5 Pemain Termuda yang Debut bersama Arsenal di Abad 21, Ada Fabregas!

Arsenal cukup sering mempromosikan para pemain mudanya

Arsenal merupakan tim yang sangat familier dengan pemain muda. The Gunners cukup sering mempromosikan bakat-bakat mudanya di skuad utama. Kemampuan Arsenal dalam mengolah para pemain muda tersebut memang patut diapresiasi karena hampir sebagian nama sukses berkarier di kompetisi top Eropa.

Sejak abad ke-21, klub yang bermarkas di Emirates Stadium itu beberapa kali mengorbitkan pemain yang berusia 16 tahun ke tim senior. Namun, tidak semua pemain sukses selama kariernya di Arsenal. Dari Fabregas hingga Traore, berikut 5 pemain termuda yang debut di Arsenal sejak abad ke-21.

Baca Juga: Fabregas Yakin Messi Akan Mengakhiri Karier di Barcelona

1. Cesc Fabregas

5 Pemain Termuda yang Debut bersama Arsenal di Abad 21, Ada Fabregas!skysports.com

Cesc Fabregas menjadi pemain termuda yang debut bersama Arsenal di abad ke-21. Fabregas bukanlah pemain yang berasal dari akademi Arsenal. Ia digaet The Gunners dari akademi Barcelona pada September 2003. Meski usianya masih sangat muda, gelandang asal Spanyol itu sudah mendapatkan kepercayaan bermain dari Arsene Wenger di tim utama.

Di kompetisi Piala Liga Inggris, Fabregas memulai debutnya bersama Arsenal pada 28 Oktober 2003. Ketika itu ia dimainkan sebagai starter saat Arsenal melawan Rotherham United. Sang pemain kemudian digantikan oleh Quincy Owusu-Abeyie menjelang laga berakhir. Usia Fabregas saat itu masih 16 tahun, 5 bulan, dan 24 hari.

2. Jack Wilshere

5 Pemain Termuda yang Debut bersama Arsenal di Abad 21, Ada Fabregas!planetfootball.com

Jack Wilshere merupakan salah satu lulusan akademi Arsenal yang memiliki kualitas mumpuni. Ia bahkan sempat diprediksi akan menjadi bintang besar di Emirates Stadium. Sang pemain promosi ke tim utama pada tahun 2008. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu memainkan laga pertamanya saat berusia 16 tahun, 8 bulan, dan 12 hari.

Di ajang Premier League, Wilshere masuk sebagai pemain pengganti saat pertandingan Arsenal melawan Blackburn Rovers pada 13 September 2008. Meski hanya bermain selama 6 menit, catatan itu sangat berkesan bagi sang pemain. Sayangnya, masalah cedera membuat ia gagal menunjukkan potensi terbaiknya selama membela Arsenal. Alhasil, ia dilepas secara gratis ke West Ham United pada tahun 2018. Kini, ia bermain bersama klub Championship, AFC Bournemouth.

3. Ryan Smith

5 Pemain Termuda yang Debut bersama Arsenal di Abad 21, Ada Fabregas!arseblog.news

Sama seperti Fabregas, Ryan Smith juga memulai debutnya di pertandingan Piala Liga Inggris saat melawan Rotherham United. Di laga yang harus dilanjutkan hingga babak adu penalti itu, Smith masuk menggantikan Jerome Thomas pada menit ke-73. Walau masih berusia 16 tahun, 11 bulan, dan 18 hari, ia dipercayai untuk mengambil tendangan penalti dan sukses melakukannya dengan baik.

Sayangnya, karier sang pemain hanya seumur jagung di Arsenal. Ia tak mampu menembus skuad utama di tim asuhan Arsene Wenger. Alhasil, Smith sempat dipinjamkan ke Leicester City sebelum akhirnya dilepas secara gratis ke Derby County pada tahun 2006. Sempat bergonta-ganti tim, pemain yang saat ini berusia 34 tahun itu tak lagi memiliki klub sejak tahun 2013. Tim terakhir yang dibelanya adalah klub Yunani, Skoda Xanthi.

4. Gedion Zelalem

5 Pemain Termuda yang Debut bersama Arsenal di Abad 21, Ada Fabregas!mlssoccer.com

Gedion Zelalem merupakan pesepak bola yang berasal dari Amerika Serikat berdarah Jerman. Ia pindah ke akademi Arsenal dari tim Amerika Serikat pada Januari 2013. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini memulai debutnya bersama tim utama setahun kemudian, tepatnya pada 24 Januari 2014.

Di ajang Piala FA saat melawan Coventry City, Zelalem masuk menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-71. Ketika itu, usia sang pemain masih 16 tahun, 11 bulan, dan 29 hari. Sayangnya, ia hanya mencatatkan 4 pertandingan selama di tim utama Arsenal. Karena minimnya menit bermain, Zelalem beberapa kali dipinjamkan sebelum akhirnya dilepas pada Maret 2019. Kini, ia tidak memiliki klub setelah dilepas oleh klub Major League Soccer, New York City FC, pada Januari 2021 lalu.

5. Armand Traore

5 Pemain Termuda yang Debut bersama Arsenal di Abad 21, Ada Fabregas!football365.com

Armand Traore promosi ke tim utama pada tahun 2006. Ia memulai debutnya bersama Arsenal di kompetisi Piala Liga Inggris. Ketika itu, tim asuhan Arsene Wenger melawan West Bromwich Albion. Di pertandingan yang dimenangkan oleh Arsenal dengan skor 2-0 itu, penyerang asal Senegal masuk sejak menit ke-24 ketika menggantikan Emmanuel Adebayor.

Usia Traore saat pertandingan itu masih 17 tahun dan 16 hari. Sayangnya, karier sang pemain terbilang singkat di Arsenal. Ia tak mampu bersaing di tim utama dan akhirnya beberapa kali dipinjamkan sebelum dilepas secara permanen ke QPR pada tahun 2011. Kini, ia juga tak memiliki klub sejak Januari 2020 lalu.

 

Itulah lima pemain muda yang menjalani debut bersama Arsenal di abad ke-21. Kira-kira, siapa pemain termuda berikutnya yang akan menjalani debut bersama Arsenal?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Kariernya Cemerlang Usai Meninggalkan Arsenal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya