5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Bermain di Liverpool

Ada pemain yang hanya membela Liverpool selama 6 bulan, lho!

Liverpool merupakan salah satu klub tersukses dalam sejarah sepak bola. Dalam beberapa musim terakhir, sejumlah trofi bergengsi berhasil diraih oleh klub berjuluk The Reds ini, termasuk gelar Premier League. Walau mengalami penurunan performa dalam beberapa pertandingan terakhir, Liverpool tetap jadi klub elit yang diperhitungkan musim ini.

Dalam sejarahnya, klub yang bermarkas di Anfield itu telah mengorbitkan banyak sekali pemain bintang. Nama-nama seperti Kenny Dalglish, Ian Rush, John Barnes, hingga Steven Gerrard menjadi sederet pemain yang terkenal di eranya masing-masing.

Namun, ada juga sejumlah nama yang pernah membela Liverpool, tapi mereka gagal dan kebanyakan telah dilupakan oleh pendukung Liverpool. Lantas, siapa saja pemain itu? Check this out!

1. Victor Moses 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Bermain di Liverpoolsportspromedia.com

Victor Moses tumbuh dan besar bersama akademi Crystal Palace. Sempat dijual ke Wigan, sang pemain kemudian dibeli oleh Chelsea pada musim panas 2012.

Di musim debutnya, ia tampil cukup menjanjikan dan selalu menjadi andalan di skuad utama. Sayangnya kehadiran Jose Mourinho membuatnya kehilangan tempat inti di tim reguler.

Alhasil, Moses dipinjamkan ke Liverpool selama semusim. Pemain asal Nigeria itu sebenarnya tampil apik dengan menciptakan gol pada laga debutnya bersama Liverpool.

Namun setelah itu, sang pemain seperti kesulitan untuk mendapatkan lagi permainan terbaiknya. Ia saat itu kalah bersinar dengan pemain muda, Raheem Sterling. Moses sendiri tercatat hanya membukukan 22 pertandingan bersama Liverpool.

2. Joe Cole 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Bermain di Liverpoolliverpoolecho.co.uk

Joe Cole pindah ke Liverpool dari Chelsea pada musim panas 2010 dengan status bebas transfer. Kehadiran sang pemain saat itu disambut sangat baik oleh para pendukung The Reds.

Sayangnya, karier pemain asal Inggris itu tidak berjalan mulus di Anfield. Di bawah asuhan Roy Hodgson, ia gagal memberikan dampak signifikan bagi Liverpool.

Masalah cedera juga menjadi salah satu faktor sang pemain tak bisa bermain apik bersama klub asal Merseyside itu. Dengan musim debut yang cukup mengecewakan, Cole kemudian dipinjamkan ke tim Prancis, Lille sebelum akhirnya dilepas secara gratis ke West Ham United pada tahun 2013.

Baca Juga: 10 Top Skor Liverpool Sepanjang Masa, Ada Dua Pemain yang Masih Aktif!

3. Robbie Keane 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Bermain di Liverpoolplanetfootball.com

Ketika masih aktif bermain di atas lapangan, Robbie Keane dikenal sebagai pemain yang cukup sering bergonta-ganti klub. Sepanjang kariernya, ia pernah membela lebih dari 10 klub berbeda.

Keane sendiri didatangkan oleh Liverpool dari Tottenham Hotspur dengan biaya yang cukup tinggi yaitu 24 juta euro atau setara Rp411 miliar pada musim panas 2008. Sayangnya, harga mahal tersebut tidak sebanding dengan kualitas sang pemain selama berseragam Liverpool.

Keane tidak sepenuhnya bisa bermain ke tim utama Liverpool karena kalah bersaing dengan Fernando Torres. Pemain asal Irlandia itu tercatat hanya menciptakan 5 gol dalam 19 pertandingan di Premier League. Hanya bertahan 6 bulan di Anfield, ia kemudian kembali lagi ke Spurs dengan biaya 16 juta euro atau setara Rp274 miliar.

4. Mauricio Pellegrino 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Bermain di Liverpoolliverpoolfc.com

Mauricio Pellegrino merupakan bek asal Argentina yang pernah membela sejumlah klub top di Eropa seperti Barcelona dan Liverpool. Sayangnya, ia gagal berkembang di kedua klub elit tersebut.

Khusus bersama Liverpool, sang pemain hanya berseragam The Reds selama 6 bulan lamanya dari Januari hingga Juli 2005. Saat itu, tim asal Merseyside tersebut ditangani oleh Rafa Benitez.

Selama bermain untuk Liverpool, Pellegrino tercatat hanya membukukan 12 pertandingan di Premier League dan gagal memberikan pengaruh. Pellegrino sendiri menjadi pemain Argentina pertama yang bermain untuk Liverpool.

5. Nuri Sahin 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Bermain di Liverpooldailypost.co.uk

Nuri Sahin bergabung dengan Liverpool dengan status pinjaman dari Real Madrid pada musim panas 2012. Kehadiran pemain asal Turki ini ke Anfield disambut banyak kegembiraan lantaran ia berhasil memenangi banyak gelar bersama Borussia Dortmund dan Real Madrid. Namun, masalah cedera membuat perjalanan sang pemain di tanah Inggris menjadi sedikit terganggu.

Alhasil, Sahin hanya membukukan 3 gol dan 3 assist dari 12 pertandingan bersama Liverpool. Pada Januari 2013, Liverpool memutuskan untuk menghentikan peminjamannya. Karena minimnya kontribusi tersebut, tak mengherankan jika ia hampir sepenuhnya terlupakan pernah membela Liverpool.

 

Dari kelima pemain di atas, siapa yang pernah kamu lihat permainannya bersama Liverpool?

Baca Juga: 8 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Liverpool, Deretan Pemain Top!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya