5 Pemain Top yang Kariernya Turun setelah Berpisah dengan Jurgen Klopp

Sadio Mane ingin berpisah dengan Klopp pada 2022 ini

Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih terhebat di dunia. Sederet pemain top berhasil bersinar di bawah kepemimpinannya.

Meski begitu, tidak sedikit juga pemain yang kariernya menurun setelah berpisah dengan Klopp. Setidaknya ada lima bintang yang penampilannya merosot karena memilih berpaling dari sang pelatih.

1. Mario Gotze 

5 Pemain Top yang Kariernya Turun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppMario Gotze (skysports.com)

Mario Gotze merupakan pemain yang menimba ilmu di tim muda Borussia Dortmund. Ia berhasil naik kasta ke tim utama pada 2009.

Performa Gotze meningkat sangat drastis sejak dilatih Jurgen Klopp. Pemain asal Jerman itu mampu menorehkan 31 gol dan 45 assist dalam 116 pertandingan.

Lima gelar juara berhasil dipersembahkan Gotze untuk para pendukung Die Borussen. Pada musim panas 2013, Gotze memutuskan hengkang ke Bayern Muenchen.

Ia bermain cukup oke pada dua musim pertamanya bersama Bayern Muenchen dengan mencetak 30 gol dari 93 laga. Namun, ia mulai kehilangan tempat inti pada musim berikutnya.

Gotze memilih kembali ke Dortmund pada Juli 2016. Sayangnya, pada periode kedua di Signal Iduna Park, penampilan sang pemain tidak terlalu mengesankan. Kini, pemain berusia 29 tahun itu bermain untuk klub Belanda, PSV Eindhoven.

2. Philippe Coutinho 

5 Pemain Top yang Kariernya Turun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppPhilippe Coutinho (skysports.com)

Philippe Coutinho bergabung dengan Liverpool dari Inter Milan pada 2013. Dua tahun setelahnya, Jurgen Klopp ditunjuk menjadi nakhoda baru The Reds.

Di bawah asuhan Klopp, Coutinho menjadi pilar penting di lini tengah. Pemain asal Brasil itu tercatat mampu menciptakan 37 gol serta 22 assist dari 89 penampilan di semua kompetisi.

Meski performanya cukup impresif, Coutinho gagal mempersembahkan gelar juara untuk para pendukung Liverpool. Pada Januari 2018, sang pemain memilih melanjutkan kariernya bersama Barcelona. Ia saat itu digaet dengan nominal fantastis, 135 juta euro atau Rp2 triliun.

Berpaling dari Jurgen Klopp, karier Coutinho justru makin menurun. Bahkan, ia kesulitan mendapatkan waktu bermain reguler di skuad utama Barcelona. Sempat dipinjamkan ke Bayern Muenchen dan Aston Villa, Coutinho saat ini sudah dipermanenkan The Villa. Ia diikat kontrak hingga Juni 2026.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Dapat Menggantikan Peran Jurgen Klopp di Liverpool

3. Georginio Wijnaldum 

5 Pemain Top yang Kariernya Turun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppGeorginio Wijnaldum (thisisanfield.com)

Jurgen Klopp mendatangkan Georginio Wijnaldum dari Newcastle United pada musim panas 2016. Pemain asal Belanda ini tampil cukup impresif di lini tengah Liverpool. Ia mampu membukukan 22 gol dan 16 assist dalam 237 pertandingan di bawah asuhan Klopp.

Wijnaldum turut membantu The Reds meraih sejumlah trofi bergengsi, seperti Liga Champions, Premier League, Piala Dunia Antarklub, hingga Piala Super Eropa. Sayangnya, pada musim panas 2021, kebersamaan sang pemain dan Liverpool harus berakhir. Wijnaldum memutuskan tidak memperpanjang kontraknya di Anfield.

Paris Saint-Germain kemudian menjadi destinasi Wijnaldum. Ia memilih PSG karena mendapatkan tawaran gaji yang lebih besar dari klub lain. Namun, kariernya tidak berjalan mulus di Parc des Princes. Pada 2021/2022, ia hanya dipercayai tampil sebagai starter sebanyak 20 kali dari 38 pertandingan.

4. Shinji Kagawa 

5 Pemain Top yang Kariernya Turun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppShinji Kagawa (skysports.com)

Shinji Kagawa adalah salah satu pemain sepak bola terbaik Jepang pada masanya. Ia berhasil mencuri perhatian sejak bermain untuk Borussia Dortmund.

Sang pemain tampil cukup moncer di bawah asuhan Jurgen Klopp. Dari 109 pertandingan di semua kompetisi, Kagawa mampu menciptakan 35 gol dan 26 assist untuk Dortmund.

Pada Juni 2012, Kagawa pindah ke Manchester United dengan biaya sebesar 16 juta euro atau Rp247 miliar. Diprediksi bakal bersinar, ia justru tampil melempem di Inggris. Pemain yang saat ini berusia 33 tahun itu hanya mencetak 6 gol dari 57 pertandingan di semua kompetisi.

Karena jarang mendapatkan waktu bermain, Kagawa akhirnya memilih kembali ke Signal Iduna Park pada 2014. Setelah 5 tahun bersama Dortmund, sang pemain pindah ke Besiktas, Real Zaragoza, PAOK Salonika, dan saat ini bermain untuk tim Belgia, Sint-Truidense VV.

5. Nuri Sahin 

5 Pemain Top yang Kariernya Turun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppNuri Sahin (skysports.com)

Sama seperti Mario Gotze, Nuri Sahin juga merupakan jebolan akademi Borussia Dortmund. Pemain asal Turki tersebut berhasil menembus tim utama pada 2005.

Usia Sahin ketika itu masih sangat muda, 16 tahun. Meski begitu, ia tetap mampu memberikan kontribusi yang cukup besar bagi tim.

Salah satu faktor yang membuat Sahin tampil apik saat itu adalah keberadaan Jurgen Klopp. Tiga trofi domestik berhasil diraih Sahin selama berseragam Dortmund.

Penampilan apiknya ternyata membuat Real Madrid jatuh hati. Alhasil, sang pemain hengkang ke Spanyol pada musim panas 2011.

Sayangnya, Sahin tidak mampu berkontribusi banyak untuk Real Madrid. Sepanjang 2011/2012, ia tercatat hanya tampil sebanyak 10 kali dan mencetak 1 gol. Pada musim-musim berikutnya, Sahin dipinjamkan ke beberapa tim, seperti Liverpool dan Dortmund. Kini, pria berusia 33 tahun itu menjadi manajer Antalyaspor di Turki.

Sadio Mane menjadi nama top berikutnya yang berpotensi berpisah dengan Jurgen Klopp. Pemain asal Senegal tersebut kabarnya ingin mencari tantangan baru di klub lain. Mane tentu harus waspada agar kariernya tidak seperti lima pemain di atas.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool 2021/2022 yang Bergabung sebelum Era Jurgen Klopp

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya