Comscore Tracker

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? 

Dari Coutinho hingga Villa

Barcelona memang dikenal sebagai salah satu klub terbaik di dunia. Selain karena berhasil memoles bakat-bakat muda dari akademi La Masia, Barca juga berhasil dalam mendatangkan para pemain top ke Camp Nou.

Bahkan dalam 3 musim terakhir, ada 3 pemain yang didatangkan Barcelona masing-masing bernilai lebih dari 100 juta euro dan menjadi rekutan termahal klub.

Kebijakan transfer Barcelona saat ini bisa dibilang lebih boros daripada sang rival, Real Madrid. Hal itu tentu saja membuat La Masia tak produktif lagi di tim senior Barcelona. Berikut ini beberapa transfer termahal Barcelona sepanjang sejarah.

1. Philippe Coutinho – 145 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? fcbarcelonanoticias.com

Philippe Coutinho dibeli oleh Barcelona dari Liverpool pada musim dingin 2018 dengan biaya 145 juta euro atau sekitar Rp2,45 triliun. Meski menjadi rekrutan termahal Barcelona, performa Coutinho di musim debutnya tak sesuai harapan.

Ia bahkan dipinjamkan ke Bayern Munchen musim lalu. Kini di bawah asuhan Ronald Koeman, pemain asal Brasil itu mulai menjadi pemain andalan musim ini.

2. Ousmane Dembele – 130 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? beinsports.com

Didatangkan untuk menjadi pengganti Neymar, Ousmane Dembele gagal menunjukkan kualitasnya di Barcelona. Pemain asal Prancis ini lebih sering menghabiskan waktu untuk menyembuhkan cederanya daripada memainkan laga bersama Barcelona.

Musim ini bisa saja menjadi kesempatan terakhir untuk membuktikan bahwa Dembele memang layak dibeli Barcelona seharga 130 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun dari Borussia Dortmund.

3. Antoine Griezmann – 120 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? planetfootball.com

Di bursa transfer musim panas lalu, Barcelona kembali mendatangkan pemain dengan harga mahal. Antoine Griezmann berhasil diboyong oleh Barcelona dari Atletico Madrid dengan biaya 120 juta euro atau sekitar Rp2 triliun. Sayang, penyerang asal Prancis ini belum mampu menemukan permainan terbaiknya seperti saat bermain dengan Atletico Madrid.

4. Neymar – 88,2 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? goal.com

Neymar dibeli Barcelona dari klub Brasil, Santos pada musim panas 2013 dengan harga 88,2 juta euro atau sekitar Rp1,49 triliun. Nilai transfer tersebut sempat menjadikan Neymar sebagai pembelian termahal klub.

Ia berhasil tampil cemerlang di lini depan Barcelona. Dalam empat musim berseragam Barca, pemain asal Brasil ini mampu mempersembahkan sembilan trofi.

5. Frenkie de Jong – 86 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? fussboll.com

Setelah tampil apik bersama Ajax, Frankie de Jong diboyong oleh Barcelona pada musim panas tahun lalu. Barcelona harus mengeluarkan uang sebesar 86 juta euro atau sekitar Rp1,45 triliun untuk pemain asal Belanda tersebut.

Meski usianya saat ini masih muda, ia sudah menjadi andalan di lini tengah Blaugrana. Bukan tidak mungkin, de Jong bakal jadi proyek jangka panjang di klub asal Catalan itu.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!

6. Luis Suarez – 81,72 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? goal.com

Setelah mendatangkan Neymar, Barcelona kembali bergerak di musim berikutnya. Barca merekrut Luis Suarez dari Liverpool pada musim panas 2014.

Barcelona harus menggelontorkan uang sebesar 81,72 juta euro atau sekitar Rp1,38 triliun untuk pemain yang juga pernah memperkuat Ajax itu. Selama membela Barca, Suarez berhasil tampil apik dan selalu menjadi andalan di lini depan.

7. Zlatan Ibrahimovic – 69,5 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? goal.com

Pada musim panas 2009, Barcelona sempat memecahkan rekor transfer klub dengan mendatangkan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan. Pemain asal Swedia itu diboyong dengan harga 69,5 juta euro atau sekitar Rp1,17 triliun. Sayang, ia hanya bertahan selama satu musim di Camp Nou sebelum akhirnya dipinjamkan dan dipermanenkan oleh AC Milan.

8. Miralem Pjanic – 60 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? bleacherreport.com

Miralem Pjanic menjadi rekrutan Barcelona di musim panas ini. Kedatangannya ke Camp Nou sebagai kesepakatan dari pindahnya Arthur Melo ke Juventus.

Pjanic dibeli Barcelona dengan harga 60 juta euro atau sekitar Rp1,01 triliun. Nilai transfer tersebut terbilang cukup mahal, mengingat usianya kini sudah memasuki 30 tahun.

9. Malcom – 41 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? beinsports.com

Datang sebagai salah satu pemain muda, Malcom gagal bersaing di lini depan Barcelona. Ia hanya bertahan selama satu musim sebelum akhirnya di jual ke Zenit St. Petersburg. Malcom sendiri didatangkan oleh Barcelona dari klub Prancis, Bordeaux dengan harga 41 juta euro atau sekitar Rp693 miliar.

10. David Villa – 40 juta euro 

10 Pembelian Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah, Siapa Saja? goal.com

Berhasil tampik apik bersama Valencia, performa David Villa membuat Barcelona kepincut. Alhasil pada musim panas 2010, ia ditebus Barcelona dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp676 miliar. Selama 3 musim berkostum Barca, pria yang saat ini berusia 38 tahun tersebut berhasil mempersembahkan 8 trofi, termasuk gelar Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

 

Meski kerap kali mendatangkan pemain mahal, transfer Barcelona bisa dibilang kurang sukses. Sebab, beberapa pemain gagal bersinar di Barcelona.

Meski demikian, klub asal Catalan tak pernah jera untuk mendatangkan pemain dengan harga mahal. Dari sepuluh pemain tersebut, transfer siapa yang paling sukses?

Baca Juga: 5 Pemain yang Kariernya Meredup Setelah Bergabung dengan Barcelona 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya