Comscore Tracker

Dibeli Murah, 5 Pemain Top Ini Dijual Real Madrid dengan Harga Mahal

Real Madrid untung berkali-kali lipat, lho! 

Real Madrid memang dikenal sebagai salah satu klub yang cukup boros pada bursa transfer. Mereka kerap mendatangkan pemain dengan nominal fantastis.

Meski begitu, Los Blancos  juga pernah merekrut pemain dengan harga murah yang berhasil memberikan kontribusi besar kepada tim. Setelah tampil menawan di Santiago Bernabeu, mereka kemudian dijual dengan harga yang sangat mahal ke klub lain.

1. Raphael Varane 

Dibeli Murah, 5 Pemain Top Ini Dijual Real Madrid dengan Harga MahalRaphael Varane (planetfootball.com)

Raphael Varane direkrut Real Madrid dari klub Prancis, Lens, pada bursa transfer musim panas 2011. Sang pemain ketika itu digaet dengan nominal 11 juta euro atau setara Rp191 miliar. Ia memainkan peran yang sangat besar dalam perjalanan Real Madrid selama satu dekade. Banyak sekali gelar juara yang sukses dipersembahkan sang pemain untuk klubnya tersebut.

Varane total mencatatkan 360 pertandingan bersama Real Madrid di semua kompetisi. Dari seluruh laga itu, ia mampu menciptakan 17 gol serta 7 assist. Pada musim panas 2021 lalu, Varane dijual ke Manchester United dengan harga 40 juta euro atau senilai Rp695 miliar.

2. Achraf Hakimi 

Dibeli Murah, 5 Pemain Top Ini Dijual Real Madrid dengan Harga MahalAchraf Hakimi (goal.com)

Real Madrid tidak mengeluarkan uang sepersen pun untuk mendapatkan jasa Achraf Hakimi. Sebab, pemain asal Maroko itu merupakan produk asli akademi Los Blancos. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan itu promosi ke tim utama pada 2017. Semusim setelahnya, ia dipinjamkan ke Borussia Dortmund.

Dua tahun berkarier di kompetisi Jerman, Hakimi tampil mengesankan dan sangat produktif dalam membantu tim mencetak gol. Performa impresif itu membuat Inter Milan kepincut. Alhasil, Real Madrid memutuskan untuk menjual Hakimi ke klub Italia itu dengan nominal 43 juta euro atau setara Rp747 miliar. Penampilan Hakimi di Italia mencuri perhatian. Pada akhirnya, ia diboyong ke Prancis dan menjadi salah satu sosok kunci Paris Saint-Germain.

Baca Juga: Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Dijual Benfica dengan Harga Mahal

3. Mesut Ozil 

Dibeli Murah, 5 Pemain Top Ini Dijual Real Madrid dengan Harga MahalMesut Ozil (skysports.com)

Mesut Ozil mulai mencuat ketika bermain untuk FC Schalke. Pada Januari 2018, ia memilih melanjutkan kariernya bersama Werder Bremen. Hanya bertahan 2,5 tahun, sang pemain didatangkan Real Madrid ke Santiago Bernabeu dengan harga 18 juta euro atau setara Rp312 miliar.

Bersama klub Spanyol itu, karier Ozil makin meningkat. Dari 159 laga di semua ajang, ia mampu menciptakan 27 gol serta 80 assist. Penampilan itu membuat Arsenal jatuh hati. Alhasil, Ozil dibeli klub London itu dengan harga 47 juta euro atau senilai Rp816 miliar pada September 2013. Setelah 7 tahun lebih berkarier di Inggris, Ozil saat ini bermain untuk tim Turki, Fenerbahce.

4. Angel Di Maria 

Dibeli Murah, 5 Pemain Top Ini Dijual Real Madrid dengan Harga MahalAngel Di Maria (skysports.com)

Angel Di Maria memulai perjalanannya di kompetisi Eropa dengan bermain untuk Benfica pada 2007. Berselang 3 tahun, pemain asal Argentina ini bergabung dengan raksasa Spanyol, Real Madrid. Ketika itu, ia dibeli dengan harga 33 juta euro atau senilai Rp573 miliar. Karier Di Maria langsung melejit bersama Los Blancos.

Ia juga ikut andil dalam perjalanan tim meraih gelar Liga Champions pada 2013/2014. Berkat penampilan ciamiknya kala itu, Manchester United kemudian membelinya dengan harga 75 juta euro atau setara Rp1,3 triliun pada musim panas 2014. Sayangnya, Di Maria gagal bersinar selama waktunya di Old Trafford. Hanya bertahan semusim, ia lalu hengkang ke Paris Saint-Germain. Meski usianya tak lagi muda, Di Maria saat ini masih menjadi sosok kunci di lini depan PSG.

5. Alvaro Morata 

Dibeli Murah, 5 Pemain Top Ini Dijual Real Madrid dengan Harga MahalAlvaro Morata (skysports.com)

Meski sempat menimba ilmu di akademi Atletico Madrid, Alvaro Morata justru tumbuh dan besar bersama tim muda Real Madrid. Ia bergabung bersama Los Blancos pada 2008 dan promosi ke tim utama pada 2013. Morata saat itu bergabung dengan status bebas transfer. Pada musim debut penuhnya, sang penyerang tampil cukup baik dengan mencetak 8 gol dari 23 laga di LaLiga.

Melihat ada potensi besar pada diri Morata, Juventus kemudian membelinya dengan harga 20 juta euro atau setara Rp347 miliar pada musim panas 2014. Setelah hengkang dari Santiago Bernabeu, Morata sempat beberapa kali bergonta-ganti tim. Penyerang berusia 29 tahun itu kembali bermain untuk Juventus dengan status pinjaman dari Atletico Madrid.

Real Madrid merekrut kelima pemain itu dengan nominal total 62 juta euro atau setara Rp1 triliun. Akan tetapi, Los Blancos berhasil menjual mereka dengan harga 271 juta euro atau senilai Rp4,4 triliun. Itu artinya Real Madrid untung beberapa kali lipat dari penjualan mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid yang Dijual ke Klub Serie A dengan Harga Mahal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya