Comscore Tracker

5 Pemain yang Telah Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas Tahun Ini

Dari Eric Garcia hingga Cristiano Ronaldo

Bursa transfer musim panas tahun ini bisa dibilang menjadi yang terseru dalam beberapa musim terakhir. Pasalnya, banyak pesepak bola bintang yang memilih untuk berganti klub. Bahkan, tidak sedikit pemain yang pindah dengan nominal transfer yang cukup fantastis.

Salah satu nama yang sangat menyita atensi para penggemar sepak bola adalah hengkangnya Cristiano Ronaldo ke Manchester United. Itu merupakan kesempatan kedua Ronaldo membela Setan Merah setelah sebelumnya tampil impresif di periode pertama. Termasuk CR7, berikut ini lima pemain yang telah kembali ke klub lamanya pada musim panas tahun ini.

1. Eric Garcia (Barcelona) 

5 Pemain yang Telah Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas Tahun IniEric Garcia (fcbarcelona.com)

Eric Garcia merupakan lulusan akademi La Masia yang memutuskan bergabung dengan Manchester City pada tahun 2017. Pria asal Spanyol itu langsung menjadi kapten di tahun pertamanya bersama tim U-18 dan U-19 Manchester City. Di bawah Pep Guardiola, ia hanya membuat 35 pertandingan selama 3 tahun terakhir.

Karena minim kesempatan, Garcia memutuskan untuk tidak menandatangani kontrak baru dengan The Citizens pada musim lalu. Ia kemudian memilih kembali ke Camp Nou pada musim panas tahun ini. Sayangnya, awal karier seniornya di Barcelona tidak terlalu baik. Sang pemain sempat diusir dari lapangan dalam pertandingan keduanya melawan Athletic Bilbao.

2. Ashley Young (Aston Villa) 

5 Pemain yang Telah Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas Tahun IniAshley Young (teamtalk.com)

Setelah lulus dari akademi Watford, Ashley Young pernah berkarier bersama Aston Villa pada tahun 2007. Dalam dua tahun pertamanya, sang pemain berhasil membuktikan diri sebagai salah satu sayap terbaik di kompetisi Inggris. Ia bahkan memenangi PFA Young Player of the Year di musim 2008/2009. Performa yang impresif itu membuat Manchester United merekrutnya pada 2011.

Young total menghabiskan sembilan tahun di Old Trafford dan berhasil meraih berbagai gelar bergengsi. Pada musim panas 2019, Young memilih melanjutkan karier dengan Inter Milan dan di tahun berikutnya ia sukses memenangkan trofi Serie A. Musim panas ini, Young memutuskan untuk bergabung kembali dengan Aston Villa meskipun mendapatkan banyak tawaran dari mantan klubnya seperti Watford dan juga Burnley.

Baca Juga: 5 Fakta Usai Aston Villa Libas Everton di Pekan ke-5 Premier League

3. Antoine Griezmann (Atletico Madrid) 

5 Pemain yang Telah Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas Tahun IniAntoine Griezmann (eurosport.es)

Kepindahan Antoine Griezmann juga cukup mengejutkan pada musim panas ini. Barcelona kabarnya meminjamkan pemain asal Prancis itu ke Atletico Madrid untuk mengurangi beban gaji klub. Selama di Camp Nou, Griezmann memang terlihat kesulitan untuk bisa menemukan penampilan terbaiknya.

Dari 99 pertandingan dalam dua musim, sang pemain hanya bisa menciptakan 35 gol. Catatan tersebut tentu cukup mengecewakan mengingat ia pernah tampil produktif ketika masih membela Atletico Madrid. Griezmann sendiri dipinjam oleh Atletico Madrid selama 1 musim dan dapat diperpanjang 1 tahun lagi.

4. Romelu Lukaku (Chelsea) 

5 Pemain yang Telah Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas Tahun IniRomelu Lukaku (90min.com)

Romelu Lukaku pertama kali bergabung dengan Chelsea pada tahun 2011. Tahun berikutnya sang penyerang dipinjamkan ke West Bromwich Albion. Setahun setelahnya, ia kembali dipinjamkan ke Everton dan kemudian dipermanenkan dengan biaya sebesar 35 juta euro atau setara Rp585 miliar.

Meski sempat meredup saat membela Manchester United, penyerang asal Belgia ini kembali menemukan performa terbaiknya saat berseragam Inter Milan. Dari 95 pertandingan untuk Nerazzurri, Lukaku berhasil menciptakan 64 gol. Namun, karena Inter Milan mengalami masalah keuangan, penyerang andalannya itu pun akhirnya dilepas ke Chelsea pada musim panas ini. Untuk mendapatkan Lukaku, The Blues harus mengeluarkan biaya yang fantastis, yakni 115 juta euro atau setara Rp1,9 triliun.

5. Cristiano Ronaldo (Manchester United) 

5 Pemain yang Telah Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas Tahun IniCristiano Ronaldo (90min.com)

Manchester United adalah klub pertama Cristiano Ronaldo di kompetisi top Eropa. Ia mulai membela Setan Merah pada tahun 2003 setelah direkrut dari Sporting Lisbon. Selama enam musim di Old Trafford, pemain asal Portugal itu tampil sangat istimewa dengan berhasil meraih sejumlah trofi bergengsi, termasuk penghargaan Ballon d’Or tahun 2008.

Performa yang impresif kala itu membuat Real Madrid membelinya pada tahun 2009. Bersama klub asal Spanyol itu, penampilan CR7 semakin meningkat dan sangat produktif dalam urusan mencetak gol. Setelah sudah meraih semuanya di Spanyol, ia memutuskan untuk bergabung dengan Juventus pada 2018. Pada musim panas ini, Ronaldo kembali hengkang ke Manchester United dan sudah memberikan dampak yang cukup menjanjikan sejauh ini.

 

Selain mereka berlima sebenarnya masih ada beberapa pemain lain yang kembali membela klub lamanya, seperti Gianluigi Buffon (Parma), Tom Heaton (Manchester United), dan Felipe Anderson (Lazio). Sebagian besar dari mereka memiliki karier yang cukup manis di periode pertama bersama klubnya masing-masing. Apakah hal tersebut bisa terulang lagi di kesempatan kedua kali ini? Patut dinantikan!

Baca Juga: 10 Potret Menawan Bipasha Basu, Mantan Cristiano Ronaldo 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya