Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp dan Pep Guardiola

Sebagian besar mereka menjadi pemain andalan

Jurgen Klopp dan Pep Guardiola bisa dibilang sebagai dua pelatih terhebat di dunia saat ini. Keduanya sudah pernah memenangi semua gelar bergengsi di level klub. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak pemain yang ingin dilatih oleh mereka berdua.

Sejauh ini sudah ada beberapa pemain top yang pernah ditangani oleh kedua pelatih hebat tersebut. Beberapa pemain juga sukses memenangi sejumlah gelar juara selama dilatih oleh Klopp dan Guardiola. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. Mario Gotze 

5 Pemain Top yang Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp dan Pep GuardiolaMario Gotze (metro.co.uk)

Jurgen Klopp bisa dibilang merupakan pelatih yang mengorbitkan Mario Gotze. Keduanya pernah bekerja sama di Borussia Dortmund selama 3 tahun sejak 2010 hingga 2013. Selama dilatih Klopp, sang pemain tampil begitu menjanjikan dengan mengoleksi 45 gol dan 61 assist dari 219 pertandingan di semua ajang. Tak hanya itu, ia juga sempat membantu Die Borussen meraih dua gelar Bundesliga.

Performa impresif yang ditunjukkan Gotze membuatnya direkrut oleh Bayern Munchen pada tahun 2013. Musim tersebut kebetulan juga merupakan tahun pertama Pep Guardiola menangani Bayern Munchen. Selama 3 musim berseragam Die Roten, Gotze mampu mencetak 36 gol dan 24 assist dari 114 pertandingan. Gotze ketika itu juga turut membantu Die Roten meraih tujuh gelar juara.

2. Xherdan Shaqiri

5 Pemain Top yang Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp dan Pep GuardiolaXherdan Shaqiri (90min.com)

Berbeda dengan Mario Gotze, Xherdan Shaqiri bukanlah pemain andalan ketika ditangani oleh Guardiola dan Klopp. Pemain asal Swiss itu pernah dilatih Guardiola selama 2 musim di Bayern Munchen sejak 2013 hingga 2015. Namun, sang pemain hanya mampu mencatatkan 42 pertandingan selama waktunya tersebut.

Ketika dilatih Klopp, Shaqiri juga hanya menjadi pemain pelapis di Liverpool. Sejauh ini ia baru mencatatkan 17 gol dari 62 pertandingan. Meski tidak menjadi pemain utama, Shaqiri juga ikut berperan penting dalam keberhasilan tim meraih gelar Liga Champions musim 2018/2019. Ketika itu ia berhasil memberikan satu assist dalam kemenangan 4-0 melawan Barcelona di leg kedua babak semifinal.

Baca Juga: Masuk Daftar Jual Liverpool, Xherdan Shaqiri Menjadi Incaran Sevilla

3. Thiago Alcantara

5 Pemain Top yang Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp dan Pep GuardiolaThiago Alcantara (thisisanfield.com)

Gelandang asal Spanyol ini pernah ditangani oleh Pep Guardiola sebanyak dua kali ketika membela Barcelona dan Bayern Munchen. Total 300 pertandingan lebih Thiago Alcantara bermain di bawah asuhan Guardiola. Ia juga bisa dibilang sebagai pemain yang tak tergantikan perannya di lini tengah.

Di awal musim ini, Thiago diboyong oleh Jurgen Klopp ke Liverpool. Sejauh ini pemain berusia 30 tahun itu sudah tampil sebanyak 26 pertandingan dan membukukan 1 gol. Gol tersebut diciptakan oleh sang pemain ketika berjumpa dengan Southampton pada pekan ke-35 Premier League.

4. Ilkay Gundogan

5 Pemain Top yang Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp dan Pep GuardiolaIlkay Gundogan (premierleague.com)

Ilkay Gundogan pertama kali ditangani oleh Jurgen Klopp ketika masih berseragam Borussia Dortmund. Saat itu gelandang asal Jerman ini didatangkan ke Signal Iduna Park pada musim panas 2011 untuk menggantikan peran Nuri Sahin yang hengkang. Tak disangka, Gundogan berhasil tumbuh menjadi salah satu gelandang terbaik di kompetisi Bundesliga.

Setelah lima musim berseragam Dortmund, Gundogan direkrut oleh Pep Guardiola menuju Manchester City pada musim panas 2016. Hingga kini, peran sang pemain masih belum juga tergantikan di lini tengah The Citizens. Musim ini pemain berusia 30 tahun itu secara tidak terduga menjadi pemain paling tajam untuk Manchester City dengan koleksi 12 gol di Premier League.

5. Robert Lewandowski

5 Pemain Top yang Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp dan Pep GuardiolaRobert Lewandowski (goal.com)

Penyerang asal Polandia ini sempat empat tahun ditangani oleh Jurgen Klopp di Borussia Dortmund sejak 2010 hingga 2014. Berkat pelatih asal Jerman itu, Lewandowski mengalami kenaikan karier yang luar biasa. Dari 187 pertandingan di Dortmund, ia berhasil membukukan 103 gol.

Setelah berkarier di Signal Iduna Park, Lewandowski melanjutkan perjalanannya dengan bergabung bersama Bayern Munchen pada musim panas 2014. Tercatat ia dilatih oleh Guardiola selama dua tahun, yaitu pada musim 2014/2015 dan 2015/2016. Selama waktunya itu, Lewandowski mampu mencetak 67 gol dalam 100 pertandingan.

 

Sebagian besar nama-nama di atas menjadi pemain andalan bagi Pep Guardiola dan Jurgen Klopp. Selain mereka, siapa lagi pemain yang pernah dilatih kedua pelatih hebat tersebut?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Robert Lewandowski di Luar Dunia Sepak Bola

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya