6 Pembelian Terakhir Sir Alex Ferguson Bersama Manchester United

Tak ada satu pun pemain yang masih bertahan di Old Trafford

Musim 2012/2013 merupakan tahun terakhir Sir Alex Ferguson menjadi pelatih Manchester United. Setan Merah memang menjelma salah satu tim yang sangat disegani di Eropa selama ditangani oleh pria asal Skotlandia tersebut. Berbagai gelar bergengsi berhasil dipersembahkan oleh Ferguson selama melatih di Old Trafford.

Di musim berikutnya, Ferguson menunjuk David Moyes sebagai penerusnya. Sebelum mengundurkan diri dari Manchester United, Ferguson sempat membeli sejumlah pemain baru. Namun, tidak semua pemain sukses selama kariernya di Old Trafford. Lantas, siapa saja rekrutan Sir Alex Ferguson pada musim 2012/2013? Berikut ulasannya!

1. Robin van Persie 

6 Pembelian Terakhir Sir Alex Ferguson Bersama Manchester Unitedtelegraph.co.uk

Penyerang asal Belanda ini dibeli oleh Ferguson dari Arsenal pada jendela transfer musim panas 2012. Robin van Persie saat itu digaet dengan harga sebesar 30 juta euro atau setara dengan Rp521 miliar. Di musim debutnya bermain di Old Trafford, ia berhasil memenangi gelar Premier League.

Tak hanya itu, van Persie juga sukses meraih penghargaan top skor Premier League di akhir musim dengan koleksi 26 gol. Ia bermain untuk Manchester United selama 3 musim hingga tahun 2015. Van Persie sudah gantung sepatu dari dunia sepak bola sejak tahun 2019. Klub terakhir yang dibelanya adalah Feyenoord.

2. Shinji Kagawa 

6 Pembelian Terakhir Sir Alex Ferguson Bersama Manchester Unitedgoal.com

Ferguson membeli Shinji Kagawa dari Borussia Dortmund pada musim panas 2012. Saat itu pemain asal Jepang ini dibeli oleh Manchester United dengan biaya 16 juta euro atau setara dengan Rp278 miliar. Usia Kagawa saat itu masih 23 tahun dan tampil cukup menjanjikan bersama Setan Merah di musim debutnya.

Namun, setelah Ferguson pensiun, karier Kagawa langsung tenggelam. Kagawa tercatat hanya membela Manchester United selama 2 musim hingga tahun 2014. Kini, pemain berusia 32 tahun itu bermain untuk tim Yunani, PAOK Salonika.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Manchester United, Ada Siapa Saja?

3. Wilfried Zaha 

6 Pembelian Terakhir Sir Alex Ferguson Bersama Manchester Unitedbleacherreport.com

Ketika berusia 20 tahun, Wilfried Zaha dibeli oleh Ferguson dari Crystal Palace pada musim dingin 2013. Pemain asal Pantai Gading ini saat itu diboyong dengan biaya sebesar 12 juta euro atau setara dengan Rp208 miliar. Akan tetapi, ia gagal membuktikan kualitas terbaiknya di Old Trafford.

Di bawah asuhan David Moyes, Zaha kehilangan tempat inti di Manchester United. Sempat dipinjamkan ke Cardiff City, sang pemain kemudian dilepas kembali ke Crystal Palace pada bursa transfer musim dingin 2015. Kini Zaha menjadi salah satu pemain kunci dalam skuad Crystal Palace.

4. Nick Powell 

6 Pembelian Terakhir Sir Alex Ferguson Bersama Manchester Unitedmanchestereveningnews.co.uk

Nick Powell bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2012. Saat itu ia dibeli dari klub kasta bawah Inggris, Crewe Alexandra, sebesar 7,5 juta euro atau setara dengan Rp130 miliar. Powell saat itu diprediksi akan menjadi pemain penting dalam skuad Manchester United. Namun, yang terjadi justru sebaliknya, ia gagal berkembang di Old Trafford.

Powell memang mencetak gol pada laga debutnya bersama Setan Merah. Namun, seiring berjalannya waktu, ia lebih banyak dipinjamkan ke sejumlah klub Inggris. Powell kemudian dilepas secara permanen pada musim panas 2016.

5. Angelo Henriquez 

6 Pembelian Terakhir Sir Alex Ferguson Bersama Manchester Unitedeurosport.com

Di musim terakhirnya menangani Manchester United, Ferguson kembali mendatangkan pemain muda, yakni Angelo Henriquez. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu didatangkan Setan Merah dari tim Universidad de Chile pada musim panas 2012. Saat itu sang pemain yang berusia 18 tahun tersebut dibeli dengan harga 5,5 juta euro atau setara Rp95 miliar.

Sayangnya, Henriquez tak pernah memainkan satu pertandingan pun bersama Manchester United. Karena tak memberikan dampak sama sekali, ia dilepas ke Dinamo Zagreb pada musim panas 2015. Saat ini pemain berusia 26 tahun tersebut kembali bermain dengan tim lamanya, Universidad de Chile.

6. Alexander Buttner 

6 Pembelian Terakhir Sir Alex Ferguson Bersama Manchester Unitedgoal.com

Alexander Buttner didatangkan oleh Ferguson untuk menjadi pelapis dari Patrice Evra. Manchester United sendiri harus mengeluarkan biaya sebesar 5 juta euro atau setara dengan Rp86 miliar untuk memboyong sang pemain dari Vitesse. Namun, Buttner tak mampu bersaing di skuad utama Manchester United.

Alhasil, ia dilepas ke Dinamo Moscow setelah dua musim berseragam Manchester United. Sempat bermain di kompetisi MLS, Buttner saat ini tak lagi memiliki klub.

 

Keenam pemain tersebut merupakan rekrutan terakhir Sir Alex Ferguson ketika menangani Manchester United. Kini, tidak ada satu pun pemain yang masih bertahan di Old Trafford.

Baca Juga: 10 Pemain Asuhan Sir Alex Ferguson yang Kini Jadi Pelatih!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya