Comscore Tracker

5 Pemain yang Catatkan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Serie A 

Ada yang tembus 650 pertandingan lebih, lho! 

Serie A menjadi salah satu kompetisi yang banyak diminati oleh penggemar sepak bola. Banyaknya pemain bintang yang bermain di kompetisi tertinggi di Italia itu menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan dalam beberapa musim terakhir, klub-klub Serie A tak segan untuk mendatangkan pemain dengan harga mahal.

Dari sekian nama yang masih aktif bermain di Serie A, Buffon menjadi pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak di Serie A saat ini. Tetapi, apakah ia juga menjadi bagian yang mencatatkan penampilan terbanyak dalam sejarah Serie A? Berikut ulasannya.

5. Gianluca Pagliuca – 596 pertandingan 

5 Pemain yang Catatkan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Serie A goal.com

Sepanjang kariernya, Gianluca Pagliuca hanya bermain di kompetisi Serie A. Penjaga gawang asal Italia ini mencatatkan 596 pertandingan di Serie A. Ia menciptakan catatan tersebut dengan 4 klub berbeda yakni Bologna, Inter, Sampdoria, dan Ascoli.

Pagliuca mengawali kiprahnya di Serie A pada musim 1985/86 hingga 2007/08. Pria yang kini sudah berusia 53 tahun itu berhasil meraih banyak gelar saat membela Sampdoria dengan torehan 6 trofi. Selain itu, ia hanya mampu meraih 1 trofi bersama Inter.

4. Javier Zanetti – 618 pertandingan 

5 Pemain yang Catatkan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Serie A goal.com

Javier Zanetti menjadi satu-satunya pemain non-Italia yang berada di daftar ini. Pemain asal Argentina ini berhasil mencatatkan 618 pertandingan di Serie A bersama Inter Milan. Ia bergabung dengan Nerazzurri pada tahun 1995 setelah diboyong dari klub Argentina, Club Atletico Banfield.

Loyalitas pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini tak perlu diragukan lagi. Ia membela Inter selama 19 tahun dan pensiun pada tahun 2014. Bahkan setelah pensiun, Zanetti tetap mengabdikan diri di Inter sebagai wakil presiden klub.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Masih Aktif Bermain di Serie A Musim Ini, Legend!

3. Francesco Totti – 618 pertandingan 

5 Pemain yang Catatkan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Serie A beinsports.com

Tak perlu diragukan lagi kesetiaan Francesco Totti dengan AS Roma. Pria yang saat ini berusia 44 tahun itu hanya membela AS Roma sepanjang kariernya bermain sepak bola. Karena kesetiaannya itu, ia dijuluki dengan Il Capitano oleh pendukung Roma.

Musim 1992/93 menjadi awal mula Totti bermain di Serie A. Total, hampir 25 tahun ia membela AS Roma dengan pengalaman pahit dan manisnya. Secara keseluruhan, Totti telah tampil sebanyak 618 pertandingan di Serie A.

2. Paolo Maldini – 648 pertandingan 

5 Pemain yang Catatkan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Serie A eurosport.com

Paolo Maldini merupakan bek kiri terbaik yang pernah dimiliki oleh AC Milan dan Timnas Italia. Sepanjang karier sepak bolanya, ia hanya mengabdi untuk AC Milan. Maldini mengawali karier di Serie A pada tahun 1985 hingga pensiun pada tahun 2009.

Selama 24 tahun membela Rossoneri, Maldini telah mencatatkan 648 pertandingan di Serie A. Laga terakhirnya dimainkan saat AC Milan melawan AS Roma di San Siro.

1. Gianluigi Buffon – 652 pertandingan 

5 Pemain yang Catatkan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Serie A goal.com

Gianluigi Buffon memulai karier sepak bolanya bersama AC Parma. Bersama Parma, ia mampu mencatatkan 168 pertandingan di Serie A. Sebelum akhirnya ia memilih pindah ke Juventus pada tahun 2001 dengan biaya 52 juta euro sekaligus menjadikannya sebagai kiper termahal di dunia saat itu.

Performa Buffon bersama Juventus semakin melejit dan tak tergantikan di bawah mistar gawang. Tercatat ia telah memainkan 484 pertandingan dengan Juventus. Kontrak pemain berusia 42 tahun ini akan berakhir pada Juli 2021.

Dari kelima pemain tersebut, ada 3 pemain yang membela 1 klub sepanjang kariernya di Serie A yakni Maldini, Zanetti, dan Totti. Selain mampu mencatatkan pertandingan terbanyak di Serie A, mereka juga dikenal sebagai legenda di sepak bola Italia.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut di Serie A Sejak Era 90an, Termasuk Pirlo!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya