krkic 

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Liga Champions barcablaugranes.com

Bojan Krkic promosi ke skuat utama Barcelona pada tahun 2007. Pada tahun itulah, ia juga melakukan debut di Liga Champions. Dalam laga melawan Olympique Lyon, Bojan saat itu masih berusia 17 tahun dan 22 hari. Meski hanya bermain beberapa menit menjelang pertandingan berakhir, setidaknya laga itu sangat berkesan dan menjadi pelecut semangat untuk Bojan.

Alhasil setelah pertandingan itu, ia lebih sering diberi menit bermain oleh pelatih Barcelona saat itu, Frank Rijkaard. Selama berkostum Barcelona, Bojan berhasil memenangi 14 trofi, termasuk 2 gelar Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Abad 21, Bertalenta!

3. Lionel Messi 

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Liga Champions goal.com

Pemain satu ini tentu tidak asing lagi bagi pencinta sepak bola, yakni Lionel Messi. Mega bintang asal Argentina itu merupakan salah satu pemain yang debut bersama Barca di usia muda. Pertandingan pertama Messi di Liga Champions terjadi pada 7 Desember 2004.

Pada laga itu, penyerang sayap ini masih berusia 17 tahun, 5 bulan, dan 13 hari. Meski harus kalah 2-0 dengan Shakhtar Donetsk, Messi mendapatkan pengalaman berharga dalam pertandingan itu. Dalam perjalanan 16 tahun bermain sebagai pesepak bola profesional, legenda Barca ini telah membukukan 636 gol dan 280 assist dari 736 pertandingan di semua ajang.

4. Nano 

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Liga Champions mundodeportivo.com

Nano atau memiliki nama lengkap Fernando Macedo da Silva Rodilla ini merupakan pemain lulusan akademi Barcelona. Ia promosi ke skuat utama pada tahun 1999. Debutnya di Liga Champions terbilang cukup istimewa. Nano yang saat itu masih berusia 17 tahun, 6 bulan, dan 7 hari berhasil mengantarkan Barcelona menang 5-0 atas klub Swedia, AIK.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini memainkan laga pertamanya itu pada 27 Oktober 1999. Sayang, karier sang pemain tak bertahan lama di Barcelona. Ia kemudian memutuskan meninggalkan klub dan bergabung bersama Atletico Madrid. Sempat berganti-ganti tim, Nano memutuskan gantung sepatu pada tahun 2018. Klub terakhir yang dibelanya adalah Racing Ferrol.

5. Gerard Deulofeu 

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Liga Champions bleacherreport.com

Sempat diprediksi sebagai pemain yang menjanjikan di usia muda, Gerard Deulofeu gagal memenuhi potensinya di skuat utama Barcelona. Meski demikian, ia berhasil masuk buku sejarah Barcelona karena mampu bermain di Liga Champions di usia muda. Pemain yang lahir di Riudarenes, Spanyol itu mencatatkan diri sebagai salah satu pemain termuda yang melakukan debut di Liga Champions saat usianya masih 17 tahun, 8 bulan, dan 23 hari.

Dalam pertandingan melawan BATE Borisov yang diselenggarakan pada 6 Desember 2011, ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-70 untuk menggantikan Rafinha. Selama membela Barcelona, Deulofeu hanya memainkan 6 pertandingan di Liga Champions. Meski usianya baru 26 tahun, ia saat ini kesulitan untuk mendapatkan tempat inti bersama Udinese Calcio.

Meski mampu mencatatkan diri di buku rekor Barcelona, hanya ada beberapa pemain saja yang mampu tampil bagus bersama Blaugrana pada tahun-tahun selanjutnya. Kini, tinggal Fati dan Messi yang masih membela Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Bayern Munchen di Bundesliga 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya