5 Pemenang Ballon d’Or yang Tak Pernah Meraih Juara Liga Champions

Ada Ronaldo Nazario, lho! 

Gelar Ballon d’Or kerap kali dianggap sebagai penghargaan individu tertinggi bagi pesepak bola. Dalam kurun waktu satu dekade terakhir, ada dua pemain yang mendominasi penghargaan tersebut yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Keberhasilan kedua pemain tersebut dalam memenangi gelar Ballon d’Or tentu karena kontribusi besar terhadap timnya. Biasanya, para pemain yang sukses membawa timnya menjuarai Liga Champions menjadi kandidat terkuat untuk meraih penghargaan tersebut.

Namun pada kenyataannya, ada juga para pemain yang berhasil memenangi gelar Ballon d’Or, namun belum pernah menjuarai Liga Champions sepanjang kariernya. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. Roberto Baggio 

5 Pemenang Ballon d’Or yang Tak Pernah Meraih Juara Liga Championsinter.it

Di awal 1990-an, Roberto Baggio menjelma menjadi salah satu penyerang berbakat di dunia. Ia berhasil memenangi gelar Ballon d’Or pada tahun 1993 ketika masih bermain untuk Juventus. Meski cukup sukses dalam kancah domestik Liga Italia, pria yang saat ini berusia 53 tahun itu tak pernah memenangi Liga Champions sepanjang kariernya.

Padahal, Baggio juga sempat bermain untuk dua tim kuat Italia lainnya, yakni AC Milan dan Inter Milan. Sayang, kariernya yang masyhur itu terasa kurang lengkap karena gagal meraih trofi bergengsi di Eropa.

2. Michael Owen 

5 Pemenang Ballon d’Or yang Tak Pernah Meraih Juara Liga Championssportskeeda.com

Michael Owen merupakan salah satu penyerang terproduktif dalam sejarah Premier League. Namanya pertama kali mencuat saat bermain untuk Liverpool di usia 17 tahun. Ia berhasil menyita banyak perhatian penggemar sepak bola berkat kualitasnya sebagai penyerang muda yang menjanjikan.

Kecepatan, teknik, serta insting gol yang baik membuat dirinya tampil luar biasa pada awal tahun 2000-an. Owen juga sukses memenangi penghargaan Ballon d’Or pada bersama Liverpool pada tahun 2001.

Karena penampilannya itu, ia sempat diincar oleh sejumlah tim elite Eropa, dan akhirnya bergabung bersama Real Madrid. Sayang, penyerang asal Inggris ini tak pernah mampu membawa timnya menjuarai Liga Champions.

Baca Juga: Legendaris! Ini 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or Secara Beruntun

3. Pavel Nedved 

5 Pemenang Ballon d’Or yang Tak Pernah Meraih Juara Liga Champions90min.com

Pavel Nedved bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Ceko. Tak mengherankan jika saat bermain dengan Juventus, ia sukses memenangi penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2003. Ia membela klub asal Turin itu selama sembilan musim dari tahun 2001 hingga 2009, sebelum akhirnya memilih gantung sepatu.

Meski memenangi banyak gelar domestik, Nedved selalu gagal meraih kesuksesan jika bermain di Liga Champions. Prestasi terbaiknya bersama Juventus terjadi pada musim 2002/03.

Saat itu, ia dan koleganya berhasil menembus final Liga Champions. Sayang, Nedved saat itu tidak bisa bermain di partai puncak melawan AC Milan karena mendapatkan akumulasi kartu kuning.

4. George Weah 

5 Pemenang Ballon d’Or yang Tak Pernah Meraih Juara Liga Championsgoal.com

George Weah menjadi satu-satunya pemain asal Benua Afrika yang berhasil memenangi Ballon d’Or hingga saat ini. Ia meraih penghargaan itu pada tahun 1995 saat bermain untuk raksasa Italia, AC Milan. Pemain asal Liberia ini baru mulai terendus bakatnya pada tahun 1988 saat bermain dengan klub Prancis, AS Monaco.

Dalam capaian individu, Weah terbilang sebagai sosok pemain yang luar biasa. Sayangnya, semua itu terasa kurang lengkap karena sang pemain belum pernah memenangi Liga Champions. Weah sendiri pernah memenangi sejumlah trofi bersama tim-tim top Eropa, seperti AS Monaco, Paris Saint-Germain, AC Milan, dan Chelsea.

5. Ronaldo Luis Nazario de Lima 

5 Pemenang Ballon d’Or yang Tak Pernah Meraih Juara Liga Championsgoal.com

Kehebatan Ronaldo Luis Nazario de Lima sebagai penyerang top tentu tidak perlu diragukan lagi. Pemain asal Brasil itu berhasil memenangi Ballon d’Or sebanyak dua kali pada tahun 1997 dan 2002. Tak hanya itu, ia juga sukses meraih dua kali juara Piala Dunia bersama negaranya pada tahun 1994 dan 2002.

Sayangnya, segudang prestasi tersebut masih terasa kurang karena ia gagal memenangi Liga Champions sepanjang kariernya. Capaian terbaik Ronaldo saat bermain di Liga Champions hanya menembus babak semifinal pada musim 2003/04 saat bermain untuk Real Madrid. Saat itu, raksasa Spanyol tersebut disingkirkan oleh Juventus.

 

Kelima pemain tersebut merupakan nama-nama yang sudah tidak lagi asing di telinga kita. Kesuksesan para pemain itu dalam memenangi penghargaan Ballon d’Or tentu berkat performa konsisten sepanjang musim.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang Sejarah

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya