Comscore Tracker

5 Pemain Underrated yang Pernah Ditangani oleh Pep Guardiola

Mulai dari pemain Barcelona, Bayern Munchen, dan Man City 

Pep Guardiola dikenal sebagai pelatih dengan segudang prestasi. Pria asal Spanyol itu sudah meraih banyak sekali gelar juara bersama Barcelona, Bayern Munchen, hingga Manchester City. Kesuksesan Guardiola tentu tidak terlepas dari kontribusi sederet pemain bintang yang selalu ia miliki di dalam skuad asuhannya.

Selain melatih para pemain top, Pep Guardiola juga tercatat beberapa kali menangani sejumlah pemain underrated. Siapa saja para pemain itu? Langsung aja simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Pedro 

5 Pemain Underrated yang Pernah Ditangani oleh Pep Guardiolapotret Pedro (skysports.com)

Nama Pedro pertama kali mencuat ketika dilatih Pep Guardiola di Barcelona. Ketika itu, usianya masih sangat muda dan sudah berhasil tampil apik di lini depan. Selain bermain di posisi sayap, sang pemain kala itu juga sempat beberapa kali ditempatkan sebagai penyerang tengah.

Pencapaian terbaik Pedro tercipta di musim 2008/2009, dimana ia sukses mengantarkan Barcelona meraih treble winners. Pedro sendiri menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang sudah memenangi trofi Liga Champions, Liga Europa, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, EURO, dan Piala Dunia. Kendati begitu, ia sangat jarang mendapatkan pujian yang layak.

2. Kyle Walker 

5 Pemain Underrated yang Pernah Ditangani oleh Pep Guardiolapotret Kyle Walker (teamtalk.com)

Kyle Walker didatangkan Pep Guardiola dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2017. Seiring berjalannya waktu, pemain asal Inggris itu berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu bek sayap kanan terbaik di dunia. Tidak hanya solid di lini pertahanan, ia juga tampil apik ketika membantu penyerangan.

Baru empat tahun di Stadion Etihad, Walker sudah meraih total 10 gelar domestik bersama Manchester City. Sayangnya, pria berusia 31 tahun tersebut sangat jarang dipuji oleh para penggemar sepak bola.

Baca Juga: 10 Fakta Rodri, Gelandang Bertahan Andalan Pep Guardiola

3. Ilkay Gundogan 

5 Pemain Underrated yang Pernah Ditangani oleh Pep Guardiolapotret Ilkay Gundogan (mancity.com)

Ilkay Gundogan merupakan salah satu pemain yang didatangkan Pep Guardiola di awal menangani Manchester City. Gelandang asal Jerman itu digaet dari Borussia Dortmund pada musim panas 2016. Kualitas yang menjanjikan membuat dirinya selalu menjadi pilihan utama di lini tengah.

Musim lalu menjadi periode yang sangat impresif dalam karier Gundogan. Ketika itu ia sukses menciptakan 13 gol serta 3 assist dalam 28 pertandingan Premier League. Sedangkan musim ini, sang pemain masih memberikan kontribusi yang cukup besar lewat catatan 4 gol serta 2 assist.

4. Nicolas Otamendi 

5 Pemain Underrated yang Pernah Ditangani oleh Pep Guardiolapotret Nicolas Otamendi (skysports.com)

Nicolas Otamendi didatangkan Manchester City dari Valencia pada musim panas 2015. Di bawah asuhan Pep Guardiola, pria asal Argentina itu berkembang menjadi sosok yang solid di lini pertahanan. Musim 2017/2018 menjadi momen yang tidak akan terlupakan bagi Otamendi karena ia berhasil mengantarkan tim mencapai 100 poin di Premier League.

Selama di Manchester City, Otamendi sukses memenangkan dua gelar Premier League dan satu Piala FA.  Di samping itu, ia juga mampu mencatatkan 210 pertandingan dan mencetak 11 gol serta 4 assist.

5. Dante 

5 Pemain Underrated yang Pernah Ditangani oleh Pep Guardiolapotret Dante (tribuna.com)

Dante kerap diremehkan kualitasnya selama berseragam Bayern Munchen. Padahal, bek asal Brasil itu menjadi salah satu tokoh kunci dalam perjalanan Pep Guardiola menangani raksasa Jerman tersebut. Dante sendiri bermain di bawah asuhan Guardiola selama dua tahun, sejak 2013 hingga 2015.

Selain dimainkan sebagai bek tengah, kala itu juga sempat ditempatkan sebagai bek kiri hingga gelandang bertahan. Berkat tangan dingin Guardiola, Dante pun langganan dipanggil untuk memperkuat tim nasional Brasil. Sejumlah trofi bergengsi berhasil dipersembahkan Dante selama waktunya di Allianz Arena.

Meski kerap dipandang sebelah mata, sederet pemain tersebut tetap berhasil membuktikan permainan terbaiknya di bawah Pep Guardiola. Siapa lagi pemain underrated yang pernah berada di bawah asuhan Pep? Share versi kamu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Gelandang Bertahan Andalan Pep Guardiola saat Jadi Pelatih

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya