Comscore Tracker

5 Pemain Underrated yang Pernah Dilatih oleh Jose Mourinho

Mereka harus berterima kasih kepada The Special One 

Jose Mourinho merupakan pelatih dengan segudang pengalaman dan prestasi. Pria yang saat ini berusia 58 tahun tersebut sudah melatih banyak sekali tim elite Eropa, seperti Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, Tottenham Hotspur, hingga AS Roma.

Bersama klub-klub itu, Mourinho tidak hanya pernah menangani para pemain bintang. Ada juga beberapa nama yang berstatus sebagai pemain underrated. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Goran Pandev 

5 Pemain Underrated yang Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoGoran Pandev (skysports.com)

Goran Pandev merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Makedonia Utara. Sampai saat ini sang penyerang sudah bermain untuk tujuh klub berbeda.

Puncak kariernya tercipta ketika membela Inter Milan. Ia saat itu tampil cukup produktif di lini depan Nerazzurri.

Hanya dalam tiga tahun bersama tim tersebut, Pandev berhasil memenangkan gelar Liga Italia, dua Coppa Italia, dan Liga Champions. Ia juga turut mengantarkan klubnya meraih treble winners pada musim 2009/2010.

2. Branislav Ivanovic 

5 Pemain Underrated yang Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoBranislav Ivanovic (teamtalk.com)

Branislav Ivanovic bisa dibilang sebagai salah satu bek sayap terbaik dalam sejarah Chelsea. Pria asal Serbia itu menghabiskan total sembilan tahun di Stamford Bridge.

Ia didatangkan Jose Mourinho dari Lokomotiv Moskow pada musim panas 2008. Tidak hanya tampil apik sebagai bek sayap, Ivanovic juga bermain solid jika dipercayai tampil sebagai bek tengah.

Bersama Chelsea, sang pemain mampu menciptakan 34 gol dan 34 assists dalam 377 pertandingan. Di samping itu, Ivanovic sukses meraih tiga gelar Liga Inggris, tiga Piala FA, serta masing-masing satu Liga Champions dan Liga Europa.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terburuk dalam Karier Kepelatihan Jose Mourinho

3. Nemanja Matic 

5 Pemain Underrated yang Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoNemanja Matic (skysports.com)

Nemanja Matic dilatih Jose Mourinho di dua klub berbeda, yakni Chelsea dan Manchester United. Sang gelandang direkrut pertama kali ke Stamford Bridge pada tahun 2009.

Sempat gagal, ia lalu hengkang ke Benfica pada 2011. Tiga tahun berselang, Matic kembali bergabung dengan Chelsea.

Kali ini, Matic tidak menyia-nyiakan kesempatan dan berhasil menjadi salah satu sosok terpenting di skuad Jose Mourinho. Ia dikenal sebagai gelandang yang cerdas dan kuat.

Sang pemain kemudian hengkang ke Manchester United pada tahun 2017. Kini, Matic terus menjadi sosok penting dan membimbing pemain-pemain muda di Old Trafford.

4. Angel Di Maria 

5 Pemain Underrated yang Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoAngel Di Maria (planetfootball.com)

Angel Di Maria merupakan salah satu pemain kunci Jose Mourinho di Real Madrid. Bersama selama tiga tahun dari 2010 hingga 2013, mereka berdua berhasil meraih banyak kesuksesan. Bahkan, Real Madrid sukses mematahkan dominasi Barcelona era Pep Guardiola di kompetisi Liga Spanyol pada tahun 2012.

Selain itu, Di Maria mampu memenangi dua trofi Copa del Rey dan satu gelar Liga Champions. Ia juga sukses menciptakan 85 assist dan 36 gol dalam 190 pertandingan di semua kompetisi untuk Los Blancos.

5. Ricardo Carvalho 

5 Pemain Underrated yang Pernah Dilatih oleh Jose MourinhoRicardo Carvalho (skysports.com)

Ricardo Carvalho bisa dibilang sebagai pemain kesayangan Jose Mourinho. Bagaimana tidak, bek asal Portugal itu dilatih Mourinho di tiga klub berbeda, yakni Porto, Chelsea, dan Real Madrid. Ia menikmati karier yang cemerlang bersama klub-klub itu.

Carvalho juga berhasil memenangkan Liga Portugal bersama Porto, Liga Inggris bersama Chelsea, dan Liga Spanyol bersama Real Madrid. Duetnya bersama John Terry di Chelsea secara luas dianggap sebagai salah satu duet lini pertahanan terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

 

Sebelum dilatih Jose Mourinho, sebagian besar nama mereka belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Namun setelah itu, karier kelima pemain itu meningkat sangat drastis. Mereka tentu harus berterima kasih kepada pria berjuluk ‘The Special One’ itu.

Baca Juga: 5 Bek Terbaik yang Pernah Dilatih oleh Jose Mourinho, Siapa Saja?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya