5 Pemain yang Kariernya Meredup Setelah Bergabung dengan Barcelona 

Ada yang ingin gabung Barcelona karena gaji besar! 

Sebagai salah satu klub terbesar di dunia, Barcelona tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pemain. Bergabung dengan Barcelona dianggap sebagai sebuah langkah besar dalam karier seorang pemain. Karena bergabung dengan Barcelona merupakan langkah yang tepat untuk bisa mengangkat trofi.

Namun, tidak semua pemain mampu sukses ketika berseragam Barcelona. Dari yang sering cedera hingga kurangnya menit bermain, berikut ini 5 pemain yang mengalami penurunan performa setelah gabung Barcelona.

1. Arda Turan 

5 Pemain yang Kariernya Meredup Setelah Bergabung dengan Barcelona ajansspor.com

Arda Turan disebut-sebut sebagai penerus Xavi Hernandez setelah tiba di Barcelona pada 2016. Ia merupakan pemain andalan di Atletico Madrid setelah membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik di bawah asuhan Diego Simeone. Namun, ia gagal berkembang di Barcelona.

Setelah menunggu waktu hingga 6 bulan karena larangan transfer, Turan gagal mendapatkan tempat inti di bawah Luis Enrique. Ia hanya membuat 14 kali starter di musim debutnya pada 2016/17. Di musim berikutnya, pemain asal Turki ini benar-benar absen karena masalah punggung dan membuatnya terbuang dari Barcelona. Turan sempat dipinjamkan ke tim Turki, Istanbul Basaksehir, sebelum akhirnya dilepas secara gratis ke klub masa kecilnya yaitu Galatasaray.

2. Ousmane Dembele 

5 Pemain yang Kariernya Meredup Setelah Bergabung dengan Barcelona skysports.com

Tidak dapat disangkal, karier Ousmane Dembele telah menurun secara signifikan sejak pindah ke Spanyol. Akibat diganggu cedera, ia gagal menunjukkan potensi terbaiknya di Barcelona. Ia telah kehilangan lebih dari 80 pertandingan bersama Blaugrana sejak awal kedatangannya 3 tahun  lalu.

Akibat cedera hamstring yang parah, Dembele hanya tampil sebanyak 9 kali di musim lalu. Barcelona sendiri merogoh kocek cukup dalam untuk mendatangkan pemain asal Prancis tersebut yakni 138 juta euro. Jika tidak mampu memberikan kontribusinya musim ini, ia bisa saja akan dijual oleh Barcelona di musim depan.

3. Andre Gomes 

5 Pemain yang Kariernya Meredup Setelah Bergabung dengan Barcelona goal.com

Bermain mengesankan bersama Valencia dan mampu mengantarkan Portugal menjuarai Piala Eropa 2016, Andre Gomes membuat Barcelona jatuh hati kepada dirinya. Alhasil, uang sebesar 35 juta euro harus Blaugrana keluarkan untuk pemain yang memiliki tinggi 1,8 meter ini. Mengingat umurnya yang masih cukup muda saat itu, ia diprediksi bakal menjadi pemain andalan jangka panjang di Barcelona.

Pada awal kedatangannya, Gomes memberikan kesan positif dengan sumbangan dua gol di Piala Super Spanyol. Namun setelah itu, performanya justru menukik. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut gagal membuktikan kualitas diri sebagai starter reguler. Hanya bertahan selama dua musim, ia pun akhirnya dipinjamkan dan dijual ke Everton.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memilih Pindah ke Liga Super Tiongkok Usai Meredup

4. Alex Song 

5 Pemain yang Kariernya Meredup Setelah Bergabung dengan Barcelona skysports.com

Alex Song merupakan pemain andalan Arsene Wenger di lini tengah Arsenal dan bermain cukup baik. Hal itulah yang membuat Barcelona terpikat untuk memboyongnya ke Camp Nou pada 2012. Sayang, di dua musim awal, ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan, sebelum akhirnya dipinjamkan ke West Ham selama dua tahun.

Song sendiri mengakui bahwa kepindahannya ke Barcelona tidak lain karena ingin memiliki gaji yang tinggi. Jadi, wajar jika ia tak mendapatkan tempat inti di Barcelona. Sebab, fokus utamanya bukan lagi prestasi namun masalah uang. Dalam dua musim yang dihabiskannya di LaLiga, Song hanya membuat 39 penampilan dan sebagian besar datang dari bangku cadangan.

5. Ibrahim Afellay 

5 Pemain yang Kariernya Meredup Setelah Bergabung dengan Barcelona bleacherreport.com

Datang ke Spanyol dengan reputasi menjadi salah satu pemain muda terbaik di Eredivisie, Ibrahim Afellay gagal memenuhi potensinya di Barcelona. Sempat memberikan dampak di awal kedatangan, ia malah mengalami penurunan performa di musim berikutnya. Terlebih lagi saat tim ditangani oleh Pep Guardiola, Afellay tak pernah terpakai lagi di dalam skuat.

Ia kemudian beberapa kali dipinjamkan ke Schalke dan Olympiacos. Namun Afellay gagal menghidupkan kembali kariernya. Pada musim panas 2015, pemain yang beroperasi di sayap ini dilepas ke Stoke City dengan bebas transfer. Setelah tampil mengesankan di sana pada tahun pertamanya, ia sekali lagi gagal karena diganggu oleh masalah cedera dan akhirnya dijual pada Januari tahun lalu.

Bermain dengan Barcelona bukanlah hal yang mudah. Selain harus bersaing dengan pemain-pemain top, pemain baru juga harus memiliki mental yang kuat untuk dapat menembus tim utama.

 

Source:

https://www.sportskeeda.com/football/5-players-whose-careers-dipped-joining-fc-barcelona?ref=homepage

https://www.transfermarkt.com/arda-turan/profil/spieler/21369

https://www.transfermarkt.com/ousmane-dembele/profil/spieler/288230

https://www.transfermarkt.com/andre-gomes/profil/spieler/221025

https://www.transfermarkt.com/alex-song/profil/spieler/27394

https://www.transfermarkt.com/ibrahim-afellay/profil/spieler/15760

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Berstatus Pemain Pinjaman di Musim Ini 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya