5 Pemain Tertua yang Pernah Membela Liverpool, Deretan Para Legenda!

Mereka sukses meraih banyak trofi bersama Liverpool

Liverpool adalah klub dengan prestasi yang mentereng di kompetisi Inggris. Klub berjuluk The Reds ini selalu dihuni oleh para pemain berkualitas setiap tahunnya. Sebelum tampil cemerlang seperti saat ini, Liverpool juga pernah bermain mengesankan dalam beberapa dekade yang lalu.

Bisa membela klub sebesar Liverpool tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang pesepak bola. Dalam sejarahnya, Liverpool sangat identik dengan pemain-pemain berpengalaman. Bahkan, beberapa nama berhasil mencatatkan menit bermain walau sudah tidak lagi muda. Berikut ini 5 pemain tertua yang pernah bermain dengan Liverpool.

1. Sir Kenny Dalglish 

5 Pemain Tertua yang Pernah Membela Liverpool, Deretan Para Legenda!fifa.com

Sir Kenny Dalglish merupakan salah satu legenda terbaik yang dimiliki oleh Liverpool sepanjang sejarah. Pria asal Skotlandia itu total menghabiskan kariernya di Anfield selama 13 tahun lamanya. Selama waktunya itu, Dalglish berhasil memenangi sejumlah gelar bergengsi, termasuk 3 trofi Liga Champions.

Dalglish memainkan pertandingan terakhirnya dengan Liverpool pada tahun 1990. Saat itu, Liverpool menang dengan skor 1-0 melawan Derby County di Divisi teratas Inggris. Usia Dalglish saat itu sudah menginjak 39 tahun, 1 bulan, dan 27 hari.

2. Gary McAllister 

5 Pemain Tertua yang Pernah Membela Liverpool, Deretan Para Legenda!thesefootballtimes.co

Pada awal tahun 2000-an, Liverpool pernah memboyong pemain Skotlandia lainnya, yakni Gary McAllister. Pemain yang beroperasi sebagai gelandang ini bermain di Liverpool hanya selama 2 musim sejak tahun 2000 hingga 2002. Ketika bergabung dengan The Reds, usia sang pemain juga tidak lagi muda saat itu.

McAllister melakukan laga terakhirnya di bersama Liverpool pada Mei 2002 di Liga Inggris. Dalam kemenangan 5-0 melawan Ipswich Town, ia sudah berusia 37 tahun, 4 bulan, dan 16 hari. Berselang satu tahun setelahnya, sang pemain memilih untuk pensiun.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Italia, Deretan Legenda!

3. Paul Jones 

5 Pemain Tertua yang Pernah Membela Liverpool, Deretan Para Legenda!liverpoolfc.com

Paul Jones adalah penjaga gawang asal Wales. Ia dipinjam Liverpool dari Southampton pada Desember 2003. Jones tercatat hanya membela Liverpool sebanyak 2 kali di Premier League musim 2003/2004.

Pertandingan terakhir sang kiper tercipta ketika melawan Tottenham Hotspur pada 17 Januari 2004. Saat itu Jones bermain full selama 90 menit. Sayangnya, ia tak mampu membawa timnya menang karena harus kalah dengan skor 1-2. Usia Jones dalam pertandingan itu sudah menginjak 36 tahun, 8 bulan, dan 30 hari.

4. Bruce Grobbelaar 

5 Pemain Tertua yang Pernah Membela Liverpool, Deretan Para Legenda!90min.com

Selain Paul Jones, ada satu kiper lagi yang masuk dalam daftar ini, yaitu Bruce Grobbelaar. Pria asal Afrika itu membela Liverpool dengan waktu yang cukup lama, yakni sejak 1981 hingga 1994. Selama waktunya itu, sang kiper berhasil memenangi banyak gelar bergengsi, termasuk 6 trofi Liga Inggris.

Grobbelaar memainkan pertandingan terakhirnya untuk Liverpool pada 19 Februari 1994. Ketika itu Liverpool harus mengakui kekalahan dari Leeds United dengan skor 0-2. Dalam laga itu, umur Grobbelaar sudah menginjak usia 36 tahun, 4 bulan, dan 13 hari.

5. Ian Callaghan 

5 Pemain Tertua yang Pernah Membela Liverpool, Deretan Para Legenda!liverpoolfc.com

Ian Callaghan tidak hanya dikenal sebagai legenda Liverpool, ia juga merupakan legenda bagi tim nasional Inggris. Ia merupakan pemain yang memulai kariernya di akademi Liverpool. Setelah naik kasta ke tim utama, pemain yang memiliki nama lengkap Ian Robert Callaghan itu kariernya semakin cemerlang.

Pemain yang beroperasi sebagai gelandang ini memainkan laga terakhirnya bersama Liverpool pada 29 Maret 1978. Ketika itu, Callaghan bertanding melawan Borussia Monchengladbach di ajang European Champion Cup (Liga Champions). Usia sang pemain saat itu 35 tahun, 11 bulan, dan 19 hari.

 

Itulah lima pemain tertua yang pernah bermain bersama Liverpool. Beberapa nama dikenang sebagai legenda terbaik sepanjang sejarah Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menggantikan Posisi Roberto Firmino di Liverpool

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya