Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jose Mourinho

Ada dua nama yang bahkan sudah menjadi pelatih top 

Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih terbaik di kompetisi top Eropa. Meski dikenal sebagai sosok yang kontroversial, pelatih asal Portugal itu tetap disegani karena telah meraih banyak sekali gelar bergengsi di level klub.

Ia selalu berhasil mempersembahkan gelar juara bersama klub yang dibelanya. Satu-satunya tim yang gagal memenangi trofi adalah Tottenham Hotspur. Sepanjang karier kepelatihannya sudah banyak sekali pemain top yang telah dilatih pria berusia 58 tahun tersebut.

Cristiano Ronaldo, Didier Drogba, Wesley Sneijder, Wayne Rooney, hingga Frank Lampard menjadi beberapa nama yang tampil cemerlang saat ditangani Mourinho. Namun, ada juga beberapa nama top yang jarang diketahui pernah dilatih oleh Mourinho. Siapa saja para pemain tersebut? Check this out!

1. Fabinho 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoFabinho ketika membela Real Madrid. (Twitter/squawka)

Sebelum tampil di kompetisi top Eropa, Fabinho pernah bermain bersama klub Portugal, Rio Ave FC selama satu tahun. Namun, pada musim panas 2012, sang gelandang dipinjamkan ke Real Madrid Castilla selama satu musim. Setelah tampil mengesankan dengan tim Real Madrid B, ia dipromosikan ke tim senior oleh Jose Mourinho dalam pertandingan LaLiga melawan Malaga.

Ketika itu, Fabinho masuk menggantikan Fabio Coentrao pada menit ke-76. Pemain asal Brasil ini menjalani debut di Real Madrid pada musim terakhir Jose Mourinho sebagai pelatih.

Meski waktu bermainnya sangat singkat ketika itu, ia berhasil menciptakan assist untuk gol terakhir Real Madrid di pertandingan tersebut. Sempat bermain untuk AS Monaco, kini Fabinho menjadi pemain kunci bagi Liverpool di lini tengah.

2. Marko Arnautovic 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoMarko Arnautovic ketika membela Inter Milan. (manchestereveningnews.co.uk)

Marko Arnautovic pernah dilatih Jose Mourinho selama satu tahun di Inter Milan pada musim 2009/2010. Ketika itu sang pemain bergabung di Inter Milan dengan status pinjaman dari klub Belanda, Twente FC. Akan tetapi, penyerang asal Austria ini sangat kesulitan untuk bisa menjadi pemain reguler di bawah pelatih asal Portugal tersebut.

Arnautovic tercatat hanya 3 kali dimainkan oleh Mourinho di Inter Milan. Karena sulit berkembang, sang penyerang memutuskan untuk kembali ke Twente di bursa transfer musim panas berikutnya. Sempat membela Werder Bremen, Stoke City, dan West Ham United, kini Arnautovic bermain untuk klub Tiongkok, Shanghai Port.

Baca Juga: 5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Jose Mourinho Sepanjang Kariernya

3. Scott Parker 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoScott Parker ketika membela Chelsea. (sportsindiashow.com)

Scott Parker saat ini memang sudah berkarier sebagai pelatih. Namun, saat masih menjadi pesepak bola aktif, ia pernah dilatih oleh Jose Mourinho. Kedua orang itu bekerja sama di Chelsea dalam waktu yang sangat singkat, yaitu selama 6 bulan. Sebelum kehadiran Mourinho, Parker sempat tampil sebanyak 17 kali bersama Chelsea.

Akan tetapi, kedatangan Mourinho membuatnya jarang sekali bermain sebagai starter. Tercatat Parker hanya tampil sebanyak 11 kali selama dilatih oleh pria asal Portugal itu.

Karena waktu bermain yang terbatas, Parker memutuskan untuk meninggalkan Chelsea pada tahun 2005 dan bergabung bersama klub Premier League lainnya, Newcastle United. Bersama tim itu, ia mampu tampil cukup menjanjikan. Parker kemudian memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2017, setelah membela Fulham selama 4 musim.

4. Claudio Pizarro 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoClaudio Pizarro ketika membela Chelsea. (eurosport.com)

Claudio Pizarro memiliki karier yang cukup sukses di ajang Bundesliga. Pemain asal Peru itu berhasil memenangi semua gelar bergengsi di kompetisi Jerman. Meski sebagian besar kariernya dihabiskan di kompetisi Jerman, sang penyerang ternyata pernah bermain di ajang Premier League dengan membela Chelsea.

Pizarro bergabung dengan The Blues dengan status bebas transfer pada musim panas 2007. Di bawah Jose Mourinho, ia sempat tampil apik dengan menciptakan gol debut di laga pertama ketika berjumpa dengan Birmingham City.

Namun, dipecatnya Mourinho dari kursi pelatih Chelsea membuat jatah bermain Pizarro mulai menepis. Hanya bertahan satu musim, Pizarro kemudian kembali lagi ke kompetisi Jerman dengan membela Werder Bremen.

5. Nuno Espirito Santo 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoNuno Espirito Santo ketika membela Porto. (skysports.com)

Nuno Espirito Santo menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang bermain di bawah Jose Mourinho lebih dari satu tahun. Ketika masih aktif, Nuno merupakan sosok penjaga gawang yang cukup mumpuni bagi Porto. Mourinho saat itu memboyong sang kiper dari klub Spanyol, Deportivo de La Coruna pada tahun 2002. Selama dilatih oleh Mourinho, ia hanya tampil sebanyak 24 kali.

Walau begitu, Nuno berhasil memenangi sejumlah trofi bersama Porto, sebelum akhirnya hengkang ke Dynamo Moscow pada tahun 2005. Ia kemudian gantung sarung tangan pada tahun 2010. Kini, pria berusia 47 tahun tersebut tidak menangani klub mana pun setelah mundur dari Wolves, dan kini ia telah dikaitkan dengan Everton.

 

Itulah lima nama top yang ternyata pernah dilatih oleh Jose Mourinho. Kini tinggal dua nama yang masih aktif sebagai pesepak bola, yaitu Fabinho dan Marko Arnautovic. Sementara itu, ketiga orang lainnya sudah pensiun dan dua nama di antaranya telah beralih tugas sebagai pelatih.

Baca Juga: 7 Pemain Tertajam di Bawah Asuhan Jose Mourinho, CR7 Jauh Memimpin!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya