Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Dua Dekade Terakhir 

Ada tiga pemain Borussia Dortmund, lho!

Bundesliga merupakan salah satu kompetisi terbaik di Eropa. Selain dihuni para pemain top, Bundesliga juga cukup bersahabat bagi para pemain muda. Banyak talenta muda yang berhasil diorbitkan dari kompetisi tertinggi di Jerman itu.

Sejumlah pemain muda diberikan kesempatan debut hampir tiap musimnya. Tentu saja, para pemain tersebut memiliki potensi yang istimewa. Berikut ini lima pemain termuda yang debut di Bundesliga dalam dua dekade terakhir.

1. Nuri Sahin (Borussia Dortmund) 

5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Dua Dekade Terakhir goal.com

Pemain termuda yang debut di Bundesliga dalam dua dekade terakhir adalah Nuri Sahin. Ia melakukan debutnya saat Borussia Dortmund melawan Wolfsburg pada 6 Agustus 2005. Saat itu, usia Sahin masih sangat muda yakni 16 tahun, 11 bulan, 1 hari.

Di pertandingan itu, pemain asal Turki ini bermain penuh selama 90 menit. Selama bermain di Dortmund, ia berhasil mencatatkan 26 gol dan 49 assist dari 274 pertandingan. Setelah hijrah ke Spanyol, Inggris dan kembali lagi ke Jerman, Sahin kini bermain di klub Turki bersama Antalyaspor.

2. Yann Aurel Bisseck (FC Koln) 

5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Dua Dekade Terakhir bundesliga.com

Yann Aurel Bisseck melakukan pertandingan pertamanya di Bundesliga pada 26 November 2017. Dalam laga tersebut, FC Koln berhadapan dengan Hertha Berlin. Meski timnya kalah, pemain asal Jerman itu berhasil mencatatkan rekor baru sebagai salah satu pemain termuda yang melakukan debut di Bundesliga.

Bisseck saat itu masih berusia 16 tahun, 11 bulan, 28 hari. Sayang, ia hanya menciptakan 3 pertandingan bersama FC Koln sejauh ini. Bisseck saat ini dipinjamkan ke Liga Portugal bersama Vitoria Guimaraes SC.

3. Florian Wirtz (Bayer Leverkusen) 

5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Dua Dekade Terakhir goal.com

Florian Wirtz melangsungkan debut di Bundesliga pada musim lalu. Ia menjalani debut bersama Bayer Leverkusen saat menghadapi Werder Bremen pada 18 Mei 2020. Dalam laga itu, pemain kelahiran Pulheim, Jerman itu masih berusia 17 tahun 15 hari.

Setelah pertandingan tersebut, ia lebih sering mendapatkan menit bermain bersama Leverkusen. Bahkan ia mampu menciptakan gol ke gawang Bayern Munchen musim lalu. Hal tersebut sekaligus menjadikannya sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund di Bundesliga

4. Giovanni Reyna (Borussia Dortmund) 

5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Dua Dekade Terakhir cbssports.com

Giovanni Reyna memulai kariernya di Eropa bersama Dortmund. Namun, ia harus memulai perjalanannya dari tim U-19. Meski demikian, tak butuh waktu lama bagi pemain asal Amerika Serikat itu untuk dapat menembus tim senior. Pemain kelahiran 13 November 2002 itu melakukan debut di Bundesliga saat melawan FC Augsburg.

Dalam pertandingan yang dilaksanakan pada 18 Januari 2020 itu, Reyna hanya masuk sebagai pemain pengganti dan mencatatkan waktu bermain selama 18 menit. Usia Reyna saat itu masih 17 tahun, 2 bulan, 5 hari. Sejauh ini, ia sudah mencatatkan 26 pertandingan bersama Dortmund di semua ajang. Bahkan di musim ini, ia mulai menjadi andalan Lucien Favre di lini depan.

5. Jude Bellingham (Borussia Dortmund) 

5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Dua Dekade Terakhir goal.com

Borussia Dortmund memang dikenal sebagai klub yang ramah bagi pemain muda. Jude Bellingham menjadi bukti berikutnya. Pemain berkebangsaan Inggris ini baru dibeli oleh Dortmund pada musim panas tahun ini dari klub Championship, Birmingham City. Meski usianya masih sangat muda, ia sudah dipercayai untuk tampil di kompetisi Bundesliga musim ini.

Bellingham melakukan debut saat timnya melawan Borussia Monchengladbach pada 19 September 2020. Di laga tersebut, ia bermain selama 67 menit dan berhasil mempersembahkan satu assist. Umur Bellingham saat pertandingan itu baru 17 tahun, 2 bulan, 21 hari. Kini, ia terus dimainkan dalam empat pertandingan awal di Bundesliga.

Meski tak menjamin kesuksesan setelah melakukan debut, setidaknya nama mereka telah masuk dalam buku rekor Bundesliga. Akankah ada pemain muda lain yang bakal menyusul rekor mereka musim ini?

Baca Juga: 6 Pelatih Klub Bundesliga dengan Bayaran Termahal di Musim 2020/2021

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya