Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Juventus, Ada Buffon!

Kelima pemain ini berposisi sebagai penjaga gawang 

Juventus bisa dibilang sebagai salah satu klub tersukses di Serie A sampai saat ini. Klub berjuluk Bianconeri tersebut juga memiliki prestasi yang mentereng di ajang domestik Italia. Hal tersebut tentu saja membuat banyak pemain ingin berkarier di klub asal Turin itu.

Akan tetapi, tidak semua pemain bisa tampil mengesankan bersama Juventus, apalagi ketika sudah memasuki penghujung karier. Meski demikian, ada beberapa nama yang berhasil mencatatkan banyak menit bermain walau tidak lagi muda. Berikut ini lima pemain tertua yang pernah berseragam Juventus.

1. Gianluigi Buffon 

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Juventus, Ada Buffon!beinsports.com

Gianluigi Buffon adalah salah satu kiper terhebat yang dimiliki oleh Juventus. Ia bermain untuk Bianconeri dalam dua periode yang berbeda, yakni tahun 2001 hingga 2018 dan 2019 hingga sekarang. Meski saat ini sudah berusia 43 tahun 2 bulan 10 hari, sang kiper masih dipercayai untuk tampil bersama Juventus.

Buktinya, Buffon sudah bermain sebanyak 11 pertandingan dan mencatatkan 6 clean sheets sejauh ini. Kontrak Buffon sendiri akan berakhir di Turin pada penghujung musim ini. Ia juga masih berpeluang untuk bisa mendapatkan perpanjangan kontrak dari Juventus.

2. Dino Zoff 

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Juventus, Ada Buffon!juventus.com

Dino Zoff merupakan salah satu legenda terbaik yang dimiliki Juventus. Kiper asal Italia ini bermain untuk Juventus selama 11 musim dari tahun 1972 hingga 1983. Selama waktunya itu, ia berhasil mempersembahkan total 9 trofi, termasuk 1 gelar UEFA Cup (Liga Europa).

Zoff juga mampu mencatatkan 473 pertandingan dan menciptakan 227 clean sheet bersama Juventus. Pada tahun 1983, sang kiper memilih untuk pensiun dari lapangan sepak bola. Pertandingan terakhirnya tercipta ketika melawan Hamburger SV di ajang European Champion Club (Liga Champions) saat usianya 41 tahun 2 bulan 27 hari.

Baca Juga: Sempat Pindah, 7 Pemain Bola Ini Kembali Membela Juventus

3. Antonio Chimenti 

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Juventus, Ada Buffon!goal.com

Antonio Chimenti sepanjang kariernya hanya bermain dengan klub-klub yang berasal dari Italia. Ia bermain untuk Juventus dalam dua periode yang berbeda, yaitu dari tahun 2002 hingga 2006 dan 2008 hingga 2010. Walau bermain cukup lama, ia bukanlah kiper andalan di Juventus.

Selama 6 musim berseragam Juventus, Chimenti berhasil mencatatkan 34 pertandingan dan 6 clean sheets. Pertandingan terakhir sang kiper terjadi pada 21 Mei 2010 ketika melawan Sampdoria di ajang Serie A. Ketika itu, ia tampil selama 90 menit saat usianya sudah menginjak 39 tahun 8 bulan 19 hari.

4. Michelangelo Rampulla 

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Juventus, Ada Buffon!blackwhitereadallover.com

Michelangelo Rampulla didatangkan Juventus dari klub Italia, Cremonese pada tahun 1992. Ia bermain untuk Juventus selama 10 musim hingga tahun 2002. Setelah itu, sang kiper memilih untuk gantung sarung tangan dari dunia sepak bola.

Walau tergolong membela Juventus dengan waktu yang lama, ia hanya tampil sebanyak 99 pertandingan. Meski demikian, Rampulla juga ikut merasakan memenangi total 10 gelar bersama Juventus. Salah satunya adalah trofi Liga Champions musim 1995/1996.

Pertandingan terakhir Rampulla terjadi ketika usianya sudah menginjak 39 tahun 4 bulan 10 hari. Ketika itu, Juventus menang dengan skor 5-2 melawan Sampdoria pada Desember 2001.

5. Giuseppe Romano 

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Juventus, Ada Buffon!trofeocombi.com

Nama terakhir dalam daftar ini ada Giuseppe Romano. Kiper yang juga berasal dari Italia ini hanya bermain untuk Juventus selama 1 tahun pada musim 1956/1957. Pertandingan terakhir Romano tercipta ketika melawan AC Padova di kompetisi Serie A pada Juni 1957. Saat itu, ia bermain selama 90 menit.

Sayangnya, Romano tidak mampu mengantarkan timnya menang karena harus kalah dengan skor 1-2. Usia Romano saat itu sudah menginjak 38 tahun 6 bulan 18 hari. Selama bermain untuk Juventus, sang kiper hanya mencatatkan 6 pertandingan. Dari semua pertandingan itu, ia kebobolan 10 gol dan tidak menciptakan 1 clean sheet pun.

 

Itulah lima pemain tertua yang pernah berseragam Juventus. Catatan Gianluigi Buffon sendiri masih bisa berlanjut mengingat sang kiper masih menjadi bagian Juventus pada musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Italia, Deretan Legenda!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya