Comscore Tracker

5 Pemain yang Juara LaLiga Bersama Real Madrid dan Barcelona 

Kebanyakkan dari mereka bermain dengan Barca terlebih dulu 

Real Madrid dan Barcelona merupakan dua klub terbesar di LaLiga. Selain karena diisi para pemain hebat, kedua klub itu juga memiliki gelar trofi yang begitu banyak baik di kompetisi domestik maupun Eropa. Maka tak mengherankan jika kedua tim itu dianggap sebagai musuh bebuyutan di LaLiga.

Mereka setidaknya bertemu sebanyak dua kali dalam satu musim. Hal yang wajar jika pertemuan kedua klub itu acap kali diwarnai gesekan antara pemain. Meski dikenal sebagai rival, beberapa pemain sempat membela dua klub tersebut. Bahkan ada lima pemain yang pernah merasakan gelar LaLiga bersama Real Madrid dan Barcelona. Lantas, siapa saja pemain itu?

1. Albert Celades 

5 Pemain yang Juara LaLiga Bersama Real Madrid dan Barcelona mundodeportivo.com

Albert Celades merupakan produk asli akademi Barcelona. Ia promosi ke tim senior pada tahun 1995 setelah mengawali kariernya di Barcelona B. Selama empat tahun membela Barca, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini berhasil mempersembahkan dua trofi LaLiga pada musim 1997/98 dan 1998/99.

Sempat bermain untuk Celta Vigo selama semusim, Celades kemudian membuat keputusan yang cukup mengejutkan dengan menyeberang ke Real Madrid. Pemain asal Spanyol itu menghabiskan lima musim di Los Blancos dengan mempersembahkan dua gelar LaLiga pada musim 2000/01 dan 2001/02. Bahkan ia berhasil memenangi gelar Liga Champions bersama Real Madrid pada musim 2001/02.

2. Bernd Schuster 

5 Pemain yang Juara LaLiga Bersama Real Madrid dan Barcelona thesefootballtimes.co

Karier Bernd Schuster melonjak ketika diboyong Barcelona dari FC Koln pada tahun 1980. Pemain asal Jerman ini menghabiskan delapan musim bersama tim asal Catalan tersebut. Ia juga membantu Barca meraih satu trofi LaLiga pada musim 1984/85.

Pada musim panas 1988, Schuster membuat keputusan yang kontroversi. Ia memilih untuk melanjutkan karier bersama Real Madrid. Tentu saja, hal itu membuat ia diserang oleh pendukung Barcelona. Penggemar Barca pun semakin dibuat geram oleh Schuster karena berhasil meraih trofi LaLiga sebanyak dua kali pada musim 1988/89 dan 1989/90.

3. Luis Enrique 

5 Pemain yang Juara LaLiga Bersama Real Madrid dan Barcelona barcauniversal.com

Mungkin sebagian besar pencinta sepak bola mengira Luis Enrique mulai menjadi bagian Barcelona sejak usia muda. Namun kenyataannya, ia sempat membela Real Madrid selama lima musim dari tahun 1991 hingga 1996. Bersama Los Blancos, pria asal Spanyol itu berhasil mempersembahkan satu gelar LaLiga pada musim 1994/95.

Pada tahun 1996, Enrique kemudian memutuskan untuk hijrah ke Barcelona. Di Camp Nou, ia berhasil tampil menjanjikan dan menjadi legenda tim di sana. Bersama Barcelona, Enrique menghabiskan selama delapan musim dan mampu memenangi dua gelar LaLiga pada musim 1997/98 dan 1998/99.

Baca Juga: 5 Pemain Benua Asia dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga

4. Michael Laudrup 

5 Pemain yang Juara LaLiga Bersama Real Madrid dan Barcelona fcbarcelona.com

Setelah tampil cemerlang bersama Lazio dan Juventus, Michael Laudrup memilih melanjutkan kariernya bersama raksasa Spanyol, Barcelona. Ia juga merupakan bagian tim impian Johan Cruyff di awal 90-an. Pemain asal Denmark ini mampu menciptakan catatan emas dengan dengan meraih empat gelar LaLiga pada musim 1990/91, 1991/92, 1992/93 dan 1993/94.

Namun sesudah itu, Laudrup menyeberang ke Real Madrid. Meski hanya bermain dua musim, ia berhasil mempersembahkan satu gelar LaLiga pada musim 1994/95. Selepas itu, Laudrup melanjutkan karier di Jepang dan Belanda sebelum akhirnya gantung sepatu.

5. Luis Figo 

5 Pemain yang Juara LaLiga Bersama Real Madrid dan Barcelona goal.com

Siapa yang tak mengenal Luis Figo? Pemain asal Portugal ini memulai kariernya di Spanyol bersama Barcelona pada tahun 1995. Selama lima tahun membela Blaugrana, ia mampu mengantarkan timnya itu meraih dua trofi LaLiga yang didapat pada musim 1997/98 dan 1998/99. Namun secara mengejutkan, Figo meninggalkan Barca dan bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2000.

Nilai transfer sang pemain saat itu mencapai 62 juta euro dan menjadi rekor termahal di dunia. Meski mendapatkan respons dan perilaku yang tidak mengenakkan dari pendukung Barcelona, keputusan Figo untuk bergabung dengan Real Madrid terbilang tepat. Di Madrid, ia berhasil mempersembahkan dua gelar LaLiga pada musim 2000/01 dan 2002/03. Bahkan, Figo mampu memenangi penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2000.

Mengingat persaingan sengit antara kedua klub, hanya segelintir pemain yang bermain untuk Barcelona dan Real Madrid. Dari kelima pemain tersebut, tak ada satu pun pemain yang masih aktif bermain saat ini.

Baca Juga: 5 Pelatih Non-Spanyol yang Melatih Klub LaLiga di Musim 2020/2021

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya