Comscore Tracker

5 Pembelian Terbaik Josep Maria Bartomeu Selama Memimpin Barcelona 

Bartomeu sering kali membuat keputusan kontroversial 

Josep Maria Bartomeu memang telah mundur dari jabatannya sebagai Presiden Barcelona. Namun selama kepemimpinannya itu, ia cukup banyak membuat keputusan yang kontroversial. Beberapa kali Bartomeu mendatangkan pemain dengan harga mahal, namun para pemain tersebut gagal menunjukkan kualitasnya bersama Barcelona.

Di sisi lain, pria yang memimpin Barcelona sejak 2014 itu gagal memaksimalkan potensi dari para pemain akademi, La Masia. Namun bukan berarti semua pemain yang pernah direkrut oleh Bartomeu merupakan pembelian yang gagal. Sejumlah pemain juga mampu membuat penampilan yang menjanjikan. Berikut ini lima rekrutan terbaik Bartomeu selama menjadi orang nomor satu di Barcelona.

1. Paulinho 

5 Pembelian Terbaik Josep Maria Bartomeu Selama Memimpin Barcelona eurosport.com

Paulinho menjadi salah satu pembelian yang tak terduga. Ia sempat diremehkan saat awal kedatangannya di Barcelona. Pemain asal Brasil itu diboyong oleh Barca dari klub Tiongkok, Guangzhou Evergrande pada tahun 2017.

Namun, Paulinho mampu menunjukkan kualitasnya di Spanyol dan membuktikan bahwa kritik yang diterimanya salah. Ia memiliki pengaruh yang instan dan memberikan dimensi yang berbeda di lini tengah Blaugrana. Meski hanya mencatatkan 1 musim saja, pemain berusia 32 tahun itu mampu mempersembahkan 2 gelar di bawah asuhan Ernesto Valverde. Di musim berikutnya, ia dijual kembali ke Guangzhou Evergrande dengan keuntungan 2 juta euro.

2. Clement Lenglet 

5 Pembelian Terbaik Josep Maria Bartomeu Selama Memimpin Barcelona bleacherreport.com

Clement Lenglet bisa dibilang sebagai pembelian bek tengah terbaik dalam satu dekade terakhir. Ia membuat jatuh hati Barcelona setelah tampil menjanjikan bersama Sevilla. Pemain asal Prancis itu bergabung dengan Barca pada musim panas 2018 dengan biaya 35 juta euro.

Cederanya Samuel Umtiti menjadi berkah tersendiri bagi Lenglet. Ia mampu dengan cepat menjadikan dirinya sebagai bek tengah andalan bersama Gerard Pique. Selama 2 musim di klub asal Catalan itu, sang pemain telah menciptakan 94 pertandingan dan 6 gol.

Baca Juga: Tampil Memuaskan, Barcelona Ingin Perpanjang Kontrak Clement Lenglet

3. Ivan Rakitic 

5 Pembelian Terbaik Josep Maria Bartomeu Selama Memimpin Barcelona bleacherreport.com

Meski di akhir kariernya bersama Barcelona kurang mengesankan, Rakitic tetaplah pemain yang menjanjikan selama 6 musim di klub Catalan itu. Sang gelandang tiba di Barcelona dengan biaya 18 juta euro pada musim panas 2014, tahun yang sama ketika Bartomeu menjadi Presiden Barcelona.

Sempat kesulitan untuk masuk ke tim utama di awal kedatangannya, pemain asal Kroasia itu mampu membuktikan kemampuannya seiring berjalannya waktu. Di musim debutnya, ia mampu memenangi treble winner. Selama berseragam Barca, Rakitic mampu memenangi 13 gelar dan membukukan 310 pertandingan di semua ajang.

4. Marc-Andre Ter Stegen 

5 Pembelian Terbaik Josep Maria Bartomeu Selama Memimpin Barcelona beinsports.com

Marc-Andre Ter Stegen digaet oleh Barcelona dari Borussia Monchengladbach pada musim panas 2014 dengan biaya 12 juta euro. Sempat menjadi pelapis Claudio Bravo, Stegen kemudian menjadi pilihan utama setelah kiper asal Chile itu bergabung dengan Manchester City. Stegen pun tak tergantikan perannya di bawah mistar gawang hingga saat ini.

Selain Lionel Messi, kiper asal Jerman itu bisa dibilang menjadi pemain yang paling konsisten di Barcelona. Penampilan apik Stegen juga membantu Blaugrana memenangi sejumlah pertandingan penting. Selama 6 musim, ia telah bermain sebanyak 238 pertandingan dan mencatatkan 100 clean sheet.

5. Luis Suarez 

5 Pembelian Terbaik Josep Maria Bartomeu Selama Memimpin Barcelona goal.com

Luis Suarez menjadi salah satu penyerang terbaik di era Bartomeu. Ia dibeli dari Liverpool pada musim panas 2014 dengan biaya cukup mahal yakni 81,72 juta euro. Pemain asal Uruguay ini membentuk trio penyerang terbaik bersama Neymar dan Messi.

Selama membela Barcelona, Suarez menjadi penyerang yang haus gol dan membukukan 198 gol dari 283 pertandingan. Namun, ia terpaksa keluar dari Barcelona di musim panas ini dan bergabung dengan Atletico Madrid. Total 6 musim di Camp Nou, pemain berusia 33 tahun itu memenangi 13 trofi. Ia meninggalkan Barca setelah menjadi pencetak gol terbanyak ketiga.

Dari daftar di atas, kini hanya menyisakan dua pemain yang masih menjadi bagian Barcelona di musim ini, mereka adalah Stegen dan Lenglet.

Baca Juga: 10 Potret Eksotis Kiper Barcelona, Marc-André ter Stegen

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya