Comscore Tracker

5 Pembelian Terbaik Manchester United di Bawah Asuhan Jose Mourinho

Tinggal dua nama yang masih bertahan di Old Trafford

Jose Mourinho ditunjuk menjadi pelatih Manchester United medio 2016. Pria berpaspor Portugal itu berhasil mendatangkan sejumlah bintang selama masa tugasnya di Old Trafford.

Dari sebelas nama yang direkrut, ada beberapa pemain yang mampu tampil apik. Berikut lima pembelian terbaik Setan Merah saat dinakhodai Jose Mourinho.

1. Zlatan Ibrahimovic 

5 Pembelian Terbaik Manchester United di Bawah Asuhan Jose MourinhoZlatan Ibrahimovic (manutd.com)

Zlatan Ibrahimovic bergabung dengan Manchester United sebagai agen bebas pada 2016. Striker asal Swedia ini ketika itu sempat dipandang sebelah mata karena usianya sudah menginjak 34 tahun. Namun, ia berhasil membungkam semua keraguan dengan mencetak total 28 gol pada musim debutnya.

Kontribusi besarnya itu sukses mengantarkan Setan Merah meraih gelar Liga Europa, Piala Liga Inggris, dan Community Shield. Sayangnya, cedera lutut membuat performa Ibrahimovic menurun pada musim berikutnya. Meski begitu, ia tetap dianggap sebagai salah satu rekrutan terbaik di era pasca-Sir Alex Ferguson.

2. Fred 

5 Pembelian Terbaik Manchester United di Bawah Asuhan Jose MourinhoFred (twitter.com/Fred08oficial)

Fred dikontrak Manchester United seharga 59 juta euro atau Rp887 miliar pada 2018. Gelandang asal Brasil itu awalnya mengalami musim debut yang buruk di Old Trafford. Ia kesulitan menembus skuad utama Jose Mourinho.

Namun, Fred tampil bagus di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer, Ralf Rangnick, hingga Erik ten Hag. Ia berkembang menjadi gelandang yang solid seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Bukan Dibujuk Ronaldo, Casemiro Datang ke MU karena Fred

3. Paul Pogba 

5 Pembelian Terbaik Manchester United di Bawah Asuhan Jose MourinhoPaul Pogba (twitter.com/paulpogba)

Biaya sebesar 105 juta euro atau Rp1,5 triliun dikeluarkan Manchester United untuk memboyong Paul Pogba dari Juventus pada 2016. Nominal tersebut sempat membuat gelandang Prancis itu sebagai pemain termahal di dunia.

Pogba tampil bagus dalam dua musim pertamanya di Old Trafford. Namun, performanya sempat menurun karena memiliki hubungan kurang baik dengan Jose Mourinho. Setelah Mourinho dipecat, Pogba kembali memberikan kontribusi besar untuk Setan Merah.

4. Nemanja Matic 

5 Pembelian Terbaik Manchester United di Bawah Asuhan Jose MourinhoNemanja Matic (twitter.com/NemanjaMatic)

Setelah bekerja sama dengan Nemanja Matic di Chelsea, Jose Mourinho memutuskan merekrut sang pemain ke Manchester United pada 2017. Untuk mendapatkan jasanya, Setan Merah harus mengeluarkan biaya senilai 44,7 juta euro atau Rp672 miliar.

Pemain asal Serbia itu berhasil menyegel posisi inti di lini tengah selama ditangani Mourinho. Sayangnya, penampilan Matic mulai menurun setelah tim dilatih Ole Gunnar Solskjaer. Matic kemudian dilepas pada akhir musim lalu dan sekarang kembali bermain di bawah asuhan Jose Mourinho di AS Roma.

5. Diogo Dalot 

5 Pembelian Terbaik Manchester United di Bawah Asuhan Jose MourinhoDiogo Dalot (twitter.com/DalotDiogo)

Diogo Dalot sempat menyandang status sebagai salah satu bek muda paling menjanjikan di Eropa. Penampilannya yang impresif bersama Porto membuat Manchester United jatuh hati. Alhasil, pemain asal Portugal itu diboyong ke Old Trafford dengan biaya 22 juta euro atau Rp330 miliar pada 2018.

Dalot awalnya kesulitan menembus tim utama Setan Merah. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke AC Milan pada musim 2020/2021. Namun, sejak ditangani Erik ten Hag, Dalot hampir tak tergantikan di posisi bek sayap kanan.

 

Fred dan Diogo Dalot menjadi dua pemain yang masih bertahan di Old Trafford. Keduanya menjadi elemen penting di skuad asuhan Erik ten Hag musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 20 sebelum Diogo Dalot

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya