Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germain

Mauro Icardi menjadi pembelian teranyar musim ini

Sejak diambil alih oleh Qatar Investment Authority pada 2011 lalu, Paris Saint-Germain langsung menjelma menjadi salah satu klub besar di Eropa. Sokongan dana yang cukup melimpah membuat PSG leluasa untuk mendatangkan pemain incarannya.

Transfer Neymar Jr. dan Kylian Mbappe menjadi bukti kekuatan finansial PSG dalam beberapa tahun terakhir. Padahal, sebelum diakusisi oleh QIA, pembelian termahal PSG adalah mendatangkan Nicolas Anelka dari Real Madrid pada tahun 2000 dengan biaya 34,5 juta euro.

Namun semua itu berubah drastis dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir. Lalu, siapa saja pembelian termahal PSG sepanjang sejarah? Berikut ulasannya.

1. Neymar Jr. – 222 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germainbleacherreport.com

Kemapanan finansial PSG terbukti ketika mendatangkan Neymar pada Agustus 2017 lalu. Ia dibeli dari Barcelona dengan harga 222 juta euro dan sekaligus menjadi pemain termahal di dunia. Kendati sudah mencetak 70 gol dan 39 assist dari 82 pertandingan, penampilan Neymar masih dianggap belum setara dengan harganya. Ia sering kali diterpa cedera. Kini winger asal Brasil itu terus digosipkan akan kembali ke Barcelona pada musim depan.

2. Kylian Mbappe – 145 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germainpsgtalk.com

Di urutan kedua ada pemain muda Timnas Prancis, Kylian Mbappe. Namanya mencuat ketika berhasil membawa AS Monaco Juara Ligue 1 pada musim 2016/2017. Di musim berikutnya, ia dipinjam oleh PSG dan mampu memberikan permainan terbaiknya. Hingga pada musim selanjutnya, Mbappe dipermanenkan dengan biaya 145 juta euro. Sejauh ini, pemain kelahiran 20 Desember 1998 itu telah bermain sebanyak 121 pertandingan di semua ajang dan mencetak 90 gol dan 50 assist. Berkat penampilannya tersebut, Mbappe menjadi incaran Real Madrid.

3. Edinson Cavani – 64,5 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germainmarca.com

Edison Cavani didatangkan PSG dari Napoli pada Juli 2013. Saat itu, harganya terbilang sangat tinggi yaitu mencapai 64,5 juta euro. Namun, nilai tersebut berhasil ia bayar dengan performa yang ciamik. Ia berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub dengan 200 gol. Cavani berhasil melewati catatan Zlatan Ibrahimovic yang mencatat 156 gol. Kontrak Cavani sendiri telah berakhir di musim ini.

4. Angel Di Maria – 63 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germainbleacherreport.com

Sempat melempem bersama Manchester United, Di Maria kembali menemukan permainan terbaiknya kala bergabung dengan PSG. Ia didatangkan pada bursa transfer musim panas tahun 2015 dengan biaya mencapai 63 juta euro. Sejauh ini, pemain asal Argentina tersebut telah bermain sebanyak 219 pertandingan dan berhasil membukukan 80 gol dan 90 assist.

5. Mauro Icardi – 50 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germaindailymail.co.uk

Mauro Icardi bergabung bersama PSG awal musim ini dari Inter Milan dengan status pemain pinjaman. Dari 33 pertandingan di semua kompetisi, ia berhasil mencetak 20 gol dan 4 assist. Bagi Thomas Tuchel, angka tersebut sudah cukup untuk meyakinkan dirinya agar mempermanenkan sang pemain di musim depan. Mantan pemain Sampdoria itu ditebus dengan harga 50 juta euro dan diikat kontrak hingga 30 Juni 2024.

Baca Juga: [BREAKING] Bayar Rp813 Miliar, PSG Resmi Permanenkan Mauro Icardi

6. David Luiz – 49,5 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germainbleacherreport.com

David Luiz sempat menjadi bek termahal di dunia ketika dibeli PSG dari Chelsea pada Juli 2014. Saat itu Luiz ditebus dengan harga 49,5 juta euro. Kebersamaan sang pemain dengan klub hanya berlangsung selama dua musim. Luiz kembali lagi ke Chelsea dengan banderol 35 juta euro. Selama bermain di  Parc des Princes, pemain asal Brasil itu telah bermain sebanyak 89 pertandingan dan mencetak 8 gol dan 4 assist.

7. Thiago Silva – 42 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germainbleacherreport.com

Sebelum mendatangkan David Luiz, PSG terlebih dulu memboyong kompatriotnya di Timnas Brasil yaitu Thiago Silva. Ia didatangkan dari AC Milan dengan biaya sebesar 42 juta euro pada Juli 2012. Namun, kebersamaan delapan tahun tampaknya akan berakhir di penghujung musim ini. Kontrak Silva tidak diperpanjang klub dan akan meninggalkan Kota Paris secara gratis. Selama membela Les Parisiens, Silva telah bermain sebanyak 312 laga membukukan 17 gol dan 5 assist.

8. Javier Pastore – 42 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germainbleacherreport.com

Pastore merupakan pembelian termahal pertama PSG setelah diakusisi oleh Qatar Investment Authority. Ia diboyong dari Palermo dengan harga 42 juta euro pada bursa transfer musim panas tahun 2011. Pemain asal Argentina itu bermain cukup lama bersama PSG yaitu selama tujuh musim. Total, Pastore telah bermain sebanyak 269 pertandingan di semua ajang dan mencatat 45 gol dan 61 assist. Saat ini pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut bermain untuk AS Roma.

9. Lucas Moura – 40 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germainbleacherreport.com

Lucas Moura didatangkan dari klub Brasil, Sao Paulo pada Januari 2013. Ia dibeli dengan  harga mencapai 40 juta euro. Angka tersebut tergolong cukup tinggi mengingat Moura saat itu masih berusia 20 tahun. Kerja sama sang pemain dan PSG hanya berlangsung selama lima tahun. Keberadaan Mbappe dan Neymar disinyalir membuat ia harus dijual ke Tottenham Hotspur pada Januari 2018. Selama berseragam PSG, Moura telah mencetak 46 gol dan 48 assist dari 229 pertandingan.

10. Leandro Paredes – 40 juta euro

Dari Neymar Hingga Paredes, 10 Pembelian Termahal Paris Saint-Germaingoal.com

Leandro Paredes diboyong dari klub raksasa Rusia, Zenit St. Petersburg dengan harga 40 juta euro pada Januari 2019 lalu. Sejak awal kedatangannya, pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini telah membukukan 52 pertandingan di semua ajang. Paredes mencetak gol debutnya bagi PSG saat melawan Pau FC di Coupe de France atau Piala Prancis pada 29 Januari 2020.

Dengan kondisi finansial yang cukup memadai, kira-kira siapa lagi yang akan didatangkan PSG musim depan?

Baca Juga: [BREAKING] Leandro Paredes Resmi Direkrut oleh Paris Saint-Germain

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya